Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care

0
599

Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa berkarya? 

Era modern seperti saat ini menepis anggapan bahwa sosok ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah dan keluarga. Nyatanya, seorang Ibu Rumah Tangga juga tetap bisa mengasah kemampuan diri dan potensi yang dimiliki. Hal ini terbukti dengan adanya program NakaBunda Tim Tokopedia Care yang digagas langsung oleh Vice President of Customer Excellence, Rudy Dalimunthe. Program ini berawal dari kepeduliannya terhadap potensi ibu rumah tangga yang masih ingin tetap bekerja dan berkontribusi untuk keluarga namun tidak dapat meninggalkan aktivitas dan tanggungjawabnya di rumah. 

Para NakaBunda yang tergabung dalam Tokopedia Care memiliki latar belakang pengalaman kerja, dan usia pendidikan yang berbeda-beda. Pertama kali hadir di Tokopedia Care pada bulan Oktober 2019 lalu, kini NakaBunda sudah beranggotakan 9 ibu rumah tangga yang luar biasa. 

Banyak hal menarik dari masing-masing anggota NakaBunda, salah satunya adalah cerita dari Suryatmi. Sebelum bergabung dengan NakaBunda, Suryatmi memiliki 20 (dua puluh) tahun pengalaman di bidang food and beverages. Sebelum memutuskan untuk mengurus keluarga, Ia sempat menjadi Asisten Manajer di salah satu restoran fastfood yang ada di Jakarta. Jenjang karir tersebut tentunya tidak ia dapatkan dengan mudah, ada ketekunan dan kegigihan yang terus ia upayakan.  

Sebelum bergabung dengan NakaBunda, Suryatmi memiliki 20 (dua puluh) tahun pengalaman di bidang food and beverages.

Namun, Suryatmi terpaksa harus melepaskan karirnya ketika sang suami jatuh sakit dan mengharuskannya untuk menjadi ibu rumah tangga dan membangun usaha untuk menghidupi keluarga. Sempat terbersit rasa rindu dalam diri Suryatmi untuk kembali bekerja dan mengejar karir. Keinginan tersebut kemudian terjawab kala ia mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu bagian dari NakaBunda Tim Tokopedia Care. Di usianya saat ini, Suryatmi merasa senang dan bangga karena masih memiliki kesempatan untuk tetap aktif dan berkarya, dengan membantu pelanggan di Tokopedia. 

NakaBunda hebat lainnya adalah Masuwati, sosok yang dulunya pernah menjadi mahasiswa berprestasi di sekolah Aviasi Penerbangan. Bukannya menggeluti bidang tersebut, Masuwati justru meniti karir di perusahaan leasing hingga menjadi seorang Supervisor. 

Masuwati pernah menjadi mahasiswa berprestasi di sekolah Aviasi Penerbangan.

Perjalanan karir Masuwati tergolong cepat dan lancar hingga beberapa kali mendapatkan promosi di level Deputy of Operational yang membuatnya harus ditugaskan ke luar kota. Bagi sebagian orang, kesempatan tersebut adalah sebuah kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan, namun tidak demikian dengan Masuwati. Ia memilih untuk menolak tawaran tersebut dan memprioritaskan diri menjalankan kewajibannya sebagai Ibu rumah tangga, mengurus buah hati, dan suaminya. 

Beberapa waktu setelah melepas karir, Masuwati menjadi full time mother. Keputusannya untuk fokus pada keluarga ternyata justru membuka kesempatan lain: bergabung menjadi NakaBunda Tim Tokopedia Care. Setelah mengetahui bahwa ia bisa menjalankan karir dari rumah, Masuwati langsung mengiyakan tawaran tersebut. Ia senang karena dapat aktif berkarir seperti sebelumnya, dengan tetap bisa berada dekat dengan keluarganya. 

Seperti halnya Suryatmi dan Masuwati, anggota NakaBunda lainnya, Gloria juga memiliki cerita yang tak kalah hebat. Seorang Ibu dengan tiga anak ini merupakan seorang Ibu yang sangat tangguh. Gloria memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang Akuntan dan sempat bekerja sebagai Admin di salah satu butik olahraga nasional. 

Ketika menikah, prioritas Gloria berubah. Keluarga menjadi bagian penting dalam hidup yang ingin ia nomorsatukan. Ia lantas memilih untuk menjalankan perannya sebagai Ibu rumah tangga, khususnya untuk fokus mengurus anak pertamanya yang walaupun memiliki kebutuhan khusus karena gangguan pendengaran yang dimiliki, namun sangat berprestasi dalam dunia seni. 

Gloria memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang Akuntan dan sempat bekerja sebagai Admin di salah satu butik olahraga nasional. 

Anak pertamanya yang bernama Ado merupakan seorang pelukis yang karyanya sempat ditampilkan pada acara Makerfest Tokopedia tahun 2018 lalu sebagai perwakilan dari Theableart, salah satu social enterprise yang berkolaborasi dengan seniman difabel untuk mereproduksi hasil lukisan mereka ke produk-produk siap pakai dan bernilai tinggi. Melihat anaknya memiliki prestasi yang luar biasa, Gloria menjadi lebih semangat untuk mengembangkan diri demi memberikan kehidupan yang baik untuk keluarga. Dengan bergabung dengan NakaBunda, tidak hanya mendapatkan rezeki untuk keluarga, ia juga dapat memerhatikan perkembangan ketiga putranya berkat waktu kerja yang lebih fleksibel dan dapat dikerjakan di rumah. 

NakaBunda bukan hanya sebuah program untuk Ibu rumah tangga yang sekadar memberikan pekerjaan. NakaBunda juga memberikan nilai lebih dengan memberikan bukti bahwa kesuksesan dapat diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses, sesuai dengan mimpi besar Tokopedia yaitu untuk memberikan kesempatan yang sama bagi siapapun untuk menciptakan peluang. Tokopedia Care sendiri turut mengimplementasikan mimpi tersebut melalui program NakaBunda yang membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi siapa saja, tanpa terkecuali Ibu rumah tangga yang ingin berkontribusi, membantu semua orang untuk menciptakan mimpi, dan memberikan pelayanan terbaik ke seluruh pengguna Tokopedia. 

Cerita dari NakaBunda tim Tokopedia Care memperlihatkan bagaimana Ibu rumah tangga dapat terus berkarya, meraih mimpi, pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan, hingga menentukan pilihan-pilihan yang sulit dalam hidupnya. Mereka membuktikan bahwa tidak ada batasan untuk terus berkembang dan menggali potensi diri yang dimiliki. Seperti layaknya semangat juang RA. Kartini yang telah mengupayakan kesetaraan yang sama antara perempuan dan laki-laki. Hari ini, kita para perempuan tidak memiliki batasan untuk terus belajar, mengejar harapan, melakukan hal yang kita percaya benar, dan mengasah kemampuan diri. Perempuan pasti bisa!

Tonton cerita mereka selengkapnya melalui video berikut:

Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan hebat dan tangguh di Indonesia!