Mustika, Ibu Rumah Tangga yang Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah Per Bulan dari Jualan Batu Akik Via Online

358

“Daripada buka tutup toko, mending buka tutup laptop. Dengan begitu kita bisa memasarkan produk ke seluruh Indonesia”

Itulah kalimat yang terucap dari Mustika, mantan asisten dokter gigi yang kini sukses menggeluti bisnis online, saat ditanya tentang kemudahan yang ia dapat dalam menjalani bisnis online-nya. Selain menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, wanita berusia 27 tahun ini juga aktif menjajakan batu akik dan kerajinan monel melalui ranah online.

Mustika menjelaskan alasan mengapa dirinya tertarik berjualan online batu akik dan kerajinan monel. “Bisnis batu akik dan kerajinan monel ini awalnya adalah bisnis suami saya. Dahulu ia memasarkan produk-produk tersebut secara offline,” jelasnya.

Namun penjualan via offline yang mereka geluti tidak memberikan hasil yang signifikan. Hal inilah yang membuat Mustika berpikir untuk mengembangkan bisnis batu akik dan monel keluarganya melalui ranah online. “Penjualan offline yang statis membuat saya berpikir mungkin akan lebih baik kalau penjualan juga saya lakukan via dunia maya,” kata perempuan tangguh satu ini.

pusat monel super murah - jual batu akik - jual monel

Mustika kemudian memutuskan untuk berjualan melalui media sosial, tapi ternyata hal tersebut cukup merepotkan. Ia harus ekstra kerja keras untuk mempromosikan produknya dan mencari pembeli, belum lagi susahnya membangun kepercayaan pembeli.

“Saya harus mencari pembeli sendiri, melakukan promosi ke grup-grup jualan di socmed sendiri, apa-apa sendiri. Jadi repot karena di sisi lain saya juga harus mengurus rumah, anak dan suami saya,” terang Mustika.

Merasa kewalahan berjualan di media sosial, akhirnya pada tahun 2013, Mustika beralih ke Tokopedia dengan nama toko “Pusat Monel Supermurah”. Ia menyatakan bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa ia dapatkan dengan berjualan online di Tokopedia.

“Berjualan di Tokopedia itu hemat waktu, hemat tenaga, tidak perlu mengeluarkan uang sewa toko dan yang lebih penting lagi adalah gratis…tis…tis…tanpa komisi”

Selain itu, perempuan asal Jepara ini menerangkan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia cenderung mudah dipelajari. Mustika juga menambahkan bahwa dirinya tidak perlu lagi repot-repot meyakinkan pembeli dan membangun kepercayaan pelanggan. “Tokopedia memberikan rasa aman dan nyaman kepada pembeli maupun calon pembeli produk saya dengan menyediakan fasilitas rekening bersama,” jelasnya.

pusat monel super murah - jual batu akik - jual monel

 

Bahkan dengan fokus berjualan batu akik dan monel di Tokopedia, selain bisa memasarkan produk ke seluruh Indonesia dan tidak lagi hanya sebatas Jawa, omzet penjualan yang ia dapat pun meningkat drastis dari sebelumnya.

“Tokopedia sangat membantu. Omzet yang awalnya hanya ratusan ribu per bulan, kini sudah mencapai ratusan juta. Dari situ kami sudah bisa membeli sebuah mobil baru, tiga buah motor, sebidang tanah dan tentunya untuk ditabung dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”

Ia menambahkan bahwa pembeli bahkan paling banyak datang dari Sulawesi dan Papua. “Saya pernah mendapatkan pesanan dengan nilai 20 juta rupiah dalam satu kali transaksi di Tokopedia, bahkan sampai ada yang menawarkan untuk ekspor ke Taiwan. Semua itu berkat Tokopedia,” jelas ibu satu anak ini sambil tersenyum.

Bagi Mustika, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan di Tokopedia, bahkan ia sebagai seorang ibu rumah tangga pun masih bisa membagi waktu antara mengurus bisnis “Pusat Monel Supermurah” dengan mengurus rumah tangga.

“Bagi ibu rumah tangga seperti saya jangan takut untuk mengejar karir. Selain mengurus rumah tangga, suami dan anak. Kita juga bisa mengejar karir dengan berjualan online. Daripada buka tutup toko, mending buka tutup laptop. Dengan begitu kita bisa memasarkan produk ke seluruh Indonesia”

Toppers juga  yang memiliki kisah unik dan menarik selama berjualan di Tokopedia ataupun dalam perjalanan membangun bisnis kamu? Yuk bagikan kisahmu untuk menginspirasi seller-seller lain di Tokopedia. Caranya, daftarkan kisahmu melalui halaman Kisah Penjual sekarang juga! :D

Kisah Penjual Tokopedia

Bagikan Artikel