25 Oleh-Oleh Khas Jogjakarta Terkenal paling Favorit

14242
oleh-oleh khas Jogjakarta

Oleh-oleh khas Jogjakarta – Sebagai salah satu destinasi wisata ,selalu ada sesuatu di Jogjakarta. Selain tempat wisata Jogjakarta, tidak lengkap apabila berkunjung ke Jogjakarta tanpa mencicipi oleh-oleh khas Jogjakarta seperti gudeg dan bakpia.

Namun, selain gudeg dan bakpia, ada berbagai macam oleh oleh khas Jogjakarta yang wajib kamu coba. Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Jogjakarta yang wajib kamu coba, Toppers!

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Pilihan Oleh-oleh Khas Jogjakarta Terkenal

1. Mamahke Jogja

A post shared by mamahkejogja (@mamahkejogja) on


Tengah menjadi tren di kalangan para turis maupun penduduk lokal, Mamahke Jogja adalah oleh-oleh Jogjakarta berbentuk kue yang memiliki aneka rasa unik dan diakui memiliki citarasa khas Jogjakarta.

2. Bakpia

Sumber Foto : wikipedia

Tokopedia pasti sudah pernah mencicipi nikmatnya bakpia setidaknya sekali seumur hidup. Cemilan yang satu ini sangat identik dengan kota Yogyakarta. Semua pusat oleh-oleh khas Jogjakarta menjual bakpia, juga di Tokopedia.

3. Yangko

Sumber Foto : wikipedia

Oleh-oleh Jogjakarta yang tidak boleh terlewatkan adalah Yangko. Oleh-oleh khas Jogja ini terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang cincang dengan cita rasa manis dan kenyal.

4. Geplak

Sumber Foto : wikipedia

Tidak sekadar namanya yang unik, oleh-oleh khas Jogjakarta Geplak kini tersebar di Nusantara dan karena kelezatannya membuat permintaan melonjak.

5. Gudeg Kering

Sumber Foto : wikipedia

Makanan khas Jogja yang terkenal akan rasa manis gurih di lidah, Gudeg, kini bisa dijadikan oleh-oleh Jogja untuk diberikan pada sanak saudara dalam bentuk kering.

baner Maret Mantap

6. Kain Batik Jogja

Sumber Foto : wikipedia

Batik adalah salah satu identitas kebudayaan bangsa yang dikenal oleh masyarakat seluruh dunia. Batik Jogja merupakan salah satunya. Corak lukisan unik dari batik Jogja wajib masuk ke dalam wishlist oleh-oleh Jogja.

7. Dagadu


Merk Dagadu juga sangat erat kaitannya dengan Jogja. Berbagai pernak-pernik seperti gelas, tas, gantungan kunci, dan kaos yang dicetak dengan kalimat-kalimat unik dan lucu menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta favorit turis.

8. Salak Pondoh

Sumber Foto : wikipedia

Buah Salak hidup dan tumbuh di lereng gunung merapi dan di kawasan Jawa Tengah lainnya.  Salak pondoh merupakan varietas buah salak yang wajib dijadikan oleh-oleh khas Jogjakarta karena cita rasa manis yang natural dan tidak terlalu asam.

9. Gerabah Kasongan

Sumber Foto : wikipedia

Desa Kasongan yang terletak di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal akan kerajinan gerabah berbahan dasar rotan. Gerabah kasongan bisa kamu pesan secara online, namun jika membeli langsung di desa Kasongan, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah, Toppers!

10. Cokelat Monggo


Tahukah kamu bahwa Yogyakarta punya merk cokelat terkenal? Cokelat Monggo bisa kamu temukan di berbagai supermarket dan retail di kota-kota besar di Indonesia, namun kamu bisa membeli cokelat Monggo langsung dari pabriknya sembari berkeliling di Jogja.

11. Kerajinan Perak

Sumber Foto : wikipedia

Semenjak zaman dahulu, Yogyakarta memiliki masyarakat kreatif penghasil kerajinan tangan bernilai tinggi. Sebagai contoh, kerajinan perak Kotagede telah berkembang sejak masa kerajaan Majapahit. Untuk kamu pecinta seni, kerajinan perak dari Kotagede wajib menjadi oleh oleh khas Jogjakarta paling populer.

12. Belalang Goreng

Sumber Foto : wikipedia

Kreativitas tanpa batas, begitulah kebudayaan masyarakat lokal Yogyakarta. Apa saja bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jika diolah masyarakat Jogja, bahkan belalang saja menjadi cemilan unik khas Jogjakarta. Tenang, belalang goreng punya rasa asin dari garam dan tekstur renyah yang kaya protein. Jika kamu ingin mencoba hal unik yang belum pernah kamu coba sebelumnya, cobalah belalang goreng khas Jogjakarta!

13. Jangkrik Krispi

Sumber Foto : wikipedia

Tidak hanya belalang, serangga yang cenderung dijadikan makanan reptil atau burung peliharaan juga ikut dikreasikan menjadi cemilan oleh-oleh khas Jogjakarta.

14. Peyek dan Geplak Mbok Tumpuk

Sumber Foto : wikipedia

Dari tahun 1975, Mbok Tumpuk telah menjadi cemilan kesukaan masyarakat Jogja. Kini, peyek dan geplak mbok Tumpuk menjadi makanan khas Yogyakarta yang acap kali dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogjakarta.

15. Jadah Tempe

Makanan khas Jogjakarta yang satu ini sangat bergengsi. Pasalnya, jadah tempe adalah salah satu makanan favorit Hamengkubowono IX di era 1950-an. Hingga saat ini, jadah tempe banyak dibudidayakan dan dijual sebagai oleh-oleh khas Jogja.

16. Wedang Uwuh

Sumber Foto : tokopedia

Dalam bahasa Jawa, uwuh berarti sampah. Namun, minuman wedang uwuh memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan punya rasa yang unik. Dinamakan demikian karena ampas dari oleh-oleh khas Jogja tersebut tampak seperti tumpukan sampah.

17. Keripik Belut

Sumber Foto : wikipedia

Jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa mampir Godean. Pasalnya, cemilan keripik belut banyak dijual di wilayah tersebut. Rasa gurih dan renyah keripik belut pantas dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogjakarta untuk dinikmati di rumah.

18. Blangkon

Sumber Foto : wikipedia

Penutup kepala berbahan dasar kain batik, blangkon, sangat identik dengan Jogjakarta. Petinggi dan keturunan ningrat dari Kesultanan cenderung mengenakan blangkon, bahkan Sultan sekalipun. Wajar saja jika blangkon menjadi oleh-oleh khas Jogjakarta yang dengan mudah kamu temui di pusat perbelanjaan, Toppers!

19. Tahu Susu Bakso

Sumber Foto : tokopedia

Kalau kota Semarang punya Tahu Bakso, Kota Yogyakarta punya Tahu ‘Susu’ Bakso. Perbedaannya adalah tahu susu bakso memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang tahu bakso biasanya dan bisa tahan hingga 6 bulan tanpa pengawet. Oleh-oleh khas Jogja ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau pula.

20. Surjan

Sumber Foto : tokopedia

Pakaian laki-laki yang berasal dari kebudayaan Jawa Surjan cocok dijadikan oleh-oleh khas Jogjakarta. Surjan bisa dibeli di pusat oleh-oleh khas Jogjakarta seperti pasar Malioboro.

21. Pathilo

Sumber Foto : tokopedia

Gunung Kidul adalah penghasil singkong terbesar  di Indonesia, dan masyarakat setempat banyak mengkreasikan singkong menjadi olahan makanan lainnya seperti Pathilo. Cemilan berbahan dasar singkong ini memiliki tekstur renyah dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

22. Emping

Sumber Foto : wikipedia

Cemilan khas Jogja Emping terbuat dari bahan dasar jagung yang direbus dan ditumbuk hingga menjadi pipih kemudian dijemur hingga mengering seperti kerupuk.

23. Geblek

Sumber Foto : tokopedia

Namanya terdengar lucu, akan tetapi geblek adalah oleh-oleh khas Jogjakarta yang berasal dari wilayah Kulonprogo. Terbuat dari adonan tepung tapioka dan campuran bumbu bawang. Untuk menikmatinya, geblek harus digoreng terlebih dahulu hingga teksturnya renyah.

24. Kerajinan Tangan Biota Laut

Sumber Foto : tokopedia

Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di wilayah pantai selatan. Ada banyak sekali pantai yang bisa kamu kunjungi. Selain mengunjungi pantai, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Jogjakarta yaitu kerajinan tangan biota laut yang terbuat dari cangkang kerang.

25. Gantungan Kunci Khas Jogja

Sumber Foto : tokopedia

Sudah sangat umum apabila gantungan kunci dijadikan sebagi souvenir atau cinderamata. Berbeda dengan di tempat lainnya, oleh-oleh khas Jogja berupa gantungan kunci terbuat dari bahan dasar kain batik.

Baca juga: Klinik Kopi, Kedai Kopi Jogja Jadi Saksi Film AADC 2

Itulah 25 oleh-oleh khas Jogja yang dapat menjadi pilihan oleh-olehmu ketika mengunjungi Jojga nanti, Toppers! Sekarang, kamu tidak perlu lagi bingung memilih oleh-oleh untuk dibawa pulang! Pastikan juga untuk mencicip wisata kuliner Jogja ketika kamu berkunjung ke Jogja nanti! Selamat berbelanja, Toppers!

tiket kereta api

Bagikan Artikel