Mengenal Fitur Tokopedia: Notifikasi Harga

224

Hai, Toppers. Suntuk gara-gara ga ada kerjaan di kantor? Kalau lagi begini enaknya cuci mata sebentar. Ngelirik cogan? Habisnya, tiap hari ketemunya sama si itu-itu aja di kantor.

Cuci mata dengan window shopping, dong. Tapi ga mungkin kan kamu ngacir ke mall dulu. Mending kantornya office building yang tepat di atas gedung mall, atau setidaknyan tetanggaan. Kalau jauh dari peradaban, apa kabar?

BoredAtJob

Mau window shopping, tapi lagi ga bisa kemana-mana? Ke Tokopedia aja. Tinggal akses www.tokopedia.com dari browser PC atau perangkat mobile kamu. Jutaan produk dari berbagai kategori: pakaian, fashion-aksesoris, kosmetik, perawatan bayi, handphone dan tablet, sampai mainan ada semua.

Rainbow Puke

Terus dari yang niatannya cuma window shopping, akhirnya kamu naksir sama sebuah casing & cover handphone. Tapi… Gaji udah abis dong gara-gara kalap belanja baju diskonan Imlek kemarin. Terpaksa mesti nunggu gajian berikutnya deh baru bisa add to cart si casing. Haduh, gajian masih lama pula!

Note: Gambar produk casing jangkar kapal unyu di atas cuma random sample aja. Jangan langsung dicari ya, ga bakal ketemu di Tokopedia. Hehe.

Lalu beberapa minggu kemudian, tanggal gajian tiba! Akhirnya kamu bisa beli casing handphone idaman nih! Oh, akan tetapi… setelah sekian lama berlalu sejak pertemuan pertama yang manis itu, kamu malah lupa nama casingnya apa. Nah, lho!

Lupa Lupa Lupa

Kalau sudah begitu, akhirnya kamu cuma bisa tersenyum getir (biar dramatis gitu) di depan monitor. Nasib, nasib… Ini sih ibarat sepintas ngeliat baju lucu di Mangga Dua, tapi begitu balik dari narik duit di ATM, kamu ga ketemu lagi tokonya di mana saking satu lantai isinya toko baju semua.

Eits, sebenarnya kejadian naas ini ga bakal terjadi kalau kamu pakai fitur Notifikasi Harga (Price Alert). Tahu fitur bookmark halaman web di browser? Singkat kata seperti itulah fungsi fitur Notifikasi Harga, untuk menyimpan list halaman produk Tokopedia yang mungkin pengen kamu beli di kemudian hari. Kayak gini nih contoh penampakan list produknya:

List Notifikasi Harga

Kalau ada list gini kan ga bakal ada kejadian nggak nemu produk idaman lagi.

Ingin membuat list produk-produk incaranmu? Yuk ikuti langkah-langkah mudah ini:

Tutorial Notif Harga 1

Arahkan kursor mouse ke kanan. Di deretan menu yang tidak diburamkan kamu bisa melihat tombol BELI, harga produk serta kapan terakhir kali update harga, dan tepat di bawahnya lagi ada tombol Notifikasi Harga. Begitu mengklik Notifikasi Harga, akan muncul pop-up seperti di bawah.

Tutorial Notif Harga 2

Masukkan harga yang kamu inginkan (sebagai contoh: Rp 300.000,-) lalu klik tombol TAMBAH. Tapi ini bukan fitur untuk melakukan tawar-menawar, lho. Jadi ga akan ada balasan dari penjual yang nawar balik, “340 aja deh, Mbak…” dan seterusnya. Fungsi sebenarnya adalah untuk memberimu notifikasi jika suatu hari harga produk tersebut turun menjadi Rp 300.000,-

Turun Harga - Sesuatu Banget!

Bagaimana bentuk notifikasinya kalau produk tersebut sudah (sebagai contoh) turun menyentuh harga yang kamu inginkan, yaitu sebesar Rp 300.000,-? Lihat tampilannya di gambar bawah.

Tutorial Notif Harga 3

Notifikasi Harga akan muncul di dua tempat sekaligus:

  1. Di deretan icon kanan-atas halaman website Tokopedia, tepatnya icon amplop di samping menu BANTUAN. Kalau kamu mengarahkan kursor ke icon tersebut, akan muncul dropdown seperti yang diberi kotak merah.
  2. Di sisi kiri (Kotak Masuk) menu utama profilmu, tepatnya di bawah menu Toko Favorit.

Tutorial Notif Harga 4

Setelah mengklik menu Notifikasi Harga, tampilan halawan website-mu akan berubah jadi seperti ini. Nah, muncul kan harga casing handphone-nya? Di contoh ini, kamu mendapat notifikasi karena pihak penjual menurunkan harga produk menjadi Rp 299.000,- atau selisih satu rupiah dengan harga yang kamu inginkan. Jika sewaktu-waktu penjual menurunkan harga lagi, kamu akan kembali mendapat notifikasi.

Tips: Kalau kamu ingin selalu mendapat notifikasi (entah berapapun produk yang bersangkutan turun harganya), samakan aja nominal kolom ‘harga yang diinginkan’ dengan harga yang sekarang di-display oleh si penjual.

Oh iya, ngomong-ngomong soal Notifikasi Harga, ada berita bagus bagi pengguna Gold Merchant. Semua Price Alert dari para calon pembeli untuk produk-produk kamu bisa dilihat di kolom Wawasan Notifikasi Harga, lho. Ga cuma itu aja, kamu juga bisa memantau setiap Notifikasi Harga dari semua katalog yang ada di Tokopedia.

Gimana, Toppers? Teringat dengan produk-produk incaran yang harus kamu masukkan di list Notifikasi Harga? Ayo pakai fitur ini sekarang, supaya ga ada acara lupa-nama-casing seperti kejadian di atas.

Happy (window) shopping, Toppers!

Bagikan Artikel