5 Pantai di Belitung Tersembunyi yang jadi Favorit Wisatawan

465
Pantai tersembunyi di belitung

Pantai Tersembunyi di Belitung – Masih jarang orang tahu akan keindahan yang tersembunyi di Belitung. Namun berkat munculnya film Laskar Pelangi yang terkenal hits, kawasan yang berada di Sumatera ini juga ikut menjadi terkenal, keindahan alam pantai di Belitung yang sesungguhnya pun mulai terekspos. Film Laskar Pelangi ini menceritakan tentang perjalanan anak-anak istimewa yang bangga akan tanah kelahirannya. Lewat film tersebut, keindahan pantai di Belitung banyak di ekspos dalam scene-nya.

Tidak heran mengapa Belitung bisa menjadi salah satu destinasi liburan wajib untuk traveler. Tentu akan menjadi kenangan yang tak terlupakan untuk bisa merasakan langsung bagaimana suasana dan sejuknya udara pantai di Belitung. Jika kamu memasukkan Belitung pada daftar liburanmu, simak beberapa pantai di Belitung yang wajib dikunjungi:

Baca juga: 3 Kedai Kopi di Belitung yang Bisa Jadi Tempat Nongkrong Seru

Pantai di Belitung dengan Keindahan yang Tersembunyi

1. Bukit Berahu

Pantai di BelitungSumber gambar: tourbelitung

Bukit Perahu terkenal akan tempatnya yang memiliki banyak villa, bungalow, dan restoran pada pantai indahnya. Letak Bukit Perahu ini dekat dengan Tanjung Tinggi. Kamu juga bisa menikmati indahnya pantai berpasir putih dengan laut birunya yang jernih dari atas bukit perahu. Jarak untuk mencapai pantai di bungalow ini, harus menuruni sekitar 97 anak tangga, jadi lebih baik untuk kamu memakai sepatu sneakers. Berbeda dari pantai Belitung lainnya, kamu bisa nikmati sensasi private beach di sini lho.

2. Pulau Pasir

Pantai di BelitungSumber gambar: go-Indo spot

Sebenarnya pulau pasir ini merupakan daratan yang terdiri dari tumpukan pasir. Tumpukan pasir akan menjadi terlihat seperti pulau ketika air laut tengah surut. Sedangkan saat air laut sudah pasang, maka tumpukan pasir ini akan sepenuhnya hilang tenggelam di air laut. Luas dari pulau ini hanya sebesar 50 sampai 70 meter persegi, namun walaupun luasnya sangat kecil, tempat ini sangat indah untuk diabadikan lewat bidikan lensa kamera. Banyak wisatawan singgah ke pulau ini saat air sedang surut, dan dibuat takjub akan keindahannya.

3. Pantai Penyabong

Pantai di BelitungSumber gambar: jdcpecialized

Lokasi pantai Penyabong atau sebutan lainnya yang terkenal yaitu Pantai Batu Lubang ini terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Dari Tanjung Pandan dibutuhkan jarak sekitar 70km untuk bisa mencapai ke salah satu pantai di Belitung ini. Selama di perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan pohon-pohon disisi kanan kiri jalan. Keindahan alam pantai bisa kamu nikmati dengan banyaknya gugusan batu granit yang bertebaran di tepi pantainya. Menjadi pilihan tepat untuk berenang di sini, karena ombaknya yang tenang aman untuk bermain.

perlengkapan traveling

4. Pantai Punai

Pantai di BelitungSumber gambar: Alam Wisata

Pantai tersembunyi di Belitung selanjutnya adalah pantai Punai. Lokasi Pantai Punai terletak di sebelah Tenggara Belitung, desa Tanjung Kelumpang. Berbeda dari pantai Belitung lainnya yang dikenal memiliki batu granit ukuran besar, di pantai ini kamu akan merasakan indahnya pantai yang lebih tenang dengan batu-batu alam granit-nya yang kecil-kecil dan pasir putih. Ada pulau kecil yang muncul tepat di depan pantai ini, bernama Pulau Punai. Kamu harus menunggu air laut surut terlebih dahulu untuk bisa kesini. Dulu, tempat ini sering sekali dikunjungi burung punai, maka tak heran mengapa pulau ini diberi nama pulau Punai.

5. Pantai Tanjung Kalayang

Pantai di BelitungSumber gambar: tribunnews

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang ini terletak si sebelah utara Pulau Belitung. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terkenal di Belitung. Pesona Pantai Tanjung Kalayang mampu membuat pengunjung mabuk kepayang, dengan keindahan pasir putih nan cantik di sebelah barat dan gugusan batu granit di sebelah timurnya. Di pantai ini kamu bisa melakukan beberapa macam aktivitas seperti berenang, diving, berjemur, bahkan menggunakan alat pancing untuk menangkap ikan.

Baca juga: Wisata Kuliner Belitung? 7 Makanan Khas Belitung ini Wajib Kamu Coba!

Itulah beberapa wisata pantai di Belitung yang wajib kamu kunjungi. Gimana Toppers, sudah punya daftar pantai untuk dikunjungi? Sudah saatnya untuk kamu menentukan mana pantai yang kece untuk kamu nikmati keindahannya. Jika masih bingung, Toppers bisa menjelajahi semua pantainya lho! Pantai Belitung mana yang jadi favoritmu?

kacamata renang