• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!

13 June 2024

Share

Cara Ajarkan Pentingnya Tata Krama Pada Anak, Wajib Tahu!

Tata krama adalah norma yang mengatur perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain di berbagai situasi sosial. Penting diterapkan pada si kecil untuk kehidupan sehari-hari. Simak penjelasan lengkapnya!

Berinteraksi dengan orang lain merupakan aktivitas keseharian sebagai manusia yang tak mungkin terlepaskan. Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun pastinya perlu diajarkan bagaimana sikap yang tepat saat berinteraksi dengan orang lain.

Tata krama sangat erat kaitannya dengan sopan santun kepada orang lain. Baik itu sopan santun dalam berbicara, bertindak, dan menghargai sesama.

Mengapa tata krama menjadi penting untuk diterapkan di masyarakat? Hal ini dikarenakan sebagai manusia pastinya tak lepas dari kebutuhan berinteraksi dengan sesama atau membutuhkan bantuan dari orang lain. Untuk itu, ada pentingnya untuk mengajarkan tata krama kepada anak sejak dini.

Baca Juga: Kerap Terjadi di Sekolah, Ini Dampak Bullying Pada Anak

Pengertian Tata Krama

Pengertian tata krama

Sumber Gambar: Pexels

Tata krama adalah seperangkat aturan atau norma yang mengatur perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain di berbagai situasi sosial. Tata krama mencakup berbagai aspek seperti cara berbicara, sikap tubuh, dan tindakan yang dianggap sopan dan pantas.

Tata krama berbeda-beda di setiap budaya dan masyarakat, namun umumnya bertujuan untuk menciptakan suasana yang harmonis dan saling menghormati. Contohnya, mengucapkan salam ketika bertemu, berbicara dengan nada yang ramah, dan menghargai pendapat orang lain adalah beberapa bentuk tata krama yang umum ditemui.

Menerapkan tata krama yang baik dapat membantu membangun hubungan yang positif dan meningkatkan kerjasama serta pengertian antar individu. Untuk itu, sangat penting bagi para orang tua mengajarkan kepada anak akan kehidupan yang penuh dengan tata krama dan sopan santun.

Cara Ajarkan Tata Krama Kepada Anak dengan Tepat

Mengajarkan tata krama kepada anak adalah proses yang penting untuk membantu mereka tumbuh menjadi individu yang sopan dan menghormati orang lain. Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk mengajarkan tata krama kepada anak:

Memberi Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Pastikan kamu selalu menunjukkan perilaku yang sopan dan hormat dalam berbagai situasi sehari-hari.

Memberikan Penjelasan

Jelaskan kepada anak mengapa tata krama itu penting. Misalnya, jelaskan bahwa mengatakan "tolong" dan "terima kasih" menunjukkan rasa hormat dan apresiasi kepada orang lain.

Latihan Berulang

Beri anak kesempatan untuk mempraktikkan tata krama dalam situasi nyata. Misalnya, latih mereka untuk menyapa tamu yang datang ke rumah atau mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu.

Pujian dan Penghargaan

memberikan pujian kepada anak

Sumber Gambar: Pexels

Beri pujian ketika anak menunjukkan perilaku yang sopan. Penghargaan ini bisa berupa kata-kata pujian atau hadiah kecil yang menunjukkan bahwa kamu menghargai usaha mereka.

Konsistensi

Konsistensi adalah kunci. Terapkan aturan tata krama yang sama di berbagai situasi dan pastikan semua anggota keluarga juga mengikuti aturan yang sama.

Menggunakan Cerita atau Permainan

Gunakan buku cerita atau permainan yang menampilkan situasi sosial untuk mengajarkan tata krama. Anak-anak sering belajar lebih baik melalui cerita dan aktivitas yang menyenangkan.

Mengatasi Kesalahan dengan Bijak

Ketika anak melakukan kesalahan, bimbing mereka dengan cara yang positif. Hindari memarahi secara berlebihan, tetapi gunakan kesempatan tersebut sebagai momen pembelajaran untuk menunjukkan cara yang benar.

Mengajarkan Empati

Ajarkan anak untuk memahami perasaan orang lain. Misalnya, tanyakan bagaimana perasaan mereka jika seseorang tidak sopan kepada mereka, sehingga mereka bisa memahami pentingnya bersikap sopan.

Dengan metode-metode ini, anak-anak dapat belajar dan menerapkan tata krama dengan lebih efektif dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Buku Anak Terbaik untuk Usia 1-4 Tahun

Contoh Penerapan Tata Krama

Contoh tata krama

Sumber Gambar: Pexels

Dengan memberikan contoh penerapan tata krama dalam berkomunikasi lisan adalah cara tepat untuk memberikan gambaran tata krama pada si kecil.

Penerapan tata krama dalam kehidupan sehari-hari melibatkan berbagai tindakan yang menunjukkan rasa hormat, sopan santun, dan kesadaran sosial. Berikut beberapa contoh penerapan tata krama dalam berbagai situasi:

  1. Salam dan Sapa: Mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain, seperti "Selamat pagi," "Halo," atau "Assalamu'alaikum," serta menyapa dengan senyuman.
  2. Mengucapkan Terima Kasih: Mengatakan "terima kasih" setelah menerima bantuan, hadiah, atau layanan dari orang lain. Ini menunjukkan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan orang lain untuk kita.
  3. Menggunakan Kata Tolong: Meminta bantuan dengan sopan menggunakan kata "tolong," seperti "Tolong bantu saya," atau "Bolehkah saya meminjam pensilmu?"
  4. Menghormati Antrian: Menunggu giliran dengan sabar ketika berada di tempat umum seperti di bank, supermarket, atau tempat pelayanan lainnya.
  5. Berbicara dengan Sopan: Menggunakan bahasa yang sopan dan nada suara yang lembut saat berbicara dengan orang lain, terutama kepada orang yang lebih tua atau atasan.
  6. Memberikan Tempat Duduk: Memberikan tempat duduk kepada orang yang lebih tua, ibu hamil, atau orang yang membutuhkan di tempat umum seperti bus atau kereta.
  7. Mengetuk Pintu: Mengetuk pintu sebelum memasuki ruangan atau rumah orang lain dan menunggu izin untuk masuk.
  8. Menjaga Kebersihan: Tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan, baik di rumah, sekolah, maupun tempat umum.
  9. Menghargai Waktu Orang Lain: Datang tepat waktu pada janji atau pertemuan untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu orang lain.
  10. Menghormati Pendapat Orang Lain: Mendengarkan dengan seksama ketika orang lain berbicara dan tidak memotong pembicaraan mereka. Menghargai perbedaan pendapat dan tidak memaksakan pandangan sendiri.
  11. Mengucapkan Permisi: Mengucapkan "permisi" ketika harus melewati orang lain atau ingin meninggalkan percakapan.
  12. Berbagi: Berbagi makanan, mainan, atau barang lainnya dengan teman atau saudara tanpa diminta.

Penerapan tata krama ini membantu menciptakan lingkungan yang harmonis dan saling menghormati, sehingga hubungan sosial dapat terjalin dengan baik.

Baca Juga: Karakter Anak Tunggal yang Orang Tua Wajib Tahu dan Pahami!


Itu dia Toppers beberapa hal yang perlu diketahui tentang tata krama yang sangat penting diajarkan sejak dini kepada si kecil. Jangan lupa sesuaikan juga karakter anak dengan metode pengajaran yang akan digunakan, ya!

© 2009-2024, PT Tokopedia