museum hakka indonesia tmii

Museum Hakka Indonesia, Belajar Sejarah Tionghoa Indonesia

/   Info & Tips, Travel

Menikmati weekeend di Jakarta tidak harus selalu ke pusat perbelanjaan. Daripada ke mall yang pasti penuh dengan pengunjung saat libur, coba kunjungi alternatif tempat wisata lain yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah museum. Yup, ayo berkunjung ke museum yang ada di Jakarta untuk menikmati suasana yang berbeda dan mengenali masa lalu. Salah satu museum baru yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Museum Hakka Indonesia yang berada di dalam Taman Mini Indonesia Indah.

 

museum hakka indonesia
Sumber foto: Tribunnews.com

Gedung museum ini terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu Museum Tionghoa Indonesia, Museum Hakka, dan Museum Yongdin Hakka Indonesia. Diresmikan sejak 30 Agustus 2014, museum yang berada di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah ini menyediakan informasi lengkap seputar sejarah kedatangan orang Tionghoa ke Indonesia, profesi yang dijalan orang Tionghoa dulu ketika masa kolonial, kesenian dan budaya khas Tionghoa, hingga tokoh-tokoh keturunan Tionghoa yang berjasa kepada Indonesia.

 

tokoh tionghoa indonesia berjasa museum hakka
Sumber foto: Museumhakkaindonesia.com

Nama “Hakka” sendiri berasal dari subsuku Han yang bermigrasi dari Tiongkok utara ke Tiongkok selatan. Hakka merupakan kelompok etnis Tionghoa terbesar di Indonesia yang meliputi 40% keturunan Tionghoa di Indonesia. Museum Hakka Indonesia terletak di depan Museum Listrik dan Energi Baru dan kita akan disambut dengan bangunan yang mirip benteng dengan warna kuning yang berbentuk tabung. Bentuk unik bangunan museum ini memang mengikuti model Tulou Hakka di Yonging Fujian, Tiongkok Selatan. Tulou berarti bangunan tanah atau tempat pemukiman orang-orang Hakka yang diistimewakan.

 

museum hakka indonesia taman mini indonesia indah
Sumber foto: Museumhakkaindonesia.com

 

WAKTU BUKA
Senin: tutup
Selasa-Minggu: 09.00-16.00 WIB

 

ALAMAT
Taman Budaya Tionghoa Indonesia
Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta Timur

 

 

Sumber featured image: Museumhakkaindonesia.com

THEAUTHOR

Vanessa Giovanni

Vanessa Giovanni has written 12 Article, See all posts