• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Niat Shalat Istikharah, Bacaan Doa, dan Tata Caranya

06 March 2024

Share

Niat Shalat Istikharah, Bacaan Doa, dan Tata Caranya

Shalat istikharah dilakukan ketika manusia dihadapi dengan kembimbangan. Ketahui niat shalat istikharah serta bacaan doanya di sini.


Toppers pernah dihadapkan pada dua pilihan namun bingung memilih opsi mana yang terbaik? Atau, kamu pernah bimbang atau ragu terhadap sesuatu? Cobalah salat Istikharah. Salat Istikharah dilaksanakan untuk meminta petunjuk berupa keputusan dari Allah atau memohon dipilihkan salah satu di antara dua perkara pilihan atau bisa lebih. 

Orang biasanya melaksanakan salat Istikharah untuk memilih atau memutuskan pekerjaan, pasangan hidup, cita-cita, pendidikan, dan beberapa perkara lainnya. Dengan salat Istikharah, hati kamu akan menjadi lebih mantap terhadap suatu hal yang akhirnya kamu yakini untuk kamu pilih. 

Panduan salat Istikharah pada umumnya hampir sama dengan salat sunah lain. Namun, terdapat perbedaan lafadz niat, doa, dan bacaan pendek yang diutamakan. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini.

Baca Juga: Keutamaan Salat Tahajud yang Sangat Luar Biasa

Niat Salat Istikharah

niat shalat istikharah

Menurut beberapa ulama, niat boleh dilakukan dalam hati saja, tidak perlu dilafadzkan. Namun, alangkah baiknya jika kamu bisa melafadzkan niat. Berikut niat salat Istikharah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ussholli sunnatal istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya berniat salat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Doa Istikharah

doa sholat istikharah

Sumber gambar: dream.co.id

Doa salat istikharah dibaca setelah melaksanakan salat dua rakaat. Berikut doanya :

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih”

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Maha Kuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Tahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya. Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."

Ketika sampai di bagian untuk mnyebutkan apa yang dimaksud dalam doa, hendaklah menceritakan kebimbangan atau persoalan yang dihadapi. Selesai berdoa, dianjurkan untuk memohon hal-hal baik yang dapat mendekatkan diri pada pilihan terbaik dari kebimbangan yang dimiliki. Selanjutnya, apa yang mendatang ke hati dengan matang dan mantap, itulah yang kita laksanakan.

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Salat Witir, Salat Sunah Penutup Malam

Tata Cara Shalat Istikharah

tata cara sholat istikharah

Sumber gambar: CNN Indonesia

Salat Istikharah dapat dilakukan kapan saja, asal tidak pada waktu yang dilarang untuk melaksanakan salat sunah seperti habis Subuh sampai waktu Dhuha, dan habis Ashar sampai datang waktu Maghrib. Namun, ada waktu yang diutamakan yaitu ketika malam hari seperti tahajud atau shalat hajat.

Menurut Syaikh Wahbah disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama. Lalu, disarankan juga membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua. Berikut tata cara sholat istikharah:

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Kafirun
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Bagaimana Cara Tahu Hasil dari Shalat Istikharah?

Shalat istikharah ditunaikan untuk mendapatkan petunjuk Allah di tengah kebingungan yang melanda. Namun, bagaimanakah wujud petunjuk yang dimaksud?

Berdasarkan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat, ada 3 wujud petunjuk yang mungkin seorang hamba terima setelah mendirikan shalat istikharah. Pertama adalah memiliki kecenderungan pada salah satu pilihan. Mungkin petunjuk ini tidak ada wujud nyatanya, namun hati lebih mantap memilih salah satu dari dua atau lebih pilihan yang dipunya.

Cara seseorang bisa tahu hasil dari shalat istikharah yang kedua adalah melalui mimpi. Jalan yang satu ini mungkin merupakan salah satu yang lazim dibahas ketika bisara tentang shalat istikharah.

Ketiga, seseorang bisa mengethaui hasil shalat istikharah melaui perantara orang lain. Contoh kejadiannya adalah ketika setelah seorang hamba shalat istikharah, ia mendapati orang lain bicara tentang orang yang ada dalam pilihannya kepada dirinya.

Baca Juga: Niat, Doa & Tata Cara Melaksanakan Salat Dhuha

Itu dia Toppers, niat, doa, dan tata cara salat Istikharah. Jumlah rakaat salat istikharah dilaksanakan sebanyak dua rakaat sampai dua belas rakaat. Karena hukum salat istikharah adalah sunnah maka, jumlah rakaatnya juga disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. 

Sekarang, melalui Tokopedia kamu juga bisa cek jadwal salat, baca Al-Quran dan melakukan wakaf, lho, Toppers. Yuk kunjungi Tokopedia Salam sekarang!

tokopedia salam

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia