Owner Sambal Menggoda: Konsumen adalah Sahabat Kita

393
Owner Sambal Menggoda Konsumen adalah Sahabat Kita_825x355px

Karakteristik lidah masyarakat Indonesia yang memang menyukai makanan pedas membuat produk-produk makanan pedas begitu laku di pasaran. Produsen-produsen makanan pedas seperti sambal pun mulai banyak bermunculan dan Surabaya menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan produk sambalnya.

Saat melakukan roadshow ke Surabaya pada November 2014 lalu, Tim Tokopedia juga sempat mengunjungi salah satu produsen sambal yang sudah cukup dikenal di Surabaya, yakni Sambal Marin yang juga menjual produknya melalui Tokopedia dengan nama toko Sambal Menggoda Shop. Tim Tokopedia pun sempat berbincang-bincang dengan owner Sambal Menggoda Shop, Fendy Hariyono Tanuwijaya, seputar pengalamannya dalam membangun bisnis ini.

Kepribadiannya yang aktif dan tidak bisa bekerja dengan hanya menunggu perintah dari atasan, membuat pria yang akrab disapa Fendy ini akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan  dan mulai membangun bisnis sendiri.

“Beberapa kali saya menjalani profesi sebagai karyawan kantoran, tapi tidak betah. Akhirnya saya putuskan untuk berwirausaha, kebetulan orang tua saya juga seorang wirausaha,” papar pria 29 tahun ini.

Sambal Marin - Sambal Menggoda Shop - Sambal Ikan Jambal Roti, Sambal Hijau Ikan Teri, Sambal Ikan Asap, Sambal Bajak Terasi, Sambal Udang Germut dan Sambal Bawang

Sebelum memproduksi Sambal Marin, ia sudah mulai untuk mencoba bisnis lain, seperti bisnis makanan ringan kemasan, berjualan kue hingga berjualan bubur. Sayangnya, semua usaha tersebut ternyata tidak berjalan dengan lancar. Namun semangat Fendy untuk berwirausaha tidak berhenti sampai disitu, ia terus mencoba untuk membangun usaha lain. Hingga pada Januari 2014 lalu, ia memutuskan untuk memulai bisnis Sambal Marin dan ternyata usahanya bisa berkembang hingga bisa memproduksi lebih dari 800 botol sambal setiap bulannya. Bahkan hingga saat ini, sudah ada 6 varian sambal yang berhasil ia ciptakan antara lain Sambal Ikan Jambal Roti, Sambal Hijau Ikan Teri, Sambal Ikan Asap, Sambal Bajak Terasi, Sambal Udang Germut dan Sambal Bawang.

Sambal Marin - Sambal Menggoda Shop - Sambal Ikan Jambal Roti, Sambal Hijau Ikan Teri, Sambal Ikan Asap, Sambal Bajak Terasi, Sambal Udang Germut dan Sambal Bawang
6 Varian Sambal Marin

Dalam menjalankan bisnis ini, yang menjadi fokus utama Fendy ialah bagaimana cara agar konsumen mendapat kepuasan, baik dari segi kualitas produk maupun pelayanan. Baginya, menjaga kualitas rasa, bersikap ramah dan jujur kepada konsumen merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membuat konsumen puas dan loyal terhadap produknya. Berbagai promo pun sering ia lakukan untuk menjaring lebih banyak pembeli.

“Konsumen adalah sahabat kita yang secara tidak langsung membesarkan nama dan bisnis kita,” ungkapnya.

Walaupun bisnisnya baru genap berumur 1 tahun, namun Fendy sudah memiliki rencana dan mimpi yang besar untuk Sambal Marin. Membuat Sambal Marin mampu menembus pasar Asia merupakan salah satu mimpi besar yang ingin ia capai.

“Persiapan saya kedepannya harus bisa berkompetisi dalam menghadapi pasar bebas Asia dan bersaing dengan banyaknya produk-produk luar yang akan mudah masuk dalam negeri”, jelasnya.

Berbagai cara pun sudah mulai ia lakukan untuk mencapai mimpi besar tersebut, salah satu dengan memasarkan produknya melalui ranah online, termasuk juga melalui Tokopedia. Menurutnya, pemasaran melalui online merupakan cara yang paling efektif untuk membuat produknya bisa dikenal dan menjangkau pasar yang lebih luas, bisa antar kota, provinsi bahkan antar negara.

Wah semoga mimpi besar Fendy bisa segera tercapai yah, Toppers. Semoga semangat dan mimpi besarnya juga bisa menginspirasi Toppers untuk membangun bisnis sendiri. Nah untuk Toppers yang ingin mencoba langsung aneka varian Sambal Marin, bisa langsung mengunjungi toko Sambal Menggoda Shop di Tokopedia.

Sambal Marin - Sambal Menggoda Shop - Sambal Ikan Jambal Roti, Sambal Hijau Ikan Teri, Sambal Ikan Asap, Sambal Bajak Terasi, Sambal Udang Germut dan Sambal Bawang

Toppers juga  yang memiliki kisah unik dan menarik selama berjualan di Tokopedia ataupun dalam perjalanan membangun bisnis kamu, yuk bagikan kisahmu untuk menginspirasi seller-seller lain di Tokopedia. Caranya, daftarkan kisahmu melalui halaman Kisah Penjual sekarang juga! :D

Kisah Penjual Tokopedia

 

 

Bagikan Artikel