10 Manfaat Silaturahmi saat Lebaran, Lancar Rezeki hingga Sehat Mental

0
270
manfaat silaturahmi

Silaturahmi tak hanya mempererat tali persaudaraan. Dari rezeki berlimpah hingga kesehatan mental, ini manfaat silaturahmi!


Tak terasa lebaran akan tiba sebentar lagi. Momen pasca Ramadan yang ditunggu-tunggu umat Islam untuk bersilaturahmi dan mengunjung saudara dan kerabat.

Silaturahmi merupakan saat yang tepat untuk mempererat hubungan persaudaraan dan persahabatan, serta berbagi kebahagian bersama. Hal ini bukan hanya sekedar tradisi turunan, namun sebuah amalan mulia dan kewajiban agama.

Dari ayat-ayat Al Qur’an dan hadits, menjalin tali silaturahmi ini dapat membawa berbagai hikmah dalam kehidupan kita. Namun, di tengah pandemi, masih bisakah kita melakukan silaturahmi? Dengan mengandalkan teknologi saat ini, tentu jawabannya bisa, meski dari jarak jauh.

Yuk, cari tahu beberapa manfaat silaturahmi saat lebaran berikut ini agar semakin semangat menjalani tradisi ini!

baca juga: tips persiapan lebaran di rumah, esensi idul fitri dengan keluarga inti

1. Merekatkan Tali Persaudaraan

mengenal anggota baru
Sumber Gambar: Mentatdgt- Pexels

Manfaat silaturahmi satu ini tentunya tidak mengherankan lagi ya. Dengan berkumpul bersama anggota keluarga besar, kita dapat mempererat tali persaudaraan.

Mungkin saja kamu tinggal jauh dengan saudara kamu. Atau mungkin sudah lama tidak bertemu dan jarang berbicara. Gunakan waktu silaturahmi saat lebaran untuk memperbaiki hubungan persaudaraan ini.

Untuk mengatasi masalah tidak bisa berjumpa secara langsung karena pandemi, kita bisa memanfaatkan teknologi video call dengan menggunakan laptop atau handphone, serta pastikan internet lancar di rumah masing-masing.

2. Mendekatkan Diri dengan Allah SWT

Silaturahmi merupakan sebuah perintah dari Allah SWT kepada setiap hamba-Nya. Seperti yang disebut oleh sabda Rasulullah: 

“Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” – (Hadis Riwayat Ahmad).

Allah tidak segan memutuskan hubungan bagi mereka yang juga memutuskan tali silaturahmi.  Sebaliknya, Dia menjanjikan pahala kepada mereka yang menjaga keutuhan tali persahabatan dan persaudaraan.

3. Memperluas Rezeki

Toppers pasti pernah dengar beberapa hadis menyebutkan manfaat silaturahmi untuk memperbanyak rezeki. Seperti ungkapan dalam sabda Rasulullah:

“ Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Tirmidzi).  

Momen silaturahmi bisa kamu gunakan untuk menolong kerabat yang mungkin membutuhkan bantuan. Allah tentunya menjanjikan pahala yang besar, berupa keberkahan harta, bagi mereka yang membantu sesama, bahkan lebih melimpah dibandingkan bersedekah untuk fakir miskin. 

4. Memperpanjang Usia

Dari hadist yang diriwayatkan al-Bukhari, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“ Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bersilaturahim.”

Selain memperluas rezeki, Allah SWT juga menjanjikan penangguhan ajal. Ajal juga bisa diartikan jejak. Ajal/jejak mengikuti umur manusia, karena orang yang sudah meninggal tidak meninggalkan jejak di muka bumi.

Dengan kata lain, seseorang yang taat menjalani silaturahmi, juga akan diperpanjang umurnya. 

5. Kunci Masuk Surga

kunci masuk surga
Sumber Gambar: Abdullah Ghatasheh – Pexels

Dengan menjalani salah satu perintah Allah (yakni silaturahmi), kamu juga satu langkah lebih dekat dengan surga yang dijanjikan-Nya dan dijauhkan dari panasnya api neraka. Hal ini dituangkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim berikut:

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” – (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Inpirasi Rumah - Ramadan / Lebaran
Sambut Ramadan dan Lebaran dengan suasana baru di rumah, cek inspirasi terbaik di sini!

baca juga: aktivitas lebaran di rumah yang bisa dilakukan bersama keluarga

6. Menunjukkan Iman kepada Allah SWT

Seorang yang beriman kepada Allah SWT berarti melakukan tiga unsur penting: percaya dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan wujud amal perbuatan.

Salah satu cara untuk menunjukkan iman kita sebagai hamba-Nya yang setia adalah dengan menjalani silaturahmi. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA: 

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.”

7. Menggugurkan Dosa

menggugurkan dosa
Sumber Gambar: Pixabay

Pernah dengar ulama “berjabat tangan dapat menambahkan kecintaan”? Ternyata, sunnah berjabatan tangan saat silaturahmi bukan hanya menunjukkan perilaku hangat.

Namun, juga dapat menghindarkan kita dari dosa akibat perselisihan dan meluruskan berbagai kesalahpahaman. Sesuai dengan penjelasan sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah dua orang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan, melainkan dosa keduanya sudah diampuni sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud no. 5212 dan at-Tirmidzi no. 272, dishahihkan oleh al-Albani).

8. Kesehatan Mental

Manfaat silaturahmi bisa juga untuk menjaga kesehatan mental kita loh. Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan sesama untuk menjalani kehidupan. 

Silaturahmi saat lebaran merupakan kesempatan untuk bertukaran cerita, menanyakan keadaan hidup, dan menjalani berbagai kegiatan seru bersama. Hal-hal kecil ini secara tidak langsung memperbaiki mood dan mengurangi stress. 

9. Mengenal Orang dan Anggota Keluarga Baru

Dalam satu tahun, ada banyak kejadian yang mungkin tidak kamu sadari seperti pernikahan dan kelahiran. Ini waktu kamu untuk memperluas koneksi antara persahabatan dan persaudaraan lebih dalam!

Saat kamu bertamu ke rumah saudara ataupun tetangga, kamu juga berpeluang bertemu dengan orang baru.

10. Memperluas Ilmu dan Hikmah Hidup

Bertemu dan berinteraksi dengan orang banyak membuat kita mendapatkan berbagai hikmah dan gagasan yang baru juga. Ilmu pengetahuan dan agama Islam ini saling berhubungan.

Dengan rutin memperbaharui ilmu, kita dapat mendapatkan pencerahan mengenai cara pandang dan rasa empati, sehingga segala persoalan dapat diselesaikan dengan akal bijak.

baca juga: ide dekorasi lebaran idul fitri di rumah, bikin suasana hangat!

Nah Toppers, ternyata ada segudang manfaat silaturahmi yang bisa kamu dapatkan kan. Jadi mulai sekarang, jangan segan-segan menyebarkan senyuman sapa, ilmu, dan harta disaat mengunjungi kerabat dan sahabat ya!

parcel lebaran
Temukan parcel lebaran dengan penawaran terbaik dan terlengkap di sini!

Penulis: Clarissa