Martha Puri, Mengubah Hobi jadi Profesi Lewat Ideku Handmade

54
Martha Puri, Mengubah Hobi Jadi Profesi

Hobi bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Hal ini dibuktikan oleh Martha Puri, pemilik brand Ideku Handmade yang dikenal lewat produk kerajinan tangan dengan ilustrasi kartun warna-warni yang unik dan menggemaskan.

Tak hanya sebagai usaha, Ideku handmade juga menjadi sarana aktualisasi diri bagi Puri. “Dari dulu tuh aku suka banget menggambar dan bikin prakarya. Melalui Ideku Handmade, aku jadi bisa jalanin hobi sekaligus mendapatkan penghasilan,” cerita Puri.

Awalnya Puri sempat ragu dengan dirinya sendiri, apalagi ilustrasi yang ia buat adalah kartun yang seringkali dianggap sebagai gambar anak-anak oleh sebagian orang. Meski begitu, Puri tidak lantas mendengarkan komentar negatif, ia lebih memilih untuk mengembangkan hobinya.

Tak disangka, produk yang ia buat justru dipandang unik dan banyak diminati. Semakin lama, Puri semakin mengembangkan produk yang ia miliki hingga akhirnya kini bisa mengkaryakan 12 orang untuk membantu produksi.

Seiring meningkatnya permintaan, Puri kewalahan untuk mengurus administrasi pesanan seperti mengecek pembayaran, membalas chat konsumen, dan lain sebagainya. Saat itu, ia tertarik menggunakan Tokopedia.

“Pas ketemu Tokopedia aku sempat ragu kira-kira ini prosesnya gimana, apakah susah atau tidak, tapi ternyata mudah dan serba otomatis. Aku nggak perlu cek transfer satu persatu, waktu aku jadi bisa menghemat waktu,” cerita Puri.

Hingga saat ini, Puri memilih Tokopedia untuk berjualan. Ia juga sering berpartisipasi dalam acara Tokopedia, salah satunya adalah MAKERFEST. Bersama Tokopedia, ia tak ragu untuk berbagi pengalaman dan inspirasi kepada banyak orang di berbagai kota.

“Ketika hendak memulai usaha, yang penting adalah mulai dulu, semangat, dan niat,” kata Puri.

Simak cerita Puri selengkapnya:

Bagikan Artikel