• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Wortel: Sumber Vitamin, Khasiat Tak Main-main

Share

11 Manfaat Wortel: Sumber Vitamin, Khasiat Tak Main-main

Manfaat wortel, sayur bervitamin tinggi dengan khasiat tak terkira. Sehatkan mata hingga turunkan kolesterol dan risiko kanker.


Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota ini merupakan sayuran umbi-umbian yang sering diklaim sebagai makanan yang sempurna untuk mendukung kesehatan tubuh.

Umumnya wortel berwarna oranye, namun sebenarnya wortel datang dalam berbagai warna lainnya, seperti kuning, putih, merah, dan ungu. Wortel oranye mendapatkan warna cerahnya dari beta karoten, antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Renyah, gurih, dan bergizi tinggi. Wortel adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat baik. Ia efektif menurunkan berat badan dan telah dikaitkan juga dengan penurunan kadar kolesterol, peningkatan kesehatan mata, serta cegah kanker.

Sebelum membahas mengenai kandungan dan khasiat wortel secara lebih rinci, simak beberapa fakta menarik tentang wortel berikut ini:

  • Ada lebih dari 100 spesies wortel yang dapat dimakan saat ini.
  • Wortel terpanjang di dunia berukuran 5.839 meter (m). Sementara wortel terberat ditanam pada 1998 dengan berat 8,61 kilogram (kg).
  • Di antara semua sayuran, wortel memiliki kandungan vitamin A (beta karoten) terbesar. 100 gram (g) wortel akan memberi kamu 104% dari dosis harian yang direkomendasikan.
  • Rata-rata seseorang mengonsumsi 10.866 wortel dalam hidupnya.
  • Daun wortel pernah digunakan sebagai aksesoris fashion, terutama pada abad 17 di Inggris.

Baca Juga: Manfaat Bayam: Benarkah Bikin Sekuat Popeye?

Kandungan Wortel

kandungan wortel, kandungan wortel
Sumber Gambar: Food & Nutrition Magazine

Wortel mengandung beta-karoten dan alfa-karoten, dua karotenoid yang diubah tubuh kita menjadi vitamin A. Yang mana memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan sel, dan mengaktifkan enzim metabolisme karsinogen.

Wortel juga mengandung luteolin, fitokimia flavonoid yang memberikan efek antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker. Wortel juga merupakan sumber folat, serat makanan, dan beberapa vitamin dan mineral lainnya.

Berikut ini nutrisi lainnya yang terkandung dalam 100 g wortel:

  • Kalori: 41 kalori
  • Protein: 0,9 g
  • Karbohidrat: 9,6 g
  • Gula: 4,7 g
  • Serat: 2,8 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Vitamin A: 248% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 13% dari AKG
  • Vitamin E: 4% dari AKG
  • Vitamin K: 21% dari AKG
  • Riboflavin: 4% dari AKG
  • Niacin (vitamin B3): 6% dari AKG
  • Vitamin B6: 9% dari AKG
  • Folat (vitamin B9): 6% dari AKG
  • Kalsium: 4% dari AKG
  • Zat Besi: 2% dari AKG
  • Magnesium: 4% dari AKG
  • Potasium: 4% dari AKG

Baca Juga: Manfaat Selada: Sayuran Daun Kaya Nutrisi ‘Sahabat’ Diet

Manfaat/Khasiat Wortel

manfaat wortel, khasiat wortel
Sumber Gambar: Medical News Today

Kandungan nutrisi yang ada didalam wortel tentunya membuat sayuran ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa wortel dapat meningkatkan penglihatan, meningkatkan kesehatan kulit, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Berikut ini manfaat penting lainnya yang akan kamu dapatkan saat rutin mengonsumsi wortel:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Wortel telah dianggap sebagai obat tradisional yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penglihatan.

Wortel kaya akan lutein dan likopen yang membantu menjaga kesehatan penglihatan. Jumlah vitamin A yang tinggi juga membantu meningkatkan penglihatan.

Jika seseorang kekurangan vitamin A terlalu lama, segmen luar fotoreseptor mata mulai memburuk yang akan menyebabkan rabun senja.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Wortel mengandung banyak senyawa yang bersifat antikanker. Beberapa dari senyawa ini termasuk beta-karoten dan karotenoid lainnya.

Senyawa ini mampu meningkatkan kekebalan dan mengaktifkan protein tertentu yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa jus dari wortel juga dapat melawan leukemia.

Karotenoid yang ada dalam wortel dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, prostat, paru-paru, dan payudara pada wanita.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sayur wortel kaya akan karotenoid. Selain dapat mengurangi risiko kanker, penelitian menunjukkan bahwa buah dan sayuran yang kaya senyawa ini dapat memperbaiki penampilan kulit dan juga membantu seseorang terlihat relatif lebih muda.

Namun, konsumsi sayuran ini secukupnya saja, sebab terlalu banyak mengonsumsi wortel (atau makanan lain yang tinggi karotenoid) dapat menyebabkan kondisi yang disebut karotenemia, di mana kulit kamu tampak kuning atau oranye.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Wortel mentah dan segar mengandung sekitar 88% air dan hanya memiliki sekitar 25 kalori. Karenanya, memasukkan wortel ke dalam makanan kamu adalah cara cerdas untuk mengisi perut tanpa menambah kalori yang berlebihan.

Wortel juga kaya akan kandungan serat. Dalam sebuah penelitian, makanan yang mengandung wortel utuh atau campuran menghasilkan tingkat rasa kenyang yang lebih tinggi pada subjek uji.

5. Membantu Pengobatan Diabetes

Mengikuti diet yang sehat dan seimbang dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian, kadar vitamin A dalam darah rendah ditemukan pada penderita diabetes. Kelainan dalam metabolisme glukosa memerlukan peningkatan kebutuhan untuk melawan stres oksidatif. Wortel mengandung tinggi vitamin A dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Kandungan serat dalam wortel juga dapat membantu penderita diabetes. Studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada penderita diabetes.

alat pemotong salad
Ingin memotong sayuran dengan lebih praktis dan tanpa pegal? Coba yuk!

Baca Juga: Manfaat Tomat: Buah Setia dengan Khasiat Tak Terkira

6. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Wortel mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Wortel juga mengandung vitamin C yang berkontribusi pada produksi kolagen untuk mempercepat penyembuhan luka.

Seperti vitamin A, vitamin C juga mendorong peningkatan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu akan terhindar dari penyakit dan virus.

7. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Mengonsumsi wortel dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh kamu yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Wortel mentah juga kaya serat yang disebut pektin yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

8. Meningkatkan Kesehatan Hati dan Menghilangkan Racun

Wortel mengandung glutathione, antioksidan ditemukan berpotensi untuk mengobati kerusakan hati yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Sayuran ini juga tinggi flavonoid tumbuhan dan beta-karoten, yang keduanya merangsang dan mendukung fungsi hati secara keseluruhan. Beta-karoten dalam wortel juga dapat memerangi penyakit hati.

9. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat makanan yang signifikan dalam wortel berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Serat dapat membuat pencernaan kamu lebih lancar dan mencegah penyakit terkait pencernaan seperti sembelit.

10. Dapat Membantu Mengobati Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah kelainan hormonal yang umum terjadi pada wanita usia reproduksi. Wortel adalah sayuran non-tepung dengan indeks glikemik rendah, menjadikannya pengobatan yang baik untuk penderita PCOS.

11. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengunyah wortel dapat meningkatkan kebersihan mulut. Beberapa juga percaya bahwa wortel dapat menyegarkan napas.

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa wortel dapat menetralkan asam sitrat dan malat yang biasanya tertinggal di mulut dan meningkatkan kesehatan mulut.

Baca Juga: Manfaat Kecipir: Sayur Lokal Langka yang Hampir Terlupa

Cara Konsumsi Wortel

cara makan wortel, cara konsumsi wortel
Sumber Gambar: Foodal

Wortel adalah sayuran serbaguna, kamu bisa mengonsumsinya secara mentah, dikukus, direbus, dipanggang, dijus, atau sebagai bahan untuk campuran sup dan salad.

Salah satu cara untuk mengonsumsi wortel agar kandungan gizinya tidak berkurang adalah dengan memakannya secara mentah atau dikukus.

Namun, jika kamu bukan penggemar sayuran mentah, berikut ini cara lainnya untuk konsumsi wortel:

  • Wortel dalam Salad

Rebus wortel lalu parut untuk dicampurkan ke dalam salad. Campurkan parutan wortel dengan sayur-sayuran lainnya lalu siram dengan saus salad kesukaanmu.

  • Makanan Panggang

Tambahkan wortel mentah parut ke makanan yang dipanggang, seperti kue dan muffin.

Kamu bisa mencampurkan parutan wortel ke dalam adonan kue atau muffin dan tambahkan kacang-kacangan sebagai topping untuk hasilkan kue yang enak dan sehat.

  • Smoothie Wortel

Dibuat jus atau smoothie wortel. Untuk membuat jus wortel kamu hanya perlu memblender wortel dengan air atau ditambahkan buah-buahan lainnya seperti nanas.

Sementara untuk membuat smoothie wortel kamu bisa blender wortel, susu atau yogurt, dan madu.

  • Wortel dalam Sup

Dimasukkan ke dalam sup. Hidangan sup ayam rasanya tidak lengkap tanpa potongan wortel.

Sup ayam dengan campuran wortel, kentang, dan buncis merupakan hidangan sehat yang mudah dibuat dan bergizi lengkap.

Baca Juga: Manfaat Asparagus: Sayur Sedap, Bernutrisi Lengkap

Wortel umumnya dianggap aman untuk dimakan tetapi mungkin memiliki efek buruk pada beberapa orang. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung karoten seperti wortel dapat menyebabkan kulit menjadi sedikit kuning atau oranye, meski tidak berbahaya.

Sebaiknya, konsumsi wortel secara rutin dalam jumlah yang cukup. Bagi kamu yang ingin membeli wortel ataupun sayur dan buah-buahan lainnya, kamu bisa mendapatkannya lewat Tokopedia. Lebih hemat, dan langsung diantar ke rumah!

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra

© 2009-2024, PT Tokopedia