15 Makanan Khas Rusia yang Unik dan Lezat untuk Sambut Piala Dunia

269
Masakan / Makanan Khas Negara Rusia

Makanan Khas Negara Rusia – Piala Dunia 2018 akan dimulai beberapa hari lagi, dan pastinya kamu sudah tahu negara mana yang menjadi tuan rumah tahun ini kan? Ya, Rusia! Salah satu negara dengan luas terbesar di dunia ini tidak hanya memiliki budaya dan tempat wisata yang beragam, tetapi juga masakan khas ternyata punya cita rasa yang unik dan lezat!

Penasaran ada apa saja? Yuk, simak daftar makanan khas negara Rusia yang wajib kamu coba di bawah ini!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Pizza Sederhana dengan Teflon

Masakan dan Makanan Khas Negara Rusia

1. Beef Stroganoff

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: Genius Kitchen

Beef stroganoff merupakan salah satu makanan Rusia yang terkenal, bahkan popularitasnya cukup tinggi di negara-negara lain. Beef stroganoff berupa daging tumis yang dimasak dengan smetana atau krim asam. Rasanya yang creamy dan lezat menjadikan beef stroganoff masakan favorit di negara Rusia sepanjang masa.

2. Pelmeni

Makanan Rusia yang terkenal berikutnya adalah pelmeni. Bentuknya mungkin mengingatkan kamu akan pangsit khas Indonesia, tetapi pelmeni ini memiliki cita rasa yang berbeda, lho. Biasanya, pelmeni diisi dengan daging babi, sapi, domba, salmon, atau bahkan jamur. Pelmeni dapat dimakan langsung atau disajikan dengan kuah kaldu.

3. Blini

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: Food To Love

Blini merupakan pancake tradisional khas Rusia yang biasanya memakai topping yang tidak biasa, seperti caviar, krim asam dan salmon panggang. Cita rasanya yang khas membuat blini diburu oleh banyak orang, termasuk turis dari luar Rusia.

4. Pirozhki

Masakan khas Rusia ini menyerupai bakpau, dan biasanya memiliki isian yang sama dengan pelmeni. Jika kamu berkunjung ke Rusia, kamu wajib mencoba pirozhki ini. Selain karena rasanya yang lezat, harganya yang murah dan mudah ditemui di mana saja menjadikan salah satu makanan Rusia yang terkenal ini favorit bagi masyarakat Rusia.

5. Salad Olivier

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: The Moscow Times

Kalau kamu ingin mencari makanan lezat yang sehat, salad Olivier jawabannya. Salad khas Rusia ini terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kentang, acar, timun, kacang polong, dan telur, yang kemudian dipadukan dengan krim asam atau mayones.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Menarik di Rusia, Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2018

6. Borscht

Saat musim dingin tiba, sup beetroot khas Rusia ini pasti menjadi hidangan wajib yang paling pas disajikan selagi masih panas. Rasa kaldunya yang unik, gurih dan lezat menjadikan borscht menu andalan warga Rusia untuk menghangatkan tubuh di musim dingin.

7. Solyanka

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: The Spruce Eats

Satu lagi sup khas Rusia yang wajib kamu coba, yakni solyanka. Makanan ini memiliki cita rasa asam dan sedikit pedas. Umumnya, solyanka dimasak dengan ikan, daging, atau jamur, dan dibumbui dengan acar, bawang, rempah-rempah ala Rusia, dan krim asam.

8. Golubtsy

Golubtsy merupakan makanan khas negara Rusia yang terdiri dari daging diiris tipis dibalut dengan kol, kemudian di-steam atau direbus hingga matang, dan disajikan dengan krim di bagian atas untuk membuat rasanya semakin lezat. Makanan ini bisa ditemukan di hampir semua bagian Eropa Timur.

9. Khachapuri

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: Tasting Table

Khachapuri merupakan roti renyah yang dibentuk mirip seperti perahu boat, di mana di tengahnya diberi telur setengah matang dan beberapa jenis keju (biasanya 4-5 jenis keju) yang dilelehkan. Makanan Rusia yang terkenal ini akan sangat nikmat disantap hangat dan untuk sarapan di pagi hari.

10. Shashlik

Shashlik merupakan sate khas Rusia yang biasanya menggunakan daging babi. Namun, kamu bisa menggantinya dengan daging sapi, kambing, atau apapun sesuai selera. Makanan asli Rusia ini biasanya disajikan dengan menggunakan berbagai macam bumbu yang ditambahkan anggur merah, cuka, ataupun jus delima.

Baca Juga: 10 Desain Jersey Piala Dunia 2018 Paling Keren dan Makna di Dalamnya

11. Morozhenoe

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: Truly Russia

Morozhenoe adalah es krim lezat khas Rusia yang diklaim memiliki cita rasa lebih creamy dan gurih dibandingkan es krim lainnya. Ini merupakan satu dari sekian banyak makanan Rusia yang terkenal yang bisa kamu temukan dijajakan di hampir setiap tempat di kota Moskow, dan umumnya ditawarkan dalam rasa cokelat atau stroberi.

12. Potato Okroshka

Potato okroshka adalah sop yang terbuat dari buttermilk (susu olahan dari mentega dan krim yang difermentasi), kentang, bawang, dan dipercantik dengan dill atau adas sowa. Makanan asli Rusia ini memiliki rasa yang begitu lezat, gurih dan lembut, mungkin mirip cream soup.

13. Khinkali

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: Chesnok

Khinkali merupakan makanan mirip dumpling atau salah satu jenis dim sum, yang di dalamnya diisi dengan daging cincang dan cilantro (daun mirip seledri). Meski mirip makanan khas Tiongkok, makanan asli Rusia ini punya cita rasa yang khas Eropa Timur.

14. Zharkoye

Zharkoye merupakan makana yang hampir mirip dengan sayur sop rumahan di Indonesia. Makanan asli Rusia ini dibuat dari daging, kentang, dan wortel, yang dilengkapi bumbu dari bawang putih, parsley, seledri, cengkeh, serta daun dill. Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan sour cream. Makanan ini mudah dibuat dan mengandung banyak sekali rempah, sehingga cocok dikonsumsi saat udara dingin.

15. Knish

Masakan / Makanan Khas Negara Rusia
Sumber Gambar: Edible East End

Knish merupakan pastry yang bagian dalamnya diisi mashed potato, daging cincang, bawang bombay, dan keju. Makanan khas negara Rusia yang satu ini sangat mudah dan umum dikonsumsi di Rusia, bahkan kamu bisa menemukannya dengan mudah di hampir seluruh wilayah Eropa Timur.

Baca Juga: 32 Tim Peserta Piala Dunia 2018, Rekam Jejak, Pemain Kunci, dan Pelatihnya

Itulah masakan khas Rusia yang unik, lezat, dan tidak boleh kamu lewatkan kalau sedang berkunjung ke Rusia. Mungkin masakan khas Rusia masih jarang kita jumpai di Indonesia, tapi tentunya kamu masih bisa cari resepnya dan belajar masak sendiri di rumah. Sebelum masak, pastikan kamu sudah beli peralatan dan bumbunya di Tokopedia!