Mau Menikah? Pastikan Kamu Persiapkan 10 Biaya Pernikahan Berikut

3256
biaya pernikahan

Ingin menikah dan sedang menyiapkan biaya? Simak tips dan cara menghitung biaya pernikahan yang harus kamu persiapkan berikut ini!


Menghitung Biaya PernikahanPernikahan merupakan salah satu momen paling ditunggu-tunggu dan berharga dalam hidup. Menjatuhkan hati dan pilihan kepada seseorang kita sayang, tentunya membuat hidup terasa lebih nyaman.

Namun, sebelum melaksanakan pernikahan, tentunya kamu harus berpikir matang-matang. Tak hanya tentang pilihan jodoh idaman, tapi juga tentang biaya pernikahan yang harus kamu keluarkan.

Banyak biaya pernikahan harus kamu ketahui selain gedung dan makanan. Apa saja biaya itu? Yuk, simak 10 biaya pernikahan yang harus kamu persiapkan!

Baca Juga: 9 Hal yang Harus Didiskusikan sebelum Menikah dengan Pasangan

Persiapan Biaya Pernikahan

1. Biaya Keperluan KUA

persiapan biaya pernikahan
Sumber Gamabar: Megapixel Stock

Nah ini merupakan salah satu biaya penting namun jarang disadari dapat cukup menghabiskan biaya. Ketika menikah dan mencatatkan di KUA, kamu tentunya harus mengumpulkan beberapa persayaratan, berbagai keperluan berkas seperti fotokopi dan berbagai surat-surat.

Tak hanya bagian untuk mengumpulkan persyaratan, tapi juga mengeluarkan biaya untuk melakukan pengesahan, seperti jika kamu melakukan di luar kantor dan jam kerja KUA, yaitu dengan biaya sekitar Rp 600.000.

Biaya ini wajib kamu cantumkan dan persiapkan dalam perincian biaya pernikahan ya!

2. Cincin Pernikahan

Meski terlihat kecil, biaya untuk cincin pernikahan dan juga mas kawin nggaklah murah, lho! Dalam mempersiapkan biaya pernikahan, selalu pertimbangkan biaya mas kawin dan juga cincin atau mas kawin yang akan digunakan sebagai perlambang sahnya pernikahan kamu.

Mulai dari cincin emas hingga cincin palladium yang tentu memiliki harga lebih bersahabat bisa jadi pilihan untuk dijadikan cincin pernikahan.

3. Gaun, Kostum, dan Tata Rias Pengantin

Siapa yang nggak ingin memberikan tampilan terbaiknya pada saat hari pernikahan? Untuk itu, jangan lupa untuk menyiapkan biaya pernikahan khusus untuk gaun pengantin, jas pengantin, hingga biaya jasa make up artist untuk memastikan kalian tampil sempurna di hari pernikahan.

Selain untuk kedua mempelai, kedua orang tua dan keluarga inti lain juga perlu masuk dalam penghitungan biaya pernikahan untuk aspek ini ya.

Jika kamu memiliki bridesmaid dan bestman, maka biaya pernikahanmu juga nggak boleh lupa dialokasikan untuk bagian ini.

4. Undangan

persiapan biaya pernikahan
Sumber Gambar: John Mark-Smith

Salah satu elemen pernikahan wajib kamu ingat dan tambahkan pada biaya pernikahan adalah undangan. Tentunya agar para tamu tahu mengenai acara pernikahan yang dilaksanakan, harus melalui undangan kan?

Kini berbagai jenis tampilan undangan dapat kamu pilih dari bermacam-macam vendor atau percetakan. Tentunya, untuk hasil undangan lebih baik kamu harus merogoh kocek lebih dalam, mulai dari desainer hingga proses percetakan.

Tapi, sejumlah opsi lebih hemat seperti desain sendiri, sehingga kamu dapat langsung meminta masukan ataupun mencocokan dengan produsen undangan.

Selain hasil undangan, tentunya kamu harus membagikan undangan dan menyebarkan kepada para tamu kan? Pastinya proses pengiriman membutuhkan biaya, misalnya dengan ekspedisi ataupun kurir.

Biaya ini wajib kamu ketahui dan pertimbangkan dengan baik, seperti kamu antarkan sendiri untuk menghemat biaya, atau titipkan kepada satu orang dan meminta untuk disebar secara individu.

5. Dokumentasi

persiapan biaya pernikahan
Sumber Gambar: Slon Dot Pics

Kamu tentunya tak ingin hari bahagia kamu terlewati begitu saja tanpa ada foto ataupun video terbaik. Hal ini juga merupakan salah satu biaya pernikahan kamu juga harus ketahui dan persiapkan.

Bisa saja memang untuk lebih menghemat biaya, mengandalkan dari para sahabat ataupun tamu untuk melakukan dokumentasi pada acara pernikahan kamu, tapi pastinya akan banyak momen terlewat karena mereka juga memiliki urusan sendiri, seperti menyapa tamu dan berbincang dengan rekan.  

Jangan lupa juga bila kamu ingin melakukan foto pra-pernikahan, juga untuk dipersiapkan. Untuk menghemat, kamu tentunya bisa menggunakan dari satu jasa fotografi dan videografi selama masa persiapan hingga hari pernikahan, pastinya harga bisa dinegosiasikan!

jual souvenir pernikahan pilihan
Cari souvenir pernikahan paling unik dan berkesan? Temukan di sini!

Baca Juga: Lokasi Foto Pre-Wedding Terbaik di Indonesia

6. Musik atau Hiburan

menghitung biaya pernikahan
Sumber Gambar: Freestocks

Memang belum lengkap pernikahan tanpa ada hidangan makan ataupun sajian lain kepada para tamu. Tapi, acara pernikahan juga belum lengkap tanpa kehadiran iringan musik, baik dari band ataupun musisi tradisional, menghibur para tamu dengan nyanyian dan/atau dengung-dengung tradisional.

Musik merupakan salah satu biaya pernikahan wajib kamu rencanakan dengan matang, karena tentunya cukup menguras kantong apabila kamu tidak persiapkan jauh-jauh hari!

Opsi lain untuk meminimalisir pengeluaran dapat kamu lakukan dengan meminta bantuan teman atau rekan untuk membantu menghibur para tamu dan meramaikan acara, sehingga bisa kamu sebut dengan ‘harga teman.’ Ya kan?

7. Souvenir

menghitung biaya pernikahan
Sumber Gambar: Pixabay

Agar hari bahagiamu diingat oleh para tamu undangan, tentunya kamu harus memberikan souvenir pernikahan yang berkesan kepada mereka. Berbagai buah tangan dapat kamu pilih mulai dari harga murah sampai harga cukup mahal.

Jika ingin menghemat, kamu bisa memberikan souvenir umum seperti kipas, handuk dengan nama kedua mempelai, ataupun kalender kayu. Souvenir jenis tersebut tentunya tidak terlalu menghabiskan biaya pernikahan.

8. Biaya Kelebihan Waktu di Gedung

menghitung biaya pernikahan
Sumber Gambar: Negative Space

Bagi kamu mengundang banyak kerabat, tentunya salah satu biaya pernikahan berikut harus kamu persiapkan. Biasanya, pernikahan bertempat di gedung atau hotel diberikan durasi selama sekitar 2 jam. Namun, bila banyak undangan masih berdatangan hingga akhir acara, kamu harus mengeluarkan biaya untuk kelebihan waktu di gedung.

Tentunya, masing-masing vendor memiliki peraturannya sendiri, namun umumnya kamu harus membayar lebih untuk kompensasi terhadap segala pengeluaran seperti biaya overtime untuk para karyawan dan lainnya.

Jadi, kamu harus persiapkan biaya pernikahan ini untuk berjaga-jaga akan segala kemungkinan dapat terjadi pada hari-H.

9. Transportasi

menghitung biaya pernikahan
Sumber Gambar: Torsten Detlaff

Untuk mencapai lokasi pernikahan, kamu pasti membutuhkan kendaraan. Transportasi merupakan salah satu biaya pernikahan yang kamu wajib persiapkan. Tak hanya bagi kamu dan pasangan, namun juga ketika keluarga membutuhkan bantuan atau tumpangan lebih.

Kamu harus menyewa ataupun menggunakan sarana transportasi lain untuk mempermudah saudara atau kerabat dekat membantu dan mempersiapkan acara spesial bagi kamu dan pasangan. Sudah sewajarnya sebagai pemilik acara kita menyuguhkan segala terbaik untuk tamu.

Jadi, jangan lupa untuk memasukkan biaya ini dalam daftar biaya pernikahan kamu ya!

10. Bulan Madu (Bila Perlu)

Bagi sebagian orang, melanjutkan berlibur bulan madu setelah pernikahan adalah wajib hukumnya. Nggak perlu takut memakan biaya mahal karena kini bulan madu bisa dilakukan di dalam negeri atau bahkan sekitar kota saja, lho!

Karena diperhitungkan sebagai kebutuhan tambahan, ada baiknya biaya bulan madu menyesuaikan dari biaya pernikahan utama, sehingga kebutuhan-kebutuhan utama dalam pernikahan tetap bisa terpenuhi.

Baca Juga: 7 Tempat Bulan Madu Romantis di Indonesia, Pengantin Baru Wajib ke Sini

Bagaimana? Setelah melihat tips persiapan biaya pernikahan yang perlu kamu ketahui seperti di atas, apakah kamu sudah melakukan persiapan dengan baik dan matang? Atau masih ada sejumlah biaya penting yang kamu lewatkan?

Persiapkanlah hari bahagiamu dengan sebaik mungkin Toppers, karena momen pernikahan normalnya tak datang dua kali! Jangan lupa, temukan berbagai kebutuhan pernikahan terlengkap hanya di Tokopedia!

Selamat berbahagia, Toppers!

souvenir pernikahan
Cari souvenir pernikahan terlengkap dan termurah? Yuk, cek di sini!

Bagikan Artikel