• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Teh Daun Jati Cina: Herbal Ampuh untuk Diet?

Share

11 Manfaat Teh Daun Jati Cina: Herbal Ampuh untuk Diet?

Manfaat teh daun jati cina untuk kesehatan. Selain baik untuk diet, minuman herbal ini juga memiliki beragam khasiat tak terduga.


Jati cina mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, tanaman ini belakangan mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan jati cina atau juga disebut sebagai Senna alexandrina merupakan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan herbal.

Tumbuhan ini dapat dengan mudah kamu temukan pula di kebun ataupun lahan liar terbuka. Umumnya, daun dari jati cina ini diracik sebagai teh. Meskipun rasanya pahit, teh daun jati cina memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh, Toppers.

Khasiat dari daun jati ini telah digunakan sejak abad ke-9 sebagai obat sembelit. Seiring berjalannya waktu, teh hijau ini juga banyak digunakan untuk menangani berbagai penyakit. Untuk lebih detailnya, simak ulasan mengenai teh daun jati cina dalam kehidupan kita sehari-hari!

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau: Herbal Nikmat yang Sakral

Kandungan Teh Daun Jati cina

manfaat teh daun jati cina
Sumber Gambar: Easywallbox

Beragam manfaat teh daun jati cina tentu tidak luput dari kandungan di dalamnya. Ada berbagai senyawa yang sangat bermanfaat untuk kebaikan tubuh, Toppers. Yuk, perhatikan kandungan teh daun jati cina di bawah ini:

  • Aseton
  • Alkaloid
  • Etanol
  • Flavonoid
  • Karotenoid
  • Mucilago
  • Minyak esensial
  • Resin
  • Tanin
  • Sennosides
  • Glikosida antrakinon

Baca Juga: Manfaat Teh Hitam: Minuman Herbal Kaya Antioksidan

Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Kesehatan

manfaat daun jati cinta
Sumber Gambar: Made in China

Perlu diketahui bahwa teh daun jati cina terkenal akan khasiatnya untuk diet. Hal ini terbukti dari banyaknya teh diet di pasaran yang menggunakan daun jati cina, Toppers. Terlepas dari itu, teh daun jati cina juga memiliki berbagai manfaat, seperti berikut ini:

1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, teh daun jati cina sangat baik untuk diet dan manfaat ini sudah diakui oleh banyak orang, lho. Herbal ini memiliki kemampuan untuk melakukan eliminasi toksin dan sisa makanan di usus besar.

Sehingga metabolisme tubuh dapat terjaga sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi. Proses inilah yang pada akhirnya dapat menurunkan berat badan. Selain itu, teh daun jati cina juga memiliki kalori yang rendah, di mana ini baik untuk program dietmu!

2. Membasmi Bakteri Bau Mulut

Memiliki bau mulut tentu membuat kita tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan kumur-kumur sekitar 10 detik dengan seduhan teh daun jati cina.

Hal ini dikarenakan teh hijau ini bersifat antibakteri. Sehingga dapat memerangi secara alami bakteri penyebab bau mulut dalam gigi, gusi, dan lidah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bila Toppers sering merasa sakit dan mudah lelah, mungkin kamu memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Di situasi pandemi ini, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar dapat memerangi penyebaran virus Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya.

Nah, kamu bisa mencoba mengonsumsi teh daun jati cina untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Toppers. Ini karena terdapat kandungan di dalamnya yang dapat menstimulasi sel darah putih sehingga mampu menangkal virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit.

4. Membersihkan Usus Besar

Usus besar merupakan salah satu organ dalam tubuh yang perlu dijaga kebersihannya. Sebab, jika tidak dibersihkan, sisa makanan berpeluang menumpuk sehingga mengakibatkan sembelit. Tak hanya itu, adanya toksin juga dapat menyebabkan kanker usus, Toppers.

Teh daun jati cina sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk membersihkan usus besar. Biasanya, minuman ini juga kerap dikonsumsi untuk pasien yang ingin menjalankan medis kolonoskopi.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Saluran pernapasan memegang peranan penting dalam tubuh, yakni sebagai wadah pertukaran antara oksigen dengan karbondioksida. Menjaga kesehatan saluran pernapasan sendiri dapat dilakukan dengan konsumsi teh daun jati cina.

Teh ini dapat meredam radang paru-paru dan memperlancar saluran pernapasan. 
Tak hanya itu, minuman ini juga dipercaya dapat bertindak sebagai obat asma dan penyakit pernapasan lainnya.

Baca Juga: Manfaat Rosella: Teh Bunga Nikmat, Kaya Khasiat

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat? Tentunya, setiap orang dari kalangan manapun mengidamkan rambut yang sehat dan indah. Nah, untuk mendapatkan rambut idaman ini, Toppers bisa memanfaatkan teh daun jati cina.

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan rambut ini, Toppers. Mulai dari mengatasi rambut kering, memperbaiki kondisi kulit kepala, mencegah ketombe dan bahkan mengatasi kerontokan rambut. Wah, multimanfaat bukan? 

7. Memelihara Kulit

Manfaat teh daun jati cina selanjutnya adalah memelihara kulit, Toppers. Fungsi ini sendiri diperoleh karena terdapat kandungan minyak esensial, resin, dan tanin.

Beragam kandungan inilah yang menjadikan teh ini dipercaya berguna untuk memberantas radang pada kulit. Mulai dari kadas atau kurap, luka bakar hingga luka terbuka. 

8. Mengobati Infeksi Kulit

Selain menjaga kulit dari peradangan, teh daun jati cina juga berkhasiat untuk mengobati berbagai infeksi kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan aseton dan etanol yang memiliki efek antibakteri.

Sehingga mampu memberantas mikroba penyebab infeksi pada kulit seperti eksim dan jerawat, Toppers. Tak hanya itu, teh ini juga diketahui dapat mengurangi produksi minyak penyebab jerawat sekaligus meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi sel kulit.

9. Menyembuhkan Wasir

Bila Toppers mempunyai masalah wasir, kamu bisa memanfaatkan teh daun jati cina ini. Minuman ini telah dipercayakan dapat mengurangi bengkak dan mempercepat pengobatan wasir.

Mengonsumsi teh hijau ini juga bisa membuat feses menjadi lebih lunak, lho. Alhasil, kamu akan terhindar dari rasa sakit ketika buang air besar (BAB).

10. Menetralisir Racun dalam Tubuh

Saat menjalankan berbagai aktivitas, tubuh kita rentan terpapar oleh berbagai racun akibat polutan. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan detoksifikasi, Toppers. Salah satu minuman yang bisa kamu konsumsi untuk detoksifikasi adalah teh daun jati cina.

Mengonsumsinya membuat berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh diyakini dapat dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, likopen, lutein dan zeaxanthin di dalam teh daun jati cina.

11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan lancar, Toppers bisa mengonsumsi teh daun jati cina sekali dalam sehari.

Dengan demikian, lemak dan kolesterol jahat (LDL) pun bisa dikeluarkan. Tak hanya itu, semua kinerja dalam organ tubuh juga dapat lebih terkendali, Toppers.

Baca Juga: Manfaat Marigold: Bunga Cantik, Lawan Radikal Bebas

Takaran Konsumsi Teh Daun Jati Cina

manfaat daun jati cinta
Sumber Gambar: Pexels

Bila Toppers baru saja melewati proses melahirkan, maka dianjurkan untuk mengonsumsi teh daun jati sekitar 2 sendok makan (± 28 mg) dalam dua dosis. Sementara, bagi yang lainnya dapat mengikuti anjuran dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Berikut adalah takaran konsumsi teh daun jati cina per harinya yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA):

UmurTakaran
< 12 tahun  ½ sendok makan (± 8,5 mg) 
> 12 tahun 1 sendok makan (± 17,2 mg) – 2,5 sendok makan (± 34 mg)
> 65 tahun  1 sendok makan (± 17 mg) 

Baca Juga: Manfaat Ginseng: Herbal Ternama yang Kaya Guna

Efek Samping Teh Daun Jati Cina

manfaat daun jati
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Kendati memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, teh jati cina tetap memiliki efek samping. Berikut adalah efek samping mengonsumsi teh daun jati cina yang wajib kamu ketahui:

  • Diare
  • Mual 
  • Muntah
  • Lemas
  • Dehidrasi
  • Kram/sakit perut
  • Gangguan keseimbangan elektrolit

Selain itu, mengonsumsi teh hijau dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan pendarahan pada bagian rektum dan menurunkan berat badan karena malnutrisi.

Jika, efek samping tak kunjung mereda, sebaiknya Toppers segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Manfaat Kapulaga: Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut

Nah, demikianlah berbagai manfaat teh daun jati cina untuk kesehatan, Toppers. Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kamu tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsinya, ya!

Kamu juga bisa mendapatkan teh daun jati cina dan berbagai teh lainnya dengan mudah dan harga termurah hanya di Tokopedia!


teh oolong
Temani pagi dan antap camilan sore secara lebih nikmat dengan teh oolong berkualitas di sini!

Penulis: Oeren Lee

© 2009-2024, PT Tokopedia