Pantai Parangtritis, Keindahan yang Berbalutkan Misteri

0
6689
Sumber Gambar: Native Indonesia

Selain terkenal karena ombak yang besar dan pemandangan indah, pantai Parangtritis di Yogyakarta juga identik dengan kisah misteri dan mitos.


Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di kawasan selatan pulau Jawa. Pantai ini terletak di kabupaten Bantul dan tidak begitu jauh dari kota Yogyakarta.

Selain dikenal dengan ombaknya yang besar, Pantai Parangtritis juga sering dihubungkan dengan kisah tentang Nyi Roro Kidul yang identik dengan kisah misteri dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat setempat.

Fenomena dan misteri yang muncul dari kisah Nyi Roro Kidul rasanya tidak pernah habis ceritanya. Cerita mengenai Nyi Roro Kidul sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya di tengah masyarakat Jawa.

Bicara tentang misteri Pantai Parangtritis, tentunya kita sudah mengenal mitos tentang Nyi Roro Kidol yang bertakhta di selatan Pulau Jawa.

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Baca Juga: 18 Tujuan Wisata Pantai di Yogyakarta Terpopuler

Misteri Parangtritis

Menurut sejarah, penamaan Pantai Parangtritis berasal dari seorang pelarian dari kerajaan Majapahit yang sampai ke area laut yang berombak besar dan di sanalah ia bersemedi.

Ternyata di sana banyak air yang “tumaritis” atau menetes dari celah-celah batu karang sehingga ia menamakan tempat itu Parangtritis, yang berarti air yang menetes dari celah batu karang.

Kerajaan-kerajaan zaman dulu pun ternyata mempercayai keberadaan sosok Ratu Selatan ini. Raja-raja Jawa dipercayai memiliki hubungan dengan Nyi Roro Kidul.

Kabarnya hubungan ini berawal dari semedi Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram Islam yang bertemu dengan Nyi Roro Kidul saat bersemedi di laut selatan.

Hubungan yang terbangun darinya menghasilkan janji dari Nyi Roro Kidul yang akan membantu dan terus berhubungan dengan keturunan dari Panembahan Senopati.

“Kalau ke pantai selatan, jangan pakai baju hijau!”

Imbauan ini mungkin pernah kita dengar saat akan berkunjung ke Pantai Parangtritis. Ada sebuah mitos yang dipercaya kalau warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul dan warna pakaian tentaranya.

Sehingga banyak orang percaya kalau kita akan terbawa ombak saat berenang di pantai kalau mengenakan pakaian warna hijau. Ada pula mitos lain seputar warna hijau ini.  Konon, Nyi Roro Kidul memiliki seorang pembantu setia bernama Nyai atau Nyi Rara Kidul.

Ia menyukai warna hijau dan dipercaya suka mengambil orang-orang yang mengenakan pakaian warna hijau menjadi pelayan dan pasukannya.

Oleh karena itulah, orang-orang dilarang mengenakan pakaian hijau saat berwisata di selatan Pulau Jawa, termasuk di pantai selatan Yogyakarta.

promo tiket kereta tokopedia
Nikmati perjalanan cepat, nyaman dan terjangkau berkat promo tiket kereta di Tokopedia!

Baca Juga: 15 Museum Yogyakarta Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi

Berwisata di Pantai Parangtritis

Meski identik dengan cerita mistis, orang-orang tidak lantas takut berkunjung ke Pantai Parangtritis. Pantai ini masih jadi salah satu tempat wisata populer di Yogyakarta yang terus dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, termasuk wisatawan asing.

Terletak di kawasan selatan, ombak besar dan arus bawah laut yang kuat akan kita temukan di pantai ini. Karena itu patuhilah peraturan yang ada dan ikuti instruksi penjaga pantai demi keselamatan kita dan keluarga.

Pantai Parangtritis memiliki kontur tanah yang landai sehingga kawasan pasir di pantai ini sangat luas. Kita juga main ATV di Pantai Parangtritis, lho. Tarif sewa ATV di sini berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Meski biasa dipakai untuk offroad, ATV yang disewakan di sini bisa digunakan untuk menyusuri bibir pantai sambil menikmati pemandangan yang indah dan hembusan angin.

Alternatif lain yang bisa kita coba adalah menyusuri pantai dengan naik bendi, kereta kuda yang beroda dua. Jangan lupa foto-foto juga saat naik bendi ya!

Perjalanan menyurusi pantai dengan naik bendi biasanya akan berakhir di ujung timur Pantai Parangtritis, tempat gugusan karang yang indah dan banyak dipakai sebagai latar belakang foto. Nah, siapkan kamera dan handphone kamu untuk puas-puasin foto di sini.

Jika sempat, jangan lupa nikmati saat-saat matahari terbenam di Pantai Parangtritis. Momen sunset di Pantai Parangtritis disebut-sebut sebagai salah satu sunset pantai yang paling indah, jadi usahakan ke sini agak sore sekitar jam 14.00-15.00 waktu setempat.

Rute menuju Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis terletak kurang lebh 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Kita bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk mengunjungi pantai ini. Jika berencana naik kendaraan umum, kita bisa naik bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta dengan rute Yogyakarta – Parangtritis dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Parangtritis
Rp 5.000

Alamat Lokasi Pantai Parangtritis
Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta 55188

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Penulis: Vanessa Giovanni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here