12 Oleh-oleh Khas Surabaya Wajib Untuk Dibawa Pulang

0
8079
Oleh-oleh khas Surabaya

Oleh-oleh Khas Surabaya – Sedang liburang ke Surabaya dan bingung mau membawa oleh-oleh apa untuk kerabat dan teman terdekat? Ada banyak sekali oleh-oleh khas Surabaya yang bisa jadi pilihanmu. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya favorit para pelancong yang mampir ke kota Pahlawan ini:

Oleh-Oleh Terbaik Khas Surabaya

1. Sambal Udang Bu Rudy

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber gambar: Kompas

Sambal Bu Rudy adalah salah satu buah tangan khas dari Surabaya paling favorit khususnya kamu penggemar kuliner pedas. Oleh-oleh khas Surabaya populer satu ini hadir dalam berbagai varian rasa dan kemasan yang mudah dan praktis dibawa sebagai oleh-oleh.

Hangatkan Perut dengan Rawon Asli Surabaya
Sumber gambar: Tokopedia

2. Spikoe Resep Kuno

Berdiri sejak 1976, kuliner Spikoe Resep Kuno sudah menjadi trademark oleh-oleh dari kota Surabaya yang digemari.

Dengan varian rasa dan ukuran kue manis dengan tekstur lembut menggoda membuat Spikoe Resep Kuno bisa jadi pilihan oleh-oleh praktis untuk dibawa pulang untuk keluarga dan kerabat terdekat saat berkunjung ke kota Surabaya.

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber gambar: Resep Makanan Nusantara

3. Bandeng Asap

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang cukup populer adalah Bandeng Asap dari Sidoarjo. Dengan cita rasa gurih dan daya tahan yang lebih awet karena proses pengasapan, Bandeng Asap bisa jadi oleh-oleh favorit keluarga asal Surabaya.

4. Almond Crispy

Almond Crispy

Suka panganan yang manis? Almond Crispy bisa jadi oleh-oleh khas Surabaya favoritmu. Dengan tekstur tipis yang renyah, gurihnya kacang almond, dikombinasikan rasa manis membuat banyak orang menyukai oleh-oleh khas Surabaya satu ini.

5. Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya

Siapa yang nggak tahu kue lapis surabaya? Tekstur lembut dan rasa manis membuat banyak orang menjadikan oleh-oleh khas Surabaya ini pilihan untuk diberikan kepada keluarga jika singgah ke Kota Pahlawan Surabaya.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Siropen Telasih

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber gambar: Foody

Berdiri sejak 1923, Siropen Telasih yang awalnya dikelola Belanda hingga kini memproduksi sirup istimewa yang dibuat tanpa pemanis buatan. Dengan berbagai pilihan rasa mulai dari jeruk, mawar, leci, karamel, hingga peppermint, Siropen Telasih bisa jadi alternatif pilihan buah tangan dari kota Surabaya.

7. Abon Padmosusastro

Jika Toppers singgah ke sepanjang jalan Padmosusastro, kamu akan menemui banyak industri rumahan yang memporduksi abon sapi. Kamu bisa menemukan abon sapi gurih yang lezat dan cocok jadi oleh-oleh saat berkunjung ke Surabaya.

8. Sambal Cuk

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber gambar: Sambal Cuk Indonesia

Selain sambal Bu Rudy, ada juga Sambal Cuk khas Surabaya yang cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Kota Surabaya. Sambal ini hadir dalm berbagai varian seperti korek bebek Madura, udang ebi, sambal bawang, ijo teri Medan, roa asap, ikan asin klotok, klotok pete, original cabai, bajak, rica tuna asap, bawang pete, dan matah Bali.

9. Kerupuk Ikan Kenjeran

Surabaya yang dekat dengan pantai tentu memiliki kekayaan kuliner asal laut. Salah satunya adalah kerupuk Ikan Kenjeran yang terkenal sebagai oleh-oleh favorit khas Surabaya. Selain kerupuk ikan, ada juga kerupuk cumi, kerang, dan rumput laut yang bisa Toppers temui disepanjang kawasan pantai Kenjeran.

10. Sirup Mangrove

Jika berkunjung ke kawasan mangrove di Surabaya, Toppers akan menemui penjaja oleh-oleh khas Sirup Maggrove yang memiliki cita rasa asam manis. Kaya akan vitamin A dan C, Sirup Mangrove bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang menarik.

11. Bebek Djangkep

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber gambar: Tokopedia

Surabaya juga memiliki kuliner bebek yang terkenal dan sering menjadi pilihan untuk menjadi oleh-oleh khas Surabaya, yaitu Bebek Djangkep. Bebek ini dibuat dengan cara diungkep menggunakan bahan rempah-rempah segar dan dikemas dengan kemasan modern sehingga memiliki daya tahan yang lama. Oleh-oleh satu ini lebih nikmat saat disajikan dengan nasi hangat.

12. Guna-guna Snack

Guna-guna Snack adalah oleh-oleh khas Surabaya terbaru, modern, dan tengah digandrungi. Oleh-oleh satu ini hadir dalam beberapa varian makanan ringan seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik buah naga, semprit keju, kue lapis kukus, bakso goreng, hingga samosa.

Baca juga: Hangatkan Perut dengan Rawon Asli Surabaya

Itulah berbagai pernak-pernik lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke Kota Surabaya. Sudah tentukan oleh-oleh mana yang akan kamu berikan pada orang terdekatmu? Jika tak mau repot-repot, Toppers juga bisa menemukan semua oleh-oleh khas Surabaya tersebut lewat Tokopedia, lho! Selamat berlibur ke Surabaya!

tiket kereta api