10 Menu Sahur Sederhana yang Murah dan Bergizi untuk Anak Kost

1793
menu sahur sederhana, menu sahur simpel, menu sahur sederhana dan bergizi

Menyiapkan makan sahur terbilang sulit karena keterbatasan waktu dan tenaga. Untuk itu, yuk coba resep menu sahur sederhana namun tetap bergizi berikut ini!


Menu Sahur Sederhana – Nge-kost bukan alasan kamu nggak bisa menikmati makanan sahur buatan sendiri yang lezat, namun tidak memakan banyak waktu untuk proses pembuatannya.

Nggak cuma buat puasa Ramadan jadi lebih hemat, Toppers juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan makanan favorit, lho!

Berikut kumpulan menu dan resep makanan sahur sederhana untuk anak kost yang mudah dan praktis dimasak dan tentunya praktis dengan biaya murah!

Baca juga: Lupa Sahur? Simak 6 Tips Tetap Semangat Puasa Meskipun Lupa Sahur

Menu Sahur Sederhana dan Bergizi

1. Roti Panggang Kurma Cokelat

menu sahur sederhana, menu sahur simpel, menu sahur sederhana dan bergizi
Sumber gambar: Pixabay

Resep makanan sahur sederhana ala anak kost satu ini sangat praktis. Cukup bermodalkan roti tawar, susu kental manis rasa cokelat, dan potongan buah kurma.

Panggang roti tawar menggunakan teflon, atau toaster jika kamu memilikinya. Taburi roti panggang ini dengan potongan buah kurma dan lumuri dengan susu cokelat.

Jika Toppers tidak memiliki kurma, kamu bisa menggantinya dengan kismis atau remahan biskuit untuk membuatnya lebih crunchy.

2. Martabak Mie

menu sahur sederhana, menu sahur simpel, menu sahur sederhana dan bergizi
Sumber gambar: Wikipedia

Mie instant memang selalu jadi penolong anak kost saat menyediakan santapan sahur sederhana.

Namun, tentu santapan sahur dengan mie instan yang itu-itu saja pasti akan membosankan. Kreasikan mie instan menjadi martabak mie dengan mencampurkan mie yang telah direbus dengan dua butir telur.

Jika memiliki stok bakso atau sosis di kulkas bersama, kamu bisa potong dadu dan masukkan kedalam adonan telur dan mie.

Setelah dicampur bumbu, goteng martabak mie layaknya kamu menggoreng telur dadar. Seporsi martabak mie siap menemani santap sahur di kost-kost-an.

3. Roti Goreng Telur

menu sahur sederhana, menu sahur simpel, menu sahur sederhana dan bergizi
Sumber gambar: Max Pixel

Nggak cuma dipanggang, roti tawar juga bisa kamu goreng untuk menjadi santapan sahur simpel yang lezat, lho.

Kocok telur di mangkuk dengan sedikit garam dan merica. Masukkan sepotong roti tawar ke dalam mangkuk dan pastikan seluruh permukaan roti tertutupi telur kemudian goreng roti diatas teflon yang telah dilumuri margarin dan dipanaskan.

Lebih lezat lagi, santap roti goreng telur ini dengan smoke beef atau sosis yang dimasak sederhana dengan teflon dan sedikit margarin.

4. Nasi Goreng Anak Kost

menu sahur sederhana, menu sahur simpel, menu sahur sederhana dan bergizi
Sumber gambar: Pixabay

Nasi goreng adalah menu sahur simpel anak kost lainnya yang cukup populer pada saat bulan Puasa.

Nasi goreng sendiri adalah menu yang bisa dikreasikan sesuai selera dan juga bisa dibuat dengan bahan-bahan darurat ala anak kost.

Cukup panaskan margarin di penggorengan, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

Sebelum memasukkan nasi putih, masukkan bahan lainnya yang tersedia di kost-mu. Kamu bisa menggunakan telur ayam, sosis, ataupun bakso sebagai bahan pelengkap.

Setelah itu baru masukkan nasi putih dan bumbui dengan garam, merica, dan kecap manis, aduk hingga merata. Mudah, bukan.

5. Tumis Kornet Ala-Ala

menu sahur sederhana, menu sahur simpel, menu sahur sederhana dan bergizi
Sumber gambar: Flickr

Makanan kaleng yang cukup praktis untuk diolah menjadi santapan sahur ala anak kost adalah kornet.

Tapi, tentu mengonsumsi kornet saja nggak akan cukup. Kamu bisa mencoba membuat tumis kornet ala-ala yang bisa dikreasikan sesuai dengan bahan yang kamu miliki di kost.

Pertama-tama, panaskan margarin di penggorengan hingga harum. Masukkan irisan bawang merah dan tumis hingga harum.

Selanjutnya, masukkan kornet seusai porsi yang kamu inginkan. Tumis hingga kornet setengah matang. Setelah itu masukkan sayur atau bahan tambahan lain yang kamu miliki.

Bahan-bahan yang direkomendasikan adalah potongan buncis atau kacang panjang, sosis, bakso, jagung yang telah dipipil, potongan kentang dan wortel, hingga tahu atau tempe yang telah digoreng dengan potongan dadu sebelumnya.

Bumbui tumisan kornet ala-ala ini dengan garam, merica, dan juga kecap asin. Seporsi kornet tumis ini bisa Toppers santap dengan nasi hangat ataupun bubur.

Baca Juga: 7 Tips Sehat Menjalankan Ibadah di Bulan Puasa

6. Bibimbap ala Anak Kost

Menu Sahur Anak Kost
Sumber gambar: Pixabay

Bibimbap adalah salah satu menu khas Korea yang tengah tren. Konsep bibimbab sebenarnya sama dengan nasi campur dan bisa dibuat versi sederhananya di kost-kostan selama kamu memiliki chilli paste khas Korea.

Cukup campur nasi putih hangat dengan irisan telur dadar, irisan sosis atau bakso yang sudah digoreng sebelumnya, sayuran rebus (bisa menggunakan jagung pipil, wortel, toge, buncis, ataupun bayam), bumbui dengan chilli paste dan aduk nasi hingga tercampur.

Lebih nikmat lagi bisa kamu campurkan dengan kimchi dan acar jika kebetulan Toppers memilikinya di kost-kostan.

7. Sandwich Dadar Sosis

Menu Sahur Anak Kost
Sumber gambar: Pixabay

Sandwich adalah kreasi menu sahur ala anak kost lainnya yang bisa dibuat menggunakan roti tawar.

Untuk membuat sandwich dadar sosis, kamu cukup membuat mengocok sebutir telur yang dicampur potongan sosis dan dibumbui garam dan merica. Goreng telur menjadi dadar.

Letakkan dadar telur diatas roti tawar, berikan saus tomat dan saus sambal dan potongan tomat, timun, dan daun selada. Jika ada keju, Toppers juga bisa menambahkan keju diatasnya sebelum ditutup lagi dengan sepotong roti tawar.

8. Nasi Gila Darurat

Menu Sahur Anak Kost
Sumber gambar: Dapur Kobe

Menu sahur ala anak kost selanjutnya adalah nasi gila darurat. Disebut darurat karena menu sahur ini bisa dikreasikan dengan bahan seadanya yang ada di kost-kostan atau bisa dibeli di warung terdekat.

Pertama-tama, tumis irisan bawang merah dan bawang putih dengan menggunakan margarin hingga harum. Setelah itu masukkan dua butir telur ayam dan orek hingga setengah matang.

Lalu, tambahkan bahan pelengkap yang bisa dikreasikan sesuai bahan yang tersedia (contohnya potongan sosis atau bakso, potongan sayur seperti buncis, wortel, kacang pacang, daun bayam, ataupun tahu dan tempe yang telah digoreng dengan potongan dadu sebelumnya).

Kemudian, bumbui dengan garam dan kecap manis. Berikan sedikit air dan masak tumisan “gila” ini hingga bumbu kecap meresap dan air berkurang. Siram tumisan “gila” ini diatas nasi hangat atau santap bersama bubur juga bukan ide yang buruk.

9. Pasta Kilat

Menu Sahur Anak Kost
Sumber gambar: Pixnio

Pasta adalah salah satu menu makanan sahur anak kost yang cukup simple cara masaknya.

Cukup rebus pasta (bisa spaghetti, zucchini, fusilly, atau jenis pasta favoritmu), dan tumis bumbu pasta cepat saji dan campurkan dengan pasta, sepiring pasta siap disantap.

Bosan dengan saus pasta siap saji? Kreasikan pasta kilat dengan menggunakan topping “Gila Darurat” ataupun “Tumis Kornet Ala-Ala” yang telah dibahas sebelumnya.

10. Mixed Cereal

Menu Sahur Anak Kost
Sumber gambar: Pixabay

Nggak punya kompor atau alat masak? Sereal bisa jadi pilihan paling sederhana. Cukup stok sereal-sereal favoritmu dan juga susu segar. Biar lebih seru, kamu juga bisa campur beberapa varian sereal favorit untuk ciptakan menu santap sahur kreatif favorit.

Nggak sulit bukan untuk membuat menu sahur sendiri meskipun tinggal di kost-kostan. Pastikan sajian sahur yang Toppers makan tak hanya mengenyangkan agar tubuh tetap fit untuk menjalani puasa sepanjang hari.

Bila perlu dan memungkinkan, lengkapi menu sahur ala anak kost ini dengan segelas susu dan sepotong buah pisang, ya.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Mudah dan praktis sekali bukan berbagai hidangan sahur ala anak kost tesebut. Yang mana yang jadi pilihan menu sahur favoritmu?

Yuk, stok bahan-bahan untuk sahur Ramadan dan selamat berkreasi dengan menu sahur anak kost kreasi kamu sendiri!

Bagikan Artikel