• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Kolang-kaling: Hidangan Kenyal, Bikin Segar

Share

10 Manfaat Kolang-kaling: Hidangan Kenyal, Bikin Segar

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang menyegarkan. Simak daftar kandungan dan khasiat hidangan khas Ramadan ini.


Kolang-kaling merupakan biji muda dari buah pohon aren yang sering dijadikan bahan campuran olahan minuman dan makanan manis. Seperti kolak, es buah hingga manisan, di saat Ramadan tiba.

Buah ini banyak ditemui di negara-negara Asia Tenggara dan kaya akan kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin. Ia juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sekitar 93 persen.

Selain enak dikonsumsi sebagai menu takjil, ternyata kolang-kaliing juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Penasaran dengan manfaat buah kolang kaling? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Timun Suri: Buah Lembut yang Kaya Khasiat

Kandungan Kolang-kaling

kandungan kolang kaling
Sumber Gambar: Pinterest

Sebelum membahas mengenai manfaat dan khasiat kolang kaling, berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram (g) buah kolang kaling:

  • Kalori: 27 kilokalori (kkal)
  • Karbohidrat: 6 g
  • Protein: 0,4 g 
  • Lemak: 0,2 g
  • Serat: 1,6 g 
  • Fosfor: 243 miligram (mg)
  • Kalsium: 91 mg
  • Zat besi: 0,5 mg

Kolang kaling juga merupakan sumber vitamin B dan vitamin K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki tentu kolang-kaling memiliki banyak manfaat yang menguntungkan.

Baca Juga: Manfaat Blewah: ‘Primadona’ Ramadan yang Istimewa

Manfaat/Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan

manfaat buah kolang kaling, manfaat kolang kaling untuk kesehatan
Sumber Gambar: My Cake Projects – Amanda Chastity

Kolang-kaling tak hanya lezat dan menyegarkan untuk disantap kala berbuka puasa. Rupanya, buah ini juga memiliki segudang manfaat yang tak terduga seperti berikut ini:

1. Mendukung Kesehatan Tulang

Biasanya sebagian orang akan rajin mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Namun, bentuk kalori dalam susu berisiko tinggi, sehingga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Terlebih tak semua orang dapat mengonsumsi susu atau produk susu seperti pada umumnya. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsi kolang kaling untuk menjaga kesehatan pada tulang.

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada kolang kaling bisa menjadi alternatif yang cukup untuk sumber kalsium. Dengan memenuhi kecukupan asupan kalsium dalam tubuh akan membantu untuk memperkuat tulang. 

2. Berguna sebagai Anti-aging

Siapa sangka ternyata kolang kaling bermanfaat sebagai anti aging, lho. Menurut sebuah penelitian kandungan galaktomanan dalam kolang kaling membantu proses penghambatan tirosinase lebih dari 50%.

Kandungan ini akan membantu memberikan pigmen berwarna pada kulit. Selain itu, sifat anti aging akan membantu melawan radikal bebas yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit kamu.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kolang kaling mengandung agar-agar yang memberikan efek rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengatur nafsu makan.

Selain itu, kandungan kadar gelatin yang cukup tinggi di dalamnya juga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.

Jadi, kamu tak perlu khawatir jika sedang dalam nafsu makan yang berlebihan karena buah ini akan menghilangkan nafsu makan yang berlebihan tersebut.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat kolang-kaling lainnya adalah memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat yang dimiliki sangat bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. 

Jika kamu kesulitan buang air besar, coba konsumsi 5-10 buah kolang kaling yang diberi sedikit larutan air gula. Kamu juga bisa menambahkan secukupnya pewarna makanan agar terlihat lebih menggoda. 

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam buah kolang-kaling mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ia mampu menangkal radikal bebas agar tidak melekat pada sel dan jaringan tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan. Sehingga tubuh mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

jual kurma
Berpuasa lebih sehat dengan mengonsumsi kurma!

Baca Juga: Manfaat Kurma: Buah Nabi dengan Khasiat ‘Suci’

6. Mencegah Anemia

Zat besi dalam kolang kaling merupakan komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi untuk memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah.

Jika kamu mengomsumsi kolang kaling dipercaya dapat membantu mencukupi asupan zat besi yang dibutuhkan di dalam tubuh. Apabila zat besi dalam tubuh telah terpenuhi maka dapat mencegah risiko terjadinya anemia.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan lainnya adalah mampu menjaga kadar gula darah karena adanya indeks glikemik yang rendah di dalam kolang kaling.

Seperti yang diketahui apabila indeks glikemik dalam makanan tinggi dapat membuat lonjakan kadar gula darah. Jadi, aman bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi kolang kaling.

8. Mengobati Radang Sendi

Kolang kaling memiliki sifat anti analgesik yang bisa membantu meredakan penyakit radang sendi. Selain itu, kandungan galaktomannan di dalamnya juga bermanfaat mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

Kamu bisa mulai mencoba mengonsumsi 100 gram kolang kaling yang direbus tanpa campuran pewarna atau gula tambahan untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.

9. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang kita tahu bahwa kolang kaling memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, kolang kaling juga mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Meskipun baik untuk mencegah dehidrasi, pastikan kamu mengonsumsinya dalam porsi yang cukup agar terhindar dari obesitas dan penyakit kronis.

10. Menghasilkan Cadangan Energi

Selain membantu menjaga kesehatan tulang, kandungan fosfor di dalam buah kolang kaling juga bermanfaat sebagai penyimpanan energi cadangan.

Sebab, tubuh akan selalu membutuhkan fosfor untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan menyimpan cadangan energi.

Kolang-kaling juga berkaitan erat dengan kesehatan jantung dan fungsi saraf tubuh.

Baca Juga: Manfaat Madu: Beri Kebaikan di Segala Sisi Kehidupan

Cara Konsumsi Kolang-kaling

manfaat kolang kaling
Sumber Gambar: Sajian Sedap

Setelah kita mengetahui kandungan dan khasiat kolang kaling untuk kesehatan. Kamu bisa mulai mencoba mengonsumsinya dalam berbagai macam olahan, salah satunya menjadi manisan.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 500 gram kolang kaling 
  • 200 gram gula pasir
  • 600 ml air
  • 5 butir cengkeh
  • 1 lembar daun pandan 
  • 2,5 cm kayu manis
  • Pewarna makanan sesuai selera 

Cara membuat manisan kolang kaling:

  • Tuang air ke dalam panci dan panaskan. Kemudian, masukkan daun pandan, kayu manis, gula pasir dan cengkeh, lalu diamkan hingga air mendidih dan harum.
  • Masukkan kolang kaling ke dalam air yang mendidih. Kecilkan api dan tunggu hingga kolang kaling matang. 
  • Kemudian tambahkan sedikit pewarna. Apabila sudah matang, angkat kolang kaling dan tuang ke dalam wadah atau toples.
  • Simpan di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan agar lebih nikmat dan segar.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ramuan Lemon dan Madu Saat Puasa

Itu dia Toppers sederet manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Kolang kaling ini bisa dijadikan bahan untuk berbagai macam olahan makanan dan minuman segar.

Lengkapi kebutuhan Ramadan dan sehari-hari untuk Toppers dan keluarga dengan serangkaian promo menarik hanya di Tokopedia!


madu kurma
Andalkan madu kurma untuk menjaga stamina, menjaga tekanan darah hingga meningkatkan daya tahan tubuh!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia