10 Obat Alami Selangkangan Gatal: Bekas Hitam Hilang

0
1250
obat alami selangkangan gatal dan hitam
Sumber Gambar: Pexels

Obat alami selangkangan gatal dan hitam yang paling ampuh. Ramuan tradisional yang murah, mudah ditemukan, serta aman.


Apakah kamu memiliki masalah selangkangan gatal? Tenang, rasa gatal sangat umum terjadi.

Kondisi selangkangan yang gatal ini biasanya disebabkan karena area sekitar celana yang lembap. Kondisi ini menyebabkan bakteri dan jamur berkembang biak lebih cepat dan menyebabkan gatal.

Meskipun umum, bukan berarti kamu harus membiarkannya karena rasa gatal yang datang tiba-tiba membuatmu tak nyaman. Selain itu, jika kamu menggaruk bagian tertentu secara berulang, kulit akan menggelap.

Baca Juga: Obat Kutu Air Alami: Ampuh, Aman dan Mudah

Obat Alami Selangkangan Gatal dan Hitam Paling Ampuh

Kamu bisa mengobati kondisi ini dengan bahan-bahan alami yang sangat mudah ditemukan. Simak obat gatal selangkangan tradisional ampuh berikut ini:

1. Yogurt dan Probiotik

obat alami selangkangan gatal dan hitam
Sumber Gambar: Pexels

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat mencegah jamur yang dapat menyebabkan infeksi. Sehingga baik dikonsumsi ketika mengalami gatal selangkangan akibat jamur.

Selain yogurt, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen probiotik bila diperlukan.

2. Tea Tree Oil

obat alami selangkangan gatal dan hitam
Sumber Gambar: Pexels

Tea tree oil dikenal dengan manfaatnya sebagai antijamur dan antibakteri yang mampu mengatasi rasa gatal dan peradangan. Namun, mengaplikasikan langsung tea tree oil pada area gatal mungkin menyebabkan perih.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengaplikasikan tree tea oil dengan campuran minyak lain seperti minyak zaitun atau virgin coconut oil. Kamu dapat mengaplikasikan campuran ini pada area yang gatal sebanyak dua hingga empat kali sehari.

3. Lidah Buaya

obat alami selangkangan gatal dan hitam
Sumber Gambar: Pexels

Lidah Buaya atau aloe vera salah satu bahan alami yang teruji memiliki kandungan antibakteri. Bahan alami dengan tekstur gel ini memiliki kemampuan untuk meresap pada bagian kulit terdalam.

Dengan kandungan glikoprotein, lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi peradangan.

4. Cuka Apel

obat alami selangkangan gatal dan hitam
Sumber Gambar: Freepik

Cuka apel memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang membantu menyembuhkan selangkangan gatal. Kamu dapat mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama ke dalam botol spray dan aplikasikan pada bagian gatal.

Namun kamu juga dapat mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat. Campuran tersebut dapat kamu minum atau oleskan pada bagian yang gatal menggunakan kapas.

5. Bawang Putih

obat gatal selangkangan tradisional ampuh
Sumber Gambar: Pixabay

Bawang putih menjadi obat ampuh bagi kulit gatal karena bawang merupakan pembunuh bakteri alami. Zat sulfida yang terkandung dalam bawang juga dapat melawan infeksi.

Kamu dapat menghaluskan beberapa siung bawang putih dan campurkan dengan madu atau minyak zaitun hingga menjadi pasta. Aplikasikan campuran tersebut pada area yang gatal dua kali sehari selama 15-30 menit.

Selain dengan cara di atas, kamu dapat meningkatkan konsumsi bawang putih untuk mengurangi gatal.

Baca Juga: Obat Biduran Alami: Mudah dan Ampuh Usir Gatal

aloe vera
Perbaiki dan pertahankan kesehatan kulit dengan rangkaian produk aloe vera pilihan di sini!

6. Minyak Kelapa

obat gatal selangkangan tradisional ampuh
Sumber Gambar: Freepik

Minyak kelapa berfungsi sebagai antijamur alami. Formula minyak kelapa yang ringan akan nyaman digunakan pada bagian yang gatal.

Kamu dapat langsung mengoleskan minyak kelapa pada kulit sebanyak tiga kali sehari.

7. Kunyit

obat gatal selangkangan tradisional ampuh
Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya sebagai bumbu berbagai masakan, kunyit juga merupakan bahan yang memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi.

Untuk merawat kulit yang gatal, campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga membentuk pasta lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal.

Selain dengan mengoleskan kunyit pada area yang gatal, kamu dapat mendapatkan manfaat ini dengan cara mencampurkan bubuk kunyit pada air hangat atau membuat teh kunyit.

8. Minyak Calendula

obat gatal selangkangan alami paling ampuh
Sumber Gambar: Pexels

Calendula atau bunga marigold memiliki kandungan antiseptik dan antiperadangan alami.

Bahan ini sangat cocok untuk mengobati gatal pada selangkangan karena kandungannya dapat menenangkan kulit sensitif dan iritasi.

9. Minyak Lavender

obat gatal selangkangan alami paling ampuh
Sumber Gambar: Pexels

Minyak lavender dapat digunakan sebagai antiseptik dengan kandungan antijamur alami.

Tak hanya itu, minyak lavender dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah pembentukan jaringan parut yang membuat bekas luka akan semakin jelas.

10. Tepung Maizena

obat gatal selangkangan alami paling ampuh
Sumber Gambar: Pexels

Tepung maizena umumnya ditemukan pada bedak bayi. Tepung maizena dapat membantu mengurangi rasa gatal karena dapat menyerap kelembaban dan menyegarkan kulit.

Tak hanya itu, tepung maizena juga dapat menenangkan kulit dan mengurangi rasa terbakar akibat iritasi.

Pengaplikasian tepung maizena dapat dilakukan setelah melakukan perawatan dengan bahan lain setelah kulit kering. Tepung maizena juga baik digunakan sebagai pencegahan rasa gatal.

Baca Juga: Obat Kutil Alami: Cara Mudah yang Ternyata Ampuh

Nah, itu dia obat gatal selangkangan alami paling ampuh yang dapat kamu coba di rumah. Selagi mencoba bahan-bahan alami, pastikan selalu menjaga kebersihan. Seperti rutin mengganti celana dalam dan hindari penggunaan pakaian ketat.

Jika kamu telah mencoba cara-cara ini namun tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera mengkonsultasikan kondisimu pada dokter spesialis kulit dan kelamin ya, Toppers!

jual aromaterapi
Temukan produk-produk aromatherapy pilihan dan rasakan manfaatnya bagi tubuh!

Penulis: Nabila Khaerunnisa