20 Manfaat & Khasiat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan

0
54859
khasiat & manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan

Perlancar pencernaan, cegah kanker hingga atasi jerawat. Ini daftar manfaat & khasiat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan!


Temulawak dikenal sebagai bahan olahan jamu tradisional. Tanaman herba yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Rupanya manfaat temulawak tidak sebatas untuk kesehatan saja, tetapi juga baik untuk kecantikan.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman herba yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah. Tanaman ini juga umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Temulawak memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya.

Kandungan yang ada tersebut membuat temulawak memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk, simak!

tap tap kotak - september
Tap Kotaknya, Langsung Dapat Hadiah Setiap Hari!

Baca Juga: Manfaat & Khasiat Buah Jamblang atau Duwet untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

1. Memperlancar Proses Pencernaan

manfaat temulawak
Sumber Gambar: Yoffie Life

Kandungan serat juga kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan menghindari berbagai macam penyakit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya.

3. Sebagai Antibakteri dan Antijamur

manfaat temulawak
Sumber Gambar: ISGlobal

Manfaat temulawak yang dapat kamu temukan adalah sebagai antibakteri dan antijamur. Adanya senyawa xanthorrizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

4. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak mampu menyusutkan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker di badan.

5. Mengatasi Peradangan

manfaat temulawak
Sumber Gambar: Meghan Telpner

Senyawa anti radang pada temulawak mendatangkan manfaat yang mana mampu mengatasi peradangan. Senyawa tersebut dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan akibat luka.

6. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Obat herbal yang satu ini memiliki manfaat membantu proses metabolisme tubuh. Manfaat temulawak ini diperoleh dari adanya kandungan pati dan turmerol dan sangat baik untuk tubuh.

7. Menambah Nafsu Makan

khasiat temulawak
Sumber Gambar: Parents

Salah satu manfaat temulawak yang terkenal yakni mampu menambah nafsu makan. Kandungan atsiri dalam temulawak kerap dimanfaatkan oleh orang-orang yang kehilangan nafsu makan umumnya pada anak-anak.

8. Mengatasi Radang Sendi

Mengkonsumsi temulawak dipercaya dapat meredakan radang sendi. Temulawak dipercaya memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan pada pasien osteoarthritis.

9. Menurunkan Kolesterol

khasiat temulawak
Sumber Gambar: Right at Home

Khasiat temulawak yang sering digunakan untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan kurkuma yang tinggi membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL).

10. Meningkatkan Stamina

Temulawak dan jahe bila dikonsumsi bersamaan akan memiliki khasiat yang baik untuk stamina tubuh. Temulawak serta jahe umumnya dikonsumsi oleh olahragawan untuk meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang tinggi.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat & Khasiat Buah Bit untuk Kesehatan

11. Mengatasi Masuk Angin

khasiat temulawak
Sumber Gambar: Bustle

Perut kembung akibat masuk angin memang seringkali tidak disadari oleh tubuh. Untuk itu, konsumsi lah temulawak sewaktu-waktu kamu masuk angin.

Temulawak mampu mengatasi masuk angin karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut.

12. Baik untuk Kesehatan Hati

Temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi hati dari efek samping obat. Manfaat temulawak untuk kesehatan hati ini juga dibarengi dengan kemampuan merangsang cairan empedu.

13. Membantu Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh

manfaat temulawak untuk wajah
Sumber Gambar: Find Teams

Manfaat temulawak untuk kesehatan yakni membantu mengeluarkan toksin tubuh. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan Phelandren yang ada dalam tanaman herba tersebut.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

14. Mengatasi Jerawat

Seperti yang telah disebutkan di atas, temulawak memiliki kandungan antibakteri. Kandungan tersebut menambah daftar manfaat temulawak untuk wajah.

Dalam hal ini kamu bisa mengkonsumsinya atau diambil sari temulawak sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat pada wajahmu.

15. Mencegah Penuaan Dini

manfaat temulawak untuk wajah
Sumber Gambar: Shape Magazine

Manfaat temulawak untuk wajah adalah mencegah penuaan dini. Kandungan minyak atsiri yang tinggi membuat temulawak cocok digunakan sebagai cara untuk menghalau penuaan dini pada wajah lho, Toppers.

16. Menghaluskan Kulit Wajah

Menggunakan temulawak sebagai cara menghaluskan kulit wajah juga bisa banget kok. Kandungan minyak atsiri ini dipercaya efektif untuk membuat kulit tampak lebih halus.

Manfaat temulawak untuk wajah ini membuat temulawak kerap dijadikan bahan dasar untuk sabun wajah.

17. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

manfaat temulawak untuk kesehatan
Sumber Gambar: Indian Makeup and Beauty Blog

Minyak atsiri pada temulawak juga mampu mengatasi flek atau noda hitam di wajah. Flek hitam biasanya timbul karena meningkatnya produksi melanin akibat sinar UV.

18. Melembabkan Wajah

Debu dan sinar matahari dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan temulawak lho.

Manfaat temulawak untuk wajah ini bisa kamu optimalkan dalam bentuk masker yang dicampur dengan minyak zaitun dan kuning telur.

19. Meringankan Nyeri Haid

manfaat temulawak untuk kesehatan
Sumber Gambar: Times of India

Sifat temulawak yang dingin dapat meringankan nyeri haid. Tubuh akan terasa rileks dan perlahan-lahan nyeri haid akan hilang.

Umumnya temulawak akan dicampur bersama kunyit lalu direbus untuk diminum selama nyeri haid berlangsung.

20. Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah

Terakhir, manfaat temulawak untuk kesehatan adalah mampu menghilangkan bekas luka pada wajah.

Seperti yang telah disebutkan di atas, adanya minyak atsiri dan senyawa anti radang dalam temulawak mampu mengatasi peradangan pada luka dan membuat kulit cerah dan sehat.

tap tap kotak - september
Tap Kotaknya, Langsung Dapat Hadiah Setiap Hari!

Baca Juga: Manfaat Buah Plum, Diet Sehat Alami Paling Aman!

Nah itu dia ulasan ragam manfaat temulawak untuk kesehatan. Meskipun temulawak memiliki kaya manfaat, penggunaan temulawak tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Mengonsumsi temulawak dalam jumlah banyak akan berdampak pada rasa mual dan iritasi pada lambung. Temulawak juga memiliki efek samping yang dapat merangsang cairan empedu, sehingga dapat memperburuk kondisi penderita gangguan hati dan kantung empedu.

Sebaiknya temulawak juga tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena dapat membahayakan janin. Pastikan konsumsi temulawak sesuai dosis dan kebutuhanmu ya, Toppers.

Yuk, lengkapi semua produk kesehatan dan kecantikan andalanmu hanya di Tokopedia!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Everesty Rinjani