• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

13 Manfaat Lari Pagi dan Sore, Mana yang Sesuai Untukmu?

02 November 2022

Share

13 Manfaat Lari Pagi dan Sore, Mana yang Sesuai Untukmu?

Kenali manfaat lari pagi dan sore bagi tubuh. Sangat praktis, olahraga tanpa alat khusus ini bisa dilakukan di mana pun!


Olahraga lari atau jogging adalah aktivitas menyehatkan yang bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan tanpa memerlukan banyak biaya. Karena tidak butuh perlengkapan olahraga khusus.

Cukup sepatu running dan pakaian pendukung yang layak seperti celana lari serta baju sporty, kamu bisa melakukannya kapan pun. Bahkan, kamu bisa memilih tempat favorit yang membuat jogging menjadi nyaman, tenang dan membantumu meraih target.

Pada dasarnya, manfaat olahraga lari sangat banyak bagi tubuh. Seperti untuk mendukung kesehatan sistem kardiovaskuler hingga membantu melepas stres. Tapi, sebenarnya kapankah waktu yang tepat untuk melakukannya? Pagi atau sore hari? Atau malah keduanya memilki manfaat yang sama bagi tubuh?

Baca Juga: Jenis Olahraga Kardio untuk Bakar Lemak dan Kecilkan Perut!

Fakta dan Mitos Olahraga Lari

tiga perempuan berlari

Sumber Gambar: Live Science

Sebelum membahas mana yang lebih bermanfaat bagi tubuh di antara jogging pagi atau sore. Cukup menarik, untuk menyimak beberapa fakta dan mitos yang perlu diketahui:

Jogging Tidak Baik Untuk Lutut

Salah satu mitos paling umum menyebutkan bahwa lari di jalanan akan melukai sendi terutama di bagian lutut. Namun, hal ini tidak bisa dibenarkan.

Berlari memang membutuhkan kekuatan dan tenaga pada kaki sebagai penopang. Tapi, ini justru baik bagi kekuatan lutut kita.

Penelitian menyebut bahwa olahraga lari malah membuat kamu terhindar dari masalah cedera pada lutut dan membuatnya lebih rileks.

Jogging Lebih Baik Pakai Sepatu Baru

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa penggunaan sepatu juga berpengaruh terhadap manfaat yang bisa kita dapat dari jogging. Semakin tua umur sepatu, justru tidak baik bagi kondisi kaki kita.

Faktanya, akan lebih baik jika kita mengganti sepatu lari dengan yang baru setelah menempuh jarak kira-kira 500-800 kilometer (km).

Karena lebih dari itu, sepatu sudah kehilangan daya serap terhadap goncangan ketika kita melangkah. Sehingga meningkatkan risiko rasa sakit kaki bagian bawah.

Mengonsumsi Banyak Karbohidrat Baik untuk Lari Jarak Jauh

Yang satu ini adalah fakta, Toppers! Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat sebelum lari jarak jauh adalah hal penting.

Hal ini didukung fakta bahwa karbohidrat meningkatkan glikogen pada otot yang merupakan sumber energi utama. Sehingga mendukung tenaga dalam waktu yang lebih lama.

Meski begitu, waktu makan dan porsinya juga harus tetap disesuaikan. Roti gandum, nasi, atau sumber karbohidrat berkualitas tinggi lainnya akan efektif.

jual sepatu running

Capai target lari maksimal dan bakar lemak makin efektif dengan bantuan sepatu lari terbaik di sini!

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Running Terbaik yang Ringan dan Fleksibel

Manfaat Lari Pagi atau Subuh

wanita lari di pagi hari ketika matahari terbit

Sumber Gambar: Orthology

Setelah mengetahui fakta dan mitos mengenai jogging, Toppers bisa lebih mempersiapkan diri sebelum melakukan kegiatan ini. Nah sekarang, apakah olahraga lari pagi mendatangkan manfaat yang besar?

1. Komitmen dan Konsisten

Jika dibandingkan dengan lari sore hari, melakukan jogging di pagi hari akan lebih memudahkan kita dalam menerapkannya secara konsisten ke depan.

Mengapa demikian? Pada pagi hari, semangat kita masih tersimpan banyak. Kamu akan berpikir ulang jika melakukan olahraga sore hari setelah lelah seharian melakukan serangkaian kesibukan.

Selain itu, dengan lari di pagi hari, kamu bisa memanfaatkan waktu malam untuk merelaksasi diri yang dibutuhkan guna menenangkan pikiran.

2. Pemandangan Pagi Dapat Melepas Stres

Banyak orang memilih untuk jogging subuh karena suasana sepi mendukung konsentrasi. Salah satu manfaat jogging subuh adalah berkesempatan untuk menyaksikan mathaari terbit. Bayangkan lari pagi ketika matahari baru saja terbit dan mendengar suara burung-burung berkicau. Sungguh syahdu, bukan?

Kondisi tersebut akan membuat hormon di dalam tubuh yang bertugas melepas stres bekerja dengan lebih efektif.

3. Sinar Matahari yang Baik

Lari di pagi hari artinya kamu bisa mendapat asupan Matahari yang baik bagi tubuh. Sinar ultraviolet (UV) saat pagi membantu tubuh mendapat manfaat vitamin D untuk kesehatan secara lebih maksimal.

4. Memacu Semangat

Jika kamu membutuhkan motivasi untuk melakukan berbagai hal berat, cobalah untuk lari pagi sebelum memulai hari.

Hal ini bisa mendukung tubuh dalam meproduksi banyak endorfin dan adrenalin, sehingga Toppers lebih fokus dan sigap dalam menjalani aktivitas.

5. Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Sejatinya, olahraga lari adalah salah satu cara efektif untuk membuat kita tidur terlelap di malam hari.

Akan tetapi, berolahraga beberapa jam sebelum waktu tidur tidak baik untuk dilakukan. Karena malah akan membuat kita gelisah di malam hari.

Dengan berlari saat fajar, rasa gelisah itu akan jauh dihindari dan lebih tenang saat beristirahat.

6. Ketika Kebiasaan Menjadi Tanggung Jawab

Jika kamu sering membagikan banyak hal yang kamu lakukan di sosial media, ini tidaklah buruk. Terutama hal positif seperi olahraga.

Bayangkan, ketika kamu membagikan aktivitas olahragamu di Instagram atau media sosial lain. Dengan perjuangan bangun pagi hanya untuk lari dan memperjuangkan kesehatan.

Apa yang kamu lakukan itu lama-lama akan menjadi kebiasaan dan tanggung jawab, sehingga kamu berkomitmen melakukan hal itu secara rutin.

7. Mendukung Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi, dengan kamu rutin berolahraga lari di pagi hari, kesempatan mendapatkan itu akan lebih besar.

Jogging saat Matahari terbit meningkatkan mood, menjaga kesehatan jantung hingga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Perlengkapan jogging

Lengkapi peralatan jogging paling nyaman dan berkualitas untuk gapai hidup sehat!

Baca Juga: Berbagai Sepeda Statis Terbaik, Tetap Aktif & Sehat dengan Berolahraga di Rumah

Manfaat Lari Sore atau Menuju Malam

tiga orang bersiap untuk lari sore/malam

Sumber Gambar: Strava Blog

Jogging di waktu sebelum beraktivitas memang mendatangkan banyak manfaat kesehatan. Akan tetapi, lari di sore atau bahkan malam ketika langit sudah gelap hari juga punya beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan penting.

8. Pembentukan Otot Lebih Baik

Berlari sore membangun otot lebih baik daripada lari pagi, jika kamu tengah melakukan program latihan ketahanan. Untuk diketahui, kadar testosteron dan kortisol tinggi di pagi hari, tetapi efek pembentukan otot testosteron dipengaruhi oleh efek pemborosan otot kortisol.

Saat sore, rasio testosteron dan kortisol optimal untuk sintesis protein untuk pertumbuhan otot sebagai respons terhadap pelatihan resistensi.

Itu berarti kamu dapat membangun otot yang lebih baik dengan berlari di luar ruangan saat Matahari terbenam.

9. Menyelamatkan Waktu

Lari pagi memang banyak manfaatnya, tapi jika kamu memiliki tempat kerja atau sekolah yang jauh dari rumah dan butuh berjam-jam waktu tempuh. Hal ini akan sulit untuk dilakukan.

Karenanya, menjadi lebih ideal untuk berlari di sore hari sebagai gantinya. Dengan cara ini, kamu dapat menghindari memulai hari dengan perasaan panik dan selalu terburu-buru, sehingga mengurangi kecemasan.

10. Menghindari Makan Berlebihan di Malam Hari

Lari di sore hari membuatmu memiliki banyak tenaga yang dihasilkan dari makanan yang kamu konsumsi seharian. Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk makan sebelum siap berlari.

Yang perlu diingat, sebaiknya jangan makan tepat sebelum lari karena ini dapat mengganggu atau menyebabkan sakit pada perut.

11. Waktu yang Lebih Panjang

Sangat tidak nyaman ketika kamu lari pagi-pagi dan melihat jam sudah mendekati waktu siap-siap berangkat kerja. Ini malah akan menguasai pikiranmu.

Salah satu keuntungan terbaik dari berlari di sore atau malam hari adalah kita memiliki lebih banyak kendali atas lamanya latihan yang ingin kita lakukan.

12. Mengurangi Risiko Cedera

Suhu inti tubuh yang meningkat dan simpanan energi memastikan kekuatan dan fleksibilitas otot mencapai puncaknya pada sore hari.

Juga, level epinefrin dan norepinefrin memuncak pada siang hari. Ini membuat jantung memompa dan mempersiapkan tubuh untuk berlari dengan baik.

Selain itu, hormon-hormon tersebut juga mampu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan suasana hati.

13. Melepas Penat

Lari sore juga membantumu dalam melepaskan frustrasi dari hari yang sulit. Berlari adalah salah satu terapi terbaik yang bisa kita berikan kepada diri sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Treadmill Terbaik, Bakar Lemak dengan Cepat!

Secara keseluruhan, manfaat olahraga lari pagi maupun sore sama-sama bermaslahat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, yang menjadi perhatian lebih adalah soal waktu dan aktivitas yang kita jalani sehari-hari. Jadi, mana lari yang lebih pas untukmu?

produk kesehatan

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Rasyahdan W. Bahar

© 2009-2024, PT Tokopedia