• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Dry Cleaning: Pengertian & 4 Cara Merawat Baju Dry Cleaning Only

Share

Dry Cleaning: Pengertian & 4 Cara Merawat Baju Dry Cleaning Only

Dry cleaning adalah cara mencuci baju dengan sebuah cairan kimia bernama perchloroethylene. Simak alternatif mencuci lainnya.


Dry Cleaning – Apakah kamu sudah merawat baju sesuai dengan label pakaiannya? Kita mungkin lebih terbiasa mencuci baju di mesin cuci tanpa memisahkan baju-baju yang perlu dirawat khusus.

Padahal beberapa pakaian seperti jas atau baju berbahan sutra perlu kamu rawat dengan cara berbeda. Salah satu perawatan pada pakaian yang mungkin pernah kamu dengar adalah dry cleaning.

Apa Itu Dry Cleaning?

Menjadi salah satu teknik mencuci pakaian, namanya memang membuat banyak orang penasaran. Apa itu dry cleaning? Apakah artinya adalah mencuci kering dan tanpa air?

Nah, sayangnya tebakanmu tak sepenuhnya benar. Dry cleaning adalah cara mencuci pakaian dengan menggunakan cairan pelarut kotoran. Teknik ini disebut dry cleaning karena tidak menggunakan air namun cairan khusus yang bernama perchloroethylene.

Baca Juga: 16 Mesin Cuci Terbaik 2021: Kualitas Awet dan Hemat Listrik

Cara Merawat Baju Berlabel Dry Clean Only di Rumah

Dry cleaning biasanya dilakukan oleh profesional atau laundry. Karena prosesnya yang unik, teknik pencucian baju dengan jasa dry cleaning cukup mahal.

Namun, tak perlu khawatir jika kamu memiliki pakaian dengan label dry clean only. Kamu juga bisa merawat baju dry clean only sendiri di rumah, Toppers! Yuk, simak cara merawat baju berlabel dry clean only di rumah!

1. Sortir Pakaian

Sortir Pakaian
Sumber gambar: Pexels

Tidak semua pakaian perlu dan bisa dicuci dengan metode ini. Untuk mengetahui mana pakaian yang perlu dicuci dengan dry clean, kamu bisa melihat label baju yang biasanya ada pada kerah belakang atau di samping baju.

Adapun beberapa bahan pakaian yang tidak bisa kamu cuci sendiri dengan metode dry clean adalah kulit, beludru, dan bulu.

Setelah kamu menemukan baju mana yang harus dicuci dengan metode dry clean, pastikan juga bahwa baju yang akan dicuci dengan metode dry clean tidak memiliki noda yang kuat dan hanya memiliki noda yang sedikit.

Jika kamu menemukan cukup banyak noda, akan lebih baik untuk menyerahkan pakaian tersebut ke laundry profesional.

2. Hilangkan Noda pada Pakaian

Pakaian bernoda
Sumber gambar: Freepik

Sebelum masuk ke step perendaman, kamu harus membersihkan dulu beberapa noda yang ada pada pakaianmu. Gunakan stain remover pada titik spesifik untuk menghilangkan noda.

Jangan memberikan stain remover pada seluruh pakaian karena hal itu mungkin membuat kualitas kain berubah. Pastikan kamu menggosong bagian yang kotor pada pakaian dengan sangat lembut, ya, Toppers!

3. Rendam Pakaian

Rendam Pakaian
Sumber gambar: MorningChores

Masukkan beberapa deterjen lembut ke dalam air pada wadah, lalu busakan. Rendam pakaian di dalam busa lalu bersihkan bagian bagian yang kotor seperti ketiak atau kerah dengan menggunakan cari. Cobalah bersihkanlah kotoran selembut mungkin.

Putar lembut pakaian di dalam wadah dengan menggunakan tangan. Lakukan pemutaran beberapa kali hingga pakaian dirasa bersih.

Jika kamu heran mengapa kita masih menggunakan air dan detergen, cara ini bukanlah cara dry cleaning yang sesungguhnya. Namun, cara ini bisa digunakan untuk mencuci baju dengan bahan tertentu. Kuncinya ada di kelembutan detergen dan teknik pembersihan kotoran.

Jual Cover Mesin Cuci Bagus dan Banyak Motif
Ingin mesin cuci tetap awet hingga bertahun-tahun? Pakai cover mesin cuci pilihan di sini!

4. Bilas dan Keringkan

Bilas dan Keringkan
Sumber gambar: Unsplash

Setelah pakaian dirasa bersih, buanglah air detergen lalu ganti dengan air bersih. Bilas beberapa kali hingga pakaian tidak lagi berbusa.

Saat mencuci baju dengan label dry clean only, pastikan kamu tidak memeras kain. Untuk mengeringkannya, kamu bisa menggunakan handuk dengan cara menggulung pakaian dalam handuk kering.

Lakukan pengeringan dengan handuk hingga tidak ada lagi air yang menetes dari pakaian. Biasanya proses ini membutuhkan 3 sampai 4 handuk. Setelah ini, gantung baju pada hanger dan jemur hingga kering.


Bahaya dari Dry Clean

Meski bermanfaat untuk merawat pakaian dengan bahan tertentu, dry cleaning juga memiliki beberapa bahaya kesehatan yang diperhatikan bagi beberapa orang.

Cairan yang digunakan untuk melakukan dry cleaning sebenarnya mudah terbakar. Tak hanya itu, cairan ini juga bisa memicu kanker, gangguan neurologis, dan iritasi pada kulit.

Mungkin kamu perlu kembali menyortir pakaian mana yang benar-benar harus dicuci menggunakan metode ini agar dapat mengurangi risiko.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Mesin Cuci sesuai Jenisnya


Kini kamu sudah mengetahui hal-hal yang penting tentang dry cleaning. Sudah siap, deh, mencuci baju-baju dengan label khusus. Temukan cairan stain remover dan peralatan mencuci lainnya di Tokopedia!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia