• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan, Rempah Sedap Mujarab

Share

11 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan, Rempah Sedap Mujarab

Meski populer sebagai rempah penyedap masakan, manfaat ketumbar sangat banyak untuk kesehatan dan mengobati penyakit berbahaya.


Ketumbar adalah salah satu rempah wajib yang harus ada di dapur. Berkatnya, rasa masakan bisa terasa lebih sedap dan nikmat disantap.

Selain membuat makanan menjadi lebih gurih, berkat aromanya yang harum dan memberikan efek relaksasi, ketumbar juga menjadi salah satu bahan andalan bagi produk-produk parfum hingga aromaterapi.

Meski lebih populer sebagai bumbu dapur, ternyata ketumbar atau coriander menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Biasanya, untuk mendapatkan khasiat dari ketumbar, kita bisa mengonsumsinya dengan cara membuat air rendaman ketumbar.

Lalu, apa saja kandungan dan hal positif yang bisa kita dapatkan dari ketumbar?

tokopedia peduli sehat
Cegah virus dan jaga diri, serta keluarga di Tokopedia Peduli Sehat. Nikmati Flash Sale mulai 10 ribu!

Baca Juga: Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Si Harum yang Kaya Khasiat

Kandungan Nutrisi Ketumbar

Dengan mengonsumsi ketumbar, kita bisa mendapatkan berbagai nutrisi penting untuk tubuh yang tersimpan di dalamnya.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam setiap 16 gram ketumbar:

  • Kalori 3,68
  • Lemak 0,083 gram
  • Karbohidrat 0,587 gram
  • Protein 0,341 gram
  • Vitamin C
  • Provitamin A
  • Vitamin K
  • Folat
  • Potasium
  • Mangan
  • Choline
  • Beta karoten
  • Beta-cryptoxanthin
  • Lutein
  • Zeaxanthin

Sebagai catatan, mengonsumsi ketumbar akan mendatangkan manfaat jika jumlahnya tepat dan tidak berlebihan. Selain itu, hindari juga konsumsi ketumbar bagi penderita penyakit hati, gangguan pernapasan maupun alergi.

Manfaat Air Ketumbar

Seperti sedikit dibahas di atas, cara mendapatkan manfaat ketumbar untuk kesehatan adalah dengan membuatnya menjadi minuman dari hasil rendaman.

Nah, dari ramuan inilah kita bisa menikmati khasiat dari rempah yang satu ini. Berikut daftar lengkap manfaat air ketumbar.

1. Menangkal Kanker Prostat dan Payudara

Sebuah studi yang meneliti rempah bernama latin Coriandrum sativum ini menunjukkan bahwa ramuan mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker, terutama prostat dan payudara.

Sel-sel kanker prostat bisa dihambat pertumbuhannya dan menjadi kurang invasif. Kandungan ketumbar juga menghindari pengelompokan sel kanker yang membuat kondisi menjadi buruk.

Penelitian lain pada ketumbar juga menunjukkan efek antikanker terhadap sel kanker payudara dan menghambat kerusakan sel karena stres oksidatif.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Biji ketumbar, ekstrak maupun minyaknya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu mengontrol gula dalam darah.

Sebuah studi yang meneliti obesitas dan gula darah tinggi menemukan bahwa ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah secara efektif. Cara kerjanya mirip dengan efek dari obat gula darah Glibenclamide.

3. Meringankan Peradangan

Antioksidan yang terkandung dalam ketumbar terbukti ampuh dalam melawan peradangan di dalam tubuh.

Studi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Otak dan Daya Ingat

Penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson berkaitan dengan peradangan yang terjadi di otak. Berkat sifat antiinflamasinya, ketumbar bisa melindungi otak dari ancaman tersebut.

Penelitian menemukan bahwa antioksidan dari ekstrak ketumbar melindungi terhadap kerusakan sel saraf karena efek kejang yang diinduksi oleh obat.

Studi juga mencatat bahwa ketumbar meningkatkan daya ingat yang berparan dalam menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

5. Meredakan Kecemasan

Ketumbar juga dapat membantu mengelola kecemasan. Sehingga kita bisa lebih rileks dan tenang, terutama bagi para penderita kecemasan berlebih.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar hampir sama efektifnya dengan Diazepam, obat yang biasa dipakai untuk mengatasi kecemasan.

Itulah mengapa coriander juga diolah menjadi produk seperti essential oil alias minyak atsiri.

Baca Juga: Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan yang Penting untuk Diketahui

6. Menyehatkan Usus dan Sistem Pencernaan

Minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan.

Studi memanfaatkan obat herbal yang mengandung ketumbar yang diminum tiga kali sehari secara signifikan mampu mengurangi nyeri, kembung, dan ketidaknyamanan di perut.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika bermasalah karena berat badan terlalu kurus atau kurangnya nafsu makan, ramuan ketumbar bisa membantu untuk mengatasinya.

Ekstrak ketumbar digunakan sebagai stimulan nafsu makan dalam pengobatan tradisional Iran. Studi mencatat bahwa ramuan itu dapat meningkatkan nafsu makan secara signifikan.

8. Menangkal Infeksi Bakteri

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit karena makanan yang tidak higienis.

Dodecenal, suatu senyawa dalam ketumbar, dapat melawan bakteri seperti Salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan penyakit pada sistem pencernaan.

Biji ketumbar juga diketahui sebagai rempah yang mapuh dalam melawan bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi saluran kemih.

Minyak ketumbar bahkan wajib diaplikasikan dalam formulasi antibakteri karena kemampuannya untuk melawan penyakit bawaan makanan dan infeksi.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Ketumbar juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk ruam ringan seperti dermatitis.

Sebuah penelitian mengungkap, ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet.

Selain itu, banyak orang menggunakan jus daun ketumbar untuk kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, atau masalah kulit kering.

10. Bermanfaat untuk Diet

Untuk diketahui, semua bagian tanaman ketumbar dapat dimakan. Termasuk bagian dapunnya, yang memiliki rasa berbeda jika dibandingkan dengan biji.

Biji ketumbar biasa dimanfaatkan untuk makanan dengan cara dipanggang, ditambahkan ke acar, sayuran panggang, dan hidangan yang dimasak.

Sementara itu, daun ketumbar bisa jadi pilihan tepat untuk melengkapi sup atau digunakan dalam salad pasta, maupun diolah menjadi bumbu dapur guna mendapat khasiatnua dalam program diet.

11. Memperkuat Imunitas Tubuh

Kekebalan tubuh bisa meningkat dengan mengonsumsi ketumbar, berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Zat ini juga membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Baca Juga: Rempah & Bahan Alami untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain untuk menyedapkan rasa masakan di rumah dan bermanfaat bagi produk wewangian, ketumbar juga punya peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Yang menjadi catatan, konsumsi ketumbar harus sesuai anjuran dan perhatikan juga efek sampingnya untuk yang memiliki kondisi tubuh tertentu.

promo waktu indonesia belanja
Temukan Promo Belanja Diskon, Cashback, Promo Pesta Brand Pilihan, Bebas Ongkir & Kejar Diskon di Waktu Indonesia Belanja!
© 2009-2024, PT Tokopedia