Mengenal 6 Jenis-jenis Lensa Tambahan untuk Kamera Smartphone

1590

Jenis Lensa Tambahan untuk Smartphone – Saat ini fotografi tidak hanya sebatas menggunakan kamera DSLR dan kamera mirrorless, namun juga bisa dilakukan dengan kamera smartphone. Sayangnya, foto yang diambil dengan menggunakan kamera ponsel belum tentu sebagus foto yang diambil dengan kamera profesional.

Namun, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang tidak kalah bagusnya dengan kamera SLR dengan menggunakan lensa tambahan pada kamera ponsel pintar kamu. Sebelumnya, cari tahu dulu yuk jenis-jenis lensa tambahan untuk smartphone berikut dengan fungsinya!

Baca Juga: Cara Membuat Foto Bokeh Terbaik dengan Kamera Smartphone

Jenis Lensa Tambahan untuk Smartphone

1. Lensa Fish Eye

jual lensa fish eye/fish eye lens
Foto lebih maksimal dengan lensa fish eye terbaik di sini!

Lensa fish eye merupakan lensa wide angle (sudut lebar) berbentuk cembung yang bisa menangkap objek foto dengan sudut 180 derajat dan memiliki titik kedalaman (depth of field) yang hampir tidak terbatas.

Sesuai dengan namanya yang berarti “mata ikan”, lensa ini memberikan efek yang unik pada foto yang dihasilkan, yaitu efek bulat sama seperti pandangan mata ikan. Karena menghasilkan foto yang berbentuk melingkar, lensa fish eye akan membuat objek foto seolah-olah seperti hidup dalam gelembung.

2. Lensa Telephoto (Tele)

JUAL LENSA TELE SMARTPHONE
Dapatkan foto dari jarak jauh dengan detail dan berkualitas tinggi berkat lensa tele smartphone terbaik di sini!

Memotret objek berjarah jauh dengan menggunakan fitur digital zoom bawaan kamera smartphone terkadang membuat hasil foto menjadi blur dan detailnya rendah. Hal tersebut karena tidak semua kamera smartphone dilengkapi dengan fitur digital zoom yang berkualitas tinggi.

Nah, untuk mendapatkan hasil foto jarak jauh yang berkualitas, kamu bisa menggunakan lensa tele sebagai tambahan. Lensa tele yang juga sering disebut lensa zoom ini berfungsi untuk mendapatkan fokus yang maksimal saat mengabadikan objek yang berada cukup jauh dari kamera.

Lensa ini berbentuk teropong yang cukup panjang dengan kemampuan zoom yang beragam, mulai dari 8 kali zoom hingga 20 kali zoom. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan objek foto yang jelas meski dari kejauhan. Menarik bukan?

3. Lensa Macro

jenis lensa tambahan untuk smartphone
Sumber Gambar: YouTube/The Deal Guy

Lensa yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, terutama untuk penggemar fotografi. Dengan lensa macro, kamu bisa mengambil objek yang berbentuk kecil namun dengan detail yang tinggi. Lensa macro berfungsi untuk memberikan fokus dalam objek yang sangat dekat dengan lensa kamera.

Lensa ini sangat cocok digunakan untuk mengambil foto objek-objek yang ukurannya kecil, seperti serangga.

aksesoris pelindung handphone - waterproof
Berenang sambil foto-foto di dalam air? Tak masalah, ini solusinya!

Baca Juga: 10 Model Kamera Instan Terbaik dengan Harga yang Ramah Kantong

4. Lensa Wide

jual lensa super wide handphone
Foto dengan sudut pandang lebar maksimal hanya menggunakan ponsel? Ini solusinya!

Sesuai dengan namanya, lensa ini bisa mencakup sudut gambar yang luas, sehingga lensa wide bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto. Karena bisa menjangkau area yang lebar, lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret foto pemandangan atau landscape.

Pada penggunaan dan penjualannya, lensa wide biasanya disatukan dengan lensa macro.

5. Lensa 3-in-1

jenis lensa tambahan untuk smartphone
Sumber Gambar: iMore

Sesuai dengan namanya, lensa tambahan untuk smartphone ini memiliki lebih dari satu fungsi. Dengan lensa 3-in-1, biasanya kamu bisa punya lensa yang berkemampuan fisheye, wide angle dan makro sekaligus.

Dengan begini, kamu tidak perlu repot-repot mengganti dari satu lensa ke lensa lainnya. Sangat unik ya?

6. Lensa 360 Derajat

jenis lensa tambahan untuk smartphone
Sumber Gambar: Android Central

Ini merupakan jenis lensa yang baru-baru ini muncul. Karena memang kemampuannya lebih kompleks dibanding lensa yang telah disebutkan di atas. Dengan lensa 360 derajat atau panoramic camera, kamu bisa menghasilkan konten video atau foto secara tiga dimensi.

Biasanya, jenis lensa tambahan ini digunakan oleh content creator dan harganya lebih mahal dibanding lensa biasa.

Baca Juga: Perbandingan iPhone XS dan iPhone XR, serta iPhone XS Max

Bagi yang belum punya lensa-lensa tambahan di atas, buruan beli yuk dengan cek Tokopedia. Temukan aneka ragam lensa kamera dari online shop terpercaya se-Indonesia. Produknya sudah pasti lengkap, lebih murah, dan pastinya belanjanya lebih aman!

smartphone kamera bokeh
Foto bokeh cuma pakai handphone? Dapatkan smartphone dual camera terbaik di sini!