• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Obat Alami Bibir Pecah-pecah: Lembap dan Sehat

Share

11 Obat Alami Bibir Pecah-pecah: Lembap dan Sehat

Obat alami bibir pecah-pecah yang efektif membuat bibir kembali lembap, lembut dan sehat. Bahan sederhana dan mudah didapat.


Apakah kamu sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Hal ini cukup umum diderita oleh banyak orang.

Ada banyak hal yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Beberapa di antaranya adalah cuaca, asupan nutrisi yang kurang, hingga kebiasaan untuk menjilat bibir.

Selain itu, melakukan pengelupasan kulit mati pada bibir secara paksa juga bisa mengakibatkan kondisi bibir menjadi tidak sehat.

Baca Juga: Obat Bibir Pecah-pecah di Apotik: Ampuh Melembapkan

Obat Alami/Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Meski cukup mudah mengatasi masalah ini dengan menggunakan lip balm. Namun, ada baiknya jika kamu mencoba bahan alami seperti berikut ini:

1. Gula Pasir

obat alami bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Unsplash

Langkah eksfoliasi menjadi hal yang sering dilupakan saat merawat bibir. Proses eksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati dan mengoptimalkan regenerasi kulit.

Salah satu cara untuk melakukan eksfoliasi pada bibir adalah dengan menggunakan gula pasir. Kamu dapat menghaluskan gula dengan sendok agar butiran gula tidak  terlalu kasar.

Campurkan gula yang sudah dihaluskan dengan madu lalu gosokkan pada bibir. Lakukan ini 1 hingga 2 kali dalam satu minggu.

2. Minyak Kelapa

obat alami bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Pexels

Mengoleskan minyak kelapa pada bibir adalah salah satu cara mengobati bibir pecah-pecah secara alami. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menjadi pelembab alami.

Tak hanya melembabkan, minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi pada bibirmu yang pecah-pecah. Kamu dapat mencampurkan minyak kelapa dengan tea tree oil atau grapeseed oil untuk mendapatkan proses penyembuhan yang lebih cepat.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan minyak kelapa pada bibir dua hingga tiga kali sehari. Sangat dianjurkan untuk mengoleskan ini pada malam hari sebelum tidur.

3. Lidah Buaya

obat alami bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Unsplash

Lidah buaya tak pernah absen dalam bahan alami yang mengobati berbagai kondisi kulit termasuk bibir pecah-pecah. Bahan alami ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang baik untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah.

Kamu dapat membelah daun lidah buaya dan menyimpan lendirnya pada suatu wadah. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada bibirmu sebelum tidur dan bilas pada pagi hari.

4. Madu

cara alami mengatasi bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Pexels

Madu memiliki sifat antibakteri yang sangat bermanfaat saat mengalami bibir pecah-pecah. Sifat antibakteri pada madu dapat melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi.

Madu dapat memberikan kelembaban dan perlahan menyembuhkan bibir pecah-pecah. Tak hanya melembabkan, madu juga berfungsi sebagai eksfoliator ringan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu hanya perlu mengaplikasikan madu menggunakan tangan atau cotton bud satu hingga dua kali sehari.

5. Tomat

cara alami mengatasi bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Pexels

Tomat adalah salah satu bahan alami untuk mengobati bibir kering, gelap dan pecah-pecah.  Kandungan vitamin C pada tomat merupakan antioksidan kuat yang melawan sel-sel kulit rusak sehingga membantu peremajaan bibir.

Cukup haluskan tomat dan oleskan pasta tersebut selama 15 menit kemudian bilas.

Baca Juga: Merk Lip Balm Terbaik, Bibir Lembap Maksimal

madu murni
Jaga kesehatan setiap hari dengan madu murni terbaik di sini!

6. Mentimun

cara alami mengatasi bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Pexels

Mentimun memiliki banyak kandungan yang dapat membantu penyembuhan dan membantu bibir tetap terhidrasi. Efek hidrasi inilah yang dapat mengatasi bibir pecah-pecah.

Caranya, iris timun kemudian tempelkan pada bibir lalu diamkan selama beberapa menit. Kamu cukup lakukan ini sebanyak satu kali dalam sehari.

7. Cocoa Butter

cara alami mengatasi bibir pecah pecah
Sumber Gambar: Unsplash

Cocoa butter berfungsi sebagai emolien yang merupakan sumber antioksidan alami yang dapat melembabkan bibir. Selain itu, terdapat kandungan vitamin A dan vitamin E yang dapat menutrisi kulit.

Cukup oleskan pada bibir dan dan diamkan selama lima hingga sepuluh menit. Setelah itu, bilas.

8. Teh Hijau

cara mengobati bibir pecah pecah secara alami
Sumber Gambar: Pexels

Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki banyak manfaat seperti antioksidan, antiinflamasi, dan fotoprotektif pada kulit. Teh hijau dapat menenangkan sensasi terbakar pada bibir pecah-pecah.

Caranya, seduh teh hijau dengan air panas lalu diamkan beberapa saat. Kemudian letakkan bubuk teh atau kantung teh tersebut pada bibir selama beberapa menit.

Kamu cukup melakukan proses ini satu kali dalam sehari.

9. Air Lemon

cara mengobati bibir pecah pecah secara alami
Sumber Gambar: Pexels

Air lemon berfungsi sebagai eksfolian yang membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Selain menyembuhkan bibir pecah-pecah, lemon juga dapat mencerahkan bibir yang menggelap.

Kamu dapat menggunakan lemon pada bibir sebagai masker. Caranya, campurkan satu sendok teh jus lemon, satu sendok teh madu, dan 1/2 sendok teh castor oil.

Oleskan campuran tersebut pada bibir selama 10 menit. Kamu dapat melakukan ini seminggu sekali.

10. Almond Oil

cara mengobati bibir pecah pecah secara alami
Sumber Gambar: Pixabay

Almond oil atau minyak almond kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin E dan vitamin C yang dapat melembabkan kulit termasuk bibir.

Kamu dapat mencampurkan almond oil dengan madu sebagai lip balm alami. Campurkan kedua bahan tersebut di dalam wadah dan simpan pada kulkas.

Oleskan campuran ini pada bibir setiap hari agar bibir kembali lembap.

11. Minum Air Putih

cara mengobati bibir pecah pecah secara alami
Sumber Gambar: Pexels

Asupan air tentunya akan mempengaruhi tingkat kelembapan bibir. Tubuh yang dehidrasi akan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir akan kembali sehat dan lembab jika kebutuhan konsumsi air mineral terpenuhi. Pastikan kamu mengonsumsi air mineral 2 liter setiap hari, ya, Toppers!

Baca Juga: Lip Serum Terbaik: Bibir Lebih Cerah dan Sehat

Itulah obat alami yang mudah didapatkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Bahan alami mana yang akan kamu coba terlebih dahulu?

Jika sudah ditentukan, kamu dapat langsung membeli obat alami bibir pecah-pecah pilihanmu di Tokopedia!

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Penulis: Nabila Khaerunnisa

© 2009-2024, PT Tokopedia