• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Kulit, Bikin Glowing!

21 July 2022

Share

12 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Kulit, Bikin Glowing!

Tidak hanya sebagai antioksidan, masker kopi juga bisa untuk menunda penuaan. Cek selengkapnya di sini untuk mengetahui berbagai manfaat masker kopi.


Kopi biasa dijadikan minuman untuk menahan kantuk karena memiliki zat kafein. Namun, kopi juga bisa menjadi masker wajah alami yang baik untuk tubuh dan kulit wajah, lho, Toppers.

Hal ini karena, kopi memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Oleh sebab itu, zat dalam kopi mampu menangkal berbagai radikal bebas, sehingga kulit wajah pun menjadi sehat dan cerah.

Toppers bisa mengaplikasikan kopi di kulit wajah dengan membuatnya menjadi masker terlebih dahulu. Nah, Manfaat masker kopi bagi wajah ada banyak, yuk, simak berbagai manfaat dan cara membuat masker kopi di bawah ini!

Baca Juga: Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan, Kesuburan & Kecantikan

Cara Mudah Membuat Masker Kopi

biji kopi dan kopi bubuk

Sumber Gambar: The Healthy Mommy

Kamu bisa membuat masker kopi sendiri di rumah, caranya mudah sekali. Toppers bisa temukan berbagai biji kopi asli yang telah ditumbuk halus lalu campurkan dengan pelarut alami yang bersifat non komedogenik, seperti minyak zaitun. Berikut ini cara buat masker kopi:

  • Campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun dengan takaran yang sama.
  • Aduk hingga kopi dan minyak zaitun menyatu.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah dengan gerakan memutar.
  • Diamkan selama 10–30 menit.
  • Bilas masker kopi dengan air hangat.
  • Gunakanlah masker kopi seminggu 1–2 kali.

Manfaat Masker Kopi

1. Merawat Kulit yang Terbakar

manfaat masker kopi

Sumber Gambar: Shutterstock

Beraktivitas di luar ruangan tentu kamu tidak bisa menghindari sinar matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat kulit wajah terbakar dan iritasi. Kopi bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajah yang terpapar lama sinar ultraviolet (UV), loh!

Cara membuatnya adalah campurkan kopi dengan es batu, lalu celupkan handuk ke dalamnya. Usapkan handuk ke bagian wajah atau kulit yang terbakar. Efek yang diberikan adalah shoting dan calming.

Selain itu, kamu juga menggunakan kopi sebagai masker karena antioksidan dalam kopi dapat menenangkan kulit wajah kamu. 

2. Sebagai Antioksidan

manfaat masker kopi

Sumber Gambar: Pixabay

Antioksidan sangat diperlukan untuk kulit, Toppers. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit cepat menua dan menimbulkan berbagai permasalah kulit wajah.

Sebenarnya, tubuh kita memproduksi antioksidan sendiri, namun seiring bertambahnya usia, produksi antioksidan berkurang. Nah, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk mendapatkan antioksidan tambahan.

3. Mengurangi Jerawat

manfaat masker kopi

Sumber Gambar: Pixabay

Kamu punya masalah jerawat yang tak kunjung selesai? Mungkin bahan dari dapur yang satu ini bisa kamu coba. Kandungan chlorogenic acid pada kopi bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan sehingga kulit tidak lagi menjadi tempat berkembang bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa mencampurkan kopi dengan air dan gosokkan perlahan. Selain itu kamu juga bisa mencampurkan kopi dengan madu untuk menghilangkan bekas jerawatnya, Toppers!

4. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

manfaat masker kopi

Sumber Gambar: Fontana Beauty Vibes

Sel kulit mati dan kotoran merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Untuk membersihkan sel kulit mati, kamu bisa melakukan deep cleaning dengan scrub wajah. Bahan alami yang bisa kamu gunakanan untuk scrub adalah kopi. 

Kandungan asam pada kopi dapat mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah yang tentunya juga bisa membuat wajah menjadi cerah, loh!

Kamu bisa mencampurkan kopi dengan susu sapi murni. Campurkan hingga sedikit mengental dan aplikasikan pada wajah. Gosok pelan-pelan hingga wajah bersih secara merata!

5. Menyamarkan Mata Panda

5. Menyamarkan Mata Panda

Sumber Gambar: InspikuFun

Lingkaran mata yang gelap atau mata panda bisa mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk menyamarkan mata pada, lho!

Kandungan kafein pada kopi dipercaya dapat membantu memperlebar peredaran darah di area mata. Hal ini bisa menyamarkan lingkaran gelap di area mata, karena penyempitan pembuluh darah adalah salah satu penyebab mata panda.

Campurkan kopi dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker kopi selama 10 menit, lalu bersihkan. Gunakan masker kopi secara rutin agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah & Kulit

6. Mengurangi Peradangan

manfaat masker kopi

Sumber Gambar: Sad Matters

Kamu bisa menggunakan masker kopi untuk meredakan peradangan di kulit, Toppers. Peradangan kulit juga bisa terjadi di wajah, loh. Kandungan polifenol dan asam hidroksamik dalam kopi dapat membantu mengurangi peradangan tersebut. 

Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga membantu mengatasi pembengkakan akibat peradangan.

7. Melawan Penuaan Dini

manfaat masker kopi

Sumber Gambar: Step to Health

Kopi memiliki antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti aging. Antioksidan yang dimiliki kopi adalah polifenol. Polifenol dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, kandungan polifenol juga dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Masker kopi dapat mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya seperti flek hitam dan kerutan. Jadi, gunakan masker kopi secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda!

8. Mengurangi Selulit

manfaat masker kopi untuk wajah

Sumber Gambar: TripAdvisor

Timbunan lemak di bawah kulit atau biasa dikenal dengan selulit bisa mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kopi dipercaya dapat mengurangi selulit di kulit, Toppers.

Kandungan kafein dapat memperlancar peredaran di bawah kulit sehingga dapat menyamarkan selulit.

Campurkan air dengan kopi hingga menjadi pasta dan aplikasikan ke bagian selulit. Gosok perlahan ke seluruh bagian yang kamu inginkan. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Kaya Vitamin B3

manfaat masker kopi untuk wajah

Sumber Gambar: Nutritious Life

Di dalam kopi, banyak mengandung vitamin B3 atau niacin. Peneliti menyebut bahwa kandungan ini berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit secara signifikan.

10. Menghilangkan Bau Kaki

manfaat masker kopi untuk wajah

Sumber Gambar: Verywell Health

Sudah banyak yang tahu bahwa kopi merupakan bahan penghilang bau kaki. Jika kamu punya masalah bau kaki, masker kopi bisa mengatasinya secara efektif.

11. Mengencangkan Kulit

wanita terlihat senang menggunakan masker kopi yang banyak manfaat

Sumber Gambar: iStock

Menggunakan masker kopi mampu memperlancar aliran darah, sehingga meningkatkan produksi kolagen di wajah. Kolagen sendiri merupakan protein yang mampu memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit.

Karena itulah, penggunaan masker kopi mampu membuat kulit kencang dan sehat. Bakteri dan radikal bebas jadi sulit untuk memasuki permukaan kulit.

12. Mengatasi Komedo

wanita menggunakan masker kopi sebagai bahan ampuh untuk melawan komedo

Sumber Gambar: The Shonet

Masker kopi juga mampu melawan komedo membandel yang ada di hidung. Komedo hitam disebabkan oleh terbukanya pori-pori wajah, sehingga bakteri dan minyak bercampur dengan udara kemudian berubah menjadi gelap.

Toppers bisa mengatasi komedo dengan campuran masker kopi dan gula. Siapkan tiga sendok makan kopi dan satu sendok makan gula, lalu campur dengan air secukupnya. Aplikasikan adonan tersebut ke bagian kulit yang ada komedo lalu bilas setelah 30 menit.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka, Enggak Harus Mahal

Tapi, meskipun kopi adalah bahan alami yang aman untuk perawatan, tidak semua bisa langsung cocok. Apalagi kalau kulit kamu terutama wajah itu sensitif.

Hasil yang didapatkan juga tidak bisa langsung instant, ya! Perlu dilakukan perawatan secara rutin agar hasilnya terlihat dan maksimal!

kopi robusta

Mau kopi yang lebih berasa dan melawan rasa kantuk? Temukan kopi robusta dengan kualitas terjamin di sini!

Penulis: Felly Eliza Putri, Melly Yustin Aulia

© 2009-2024, PT Tokopedia