Penjual di Tokopedia Hadirkan Inisiatif Ramah Lingkungan

0
166

Custombox Indonesia Tawarkan Produk Kemasan Eco-Friendly dan NutriMart Jalankan Program Recycle

Jakarta, 19 Februari 2021 – Dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2021 mendatang, Tokopedia membagikan dua kisah penjual peduli lingkungan, Custombox Indonesia dan NutriMart.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan, “Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mendukung masyarakat berperan aktif dalam menjaga lingkungan, salah satunya memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal yang mengusung produk atau inisiatif ramah lingkungan.”

“Harapannya, dukungan ini dapat mendorong masyarakat lain untuk ikut menjaga keberlangsungan lingkungan sekaligus berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi,” tambah Ekhel.

Custombox Indonesia, Kenalkan Kotak Kemasan Ramah Lingkungan

Setelah lulus dari University of California, Riverside di Amerika Serikat, Dino Johari kembali ke Indonesia dan meneruskan usaha keluarga di bidang kemasan yang telah didirikan sejak 1992. Banyak terobosan yang Dino lakukan terutama dalam menghadapi persaingan di era digital, salah satunya dengan meluncurkan Custombox Indonesia di platform digital Tokopedia pada 2018.

“Melalui Custombox Indonesia, kami menawarkan solusi kotak kemasan untuk pebisnis dari berbagai bidang, mulai dari makanan, fesyen hingga kecantikan. Kotak kemasan kami terbuat dari kertas kraft hasil daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan,” ungkap Dino.

Kehadiran platform digital seperti Tokopedia telah membantu Dino menjangkau lebih banyak masyarakat sekaligus memaksimalkan penjualan. “Selama pandemi misalnya, kenaikan penjualan kami meningkat hingga 3x lipat jika dibandingkan sebelum pandemi,” ungkapnya.

Dino juga melakukan berbagai penyesuaian agar bisnis dapat tetap berjalan meski di tengah pandemi. “Salah satunya dengan menurunkan minimum kuantitas pembelian agar lebih ramah terhadap pebisnis baru terutama UMKM,” jelas Dino.

Usaha Dino telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Saat ini ada lebih dari 90 karyawan yang berasal dari warga sekitar. Sejak bergabung dengan Tokopedia, kami bersyukur karena harus menambah karyawan di bagian admin dan produksi untuk meng-handle pesanan online,” ujar Dino.

NutriMart, Ajak Konsumen Kelola Sampah

Perubahan pola belanja masyarakat sejak pandemi, membuat Nutrifood sebagai salah satu perusahaan FMCG di Indonesia harus beradaptasi dengan cepat, salah satunya dengan membuka Official Store NutriMart di Tokopedia. 

“Fokus utama kami adalah mempermudah konsumen mendapatkan produk kami tidak terkecuali di tengah pandemi, maka Nutrifood memanfaatkan layanan TokoCabang dari Tokopedia,” ungkap Ignasius Dwi Sagita, eCommerce & Performance Marketing Manager Nutrifood.

“Dengan memanfaatkan layanan tersebut, kami sangat dipermudah dari sisi operasional. Mulai dari menerima pesanan, mengemas hingga mengantarnya ke kurir, terutama ketika menghadapi lonjakan permintaan, semua dibantu TokoCabang,” lanjutnya.

Nutrifood juga berkomitmen menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan berbagai inisiatif terkait pengelolaan sampah, salah satunya dengan menempatkan dropbox sampah kemasan kertas, plastik dan kaca di berbagai wilayah Jabodetabek.

Nutrifood turut mengajak para konsumen, termasuk di Tokopedia, untuk membawa sampah kemasan produk mereka yang nantinya akan disalurkan dan diolah oleh sentra-sentra daur ulang untuk membantu pengolahan sampah guna mengurangi jumlah sampah kemasan.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Kontak Media

Tim PR Tokopedia | pr@tokopedia.com