Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Kenali Penyebab dan 12 Cara Ampuh Hilangkan Karang Gigi secara Alami
25 June 2018
Share icon
Share
penyebab karang gigi, cara menghilangkan karang gigi secara alami, cara membersihkan karang gigi yang membandel

Hari-hari tidak nymana karena karang gigi membandel dan sulit diatasi? Ikuti beberapa cara ampuh menghilangkan karang gigi secara alami berikut ini!


Cara Menghilangkan Karang Gigi – Pada dasarnya penyebab karang gigi adalah karena penumpukan plak mengeras dan melapisi bagian-bagian pada gigi. Plak gigi sendiri terbentuk akibat sisa makanan dan protein yang bercampur dengan bakteri di dalam mulut. Hal ini timbul jika kamu sering melupakan sikat gigi.

Plak dapat membawa bakteri yang bisa merusak enamel gigi, hingga menyebabkan rongga dan kerusakan gigi permanen serta penyakit gusi dan mulut. Untuk itu, meski kedengarannya sepele, hal ini dapat mengganggu kenyamanan hidup sehari-hari jika dibiarkan terus-menerus.

Menghilangkan karang gigi secara cepat adalah ke dokter gigi tentunya. Tapi, kamu juga bisa melakukannya sendiri secara alami. Berikut ini rekomendasi cara menghilangkan karang gigi yang ampuh dan alami!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: 10 Merek Pasta Gigi Terbaik untuk Memutihkan dan Bersih dari Karang Gigi

Penyebab Karang Gigi

penyebab karang gigi, cara menghilangkan karang gigi secara alami, cara membersihkan karang gigi yang membandel
Sumber Gambar: Guff

Karang gigi adalah plak yang mengeras pada daerah gigi, terbentuk dari zat kapur dan plak, terdapat dalam air liur. Umumnya, plak terbentuk oleh sisa makanan dan bakteri terdapat di mulut dan tidak dibersihkan.

Nah, penyebab karang gigi paling umum adalah makanan tersisa dan tidak segera dibersihkan. Sisa-sisa makanan menjadi keras karena sedimentasi dari mineral, terdapat pada air liur.

Jika sisa makanan dibiarkan saja dan tidak dibersihkan, maka lama kelamaan akan terbentuk karang gigi. Tak hanya karena sisa makanan, penyebab karang gigi juga karena menyikat gigi dengan cara tidak benar, meninggalkan sisa makanan dalam mulut.

Selain itu, penyebab karang gigi adalah tidak menyikat gigi setelah makan. Tapi, bukan berarti karena kamu sering menyikat gigi kamu jadi bisa rentan dari karang gigi ya! Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula dan tepung tinggi, serta teh, kopi dan rokok juga bisa membuat gigi rentan memiliki karang gigi.

Kamu tidak boleh menganggap remeh karang gigi, karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan gigi, seperti bau mulut kurang sedap, gigi keropos, gigi berlubang, dan penyakit berbahaya dan mengganggu lainnya.

Karena itulah, kamu harus rajin merawat gigi dan membersihkan gigi dari karang gigi. Bagaimana caranya? Akan dijelaskan pada bagian di bawah!

sikat gigi jari
Ajak si kecil bersihkan gigi sejak dini dengan sikat gigi jari!

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Yang Wajib Kamu Coba!

Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami

1. Jangan Pernah Lewatkan Menyikat Gigi

penyebab karang gigi, cara menghilangkan karang gigi secara alami
Sumber Gambar: Express

Cara ini memang sudah menjadi hal utama mengatasi segala macam penyakit gigi terutama karang gigi. Kamu pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi dengan merk pasta gigi terbaik minimal dua kali sehari.

Pastikan kamu rutin melakukan hal ini, karena jika sekali terlewat saja, akan menimbulkan plak pada gigimu. Apalagi jika di hari itu kamu banyak mengonsumsi makanan manis.

2. Sempurnakan dengan Mouthwash

penyebab karang gigi, cara menghilangkan karang gigi secara alami
Sumber Gambar: Westermeier Martin Dental Care

Sehabis sikat gigi lebih agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi.

3. Hindari atau Kurangi Rokok

penyebab karang gigi, cara menghilangkan karang gigi secara alami
Sumber Gambar: Dr. Johanna Ward

Pasti sudah paham bahaya merokok selain dapat memicu segala jenis penyakit yang mematikan. Selain penyakit dalam, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi.

Bahkan, karang gigi yang ditimbulkan dari merokok jauh lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

4. Gunakan Baking Soda

cara membersihkan karang gigi yang membandel
Sumber Gambar: MD Health

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi kamu dengan cepat.

Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

5. Manfaatkan Daun Sirih

cara membersihkan karang gigi yang membandel
Sumber Gambar: Babyologist

Selain baking soda daun sirih juga bisa menghilangkan karang gigi dan bau mulut. Cukup ambil selembar daun sirih, kamu juga bisa tambahkan satu batang cengkeh juga. Haluskan sedikit, lalu kunyah.

6. Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C

cara membersihkan karang gigi yang membandel
Sumber Gambar: Remedies for Me

Buah memang sudah pasti baik untuk kesehatan tapi buah juga mempunyai manfaat lain, yaitu menghilangkan karang gigi. Kamu bisa memilih buah seperti jeruk, lemon atau pun stroberi.

Untuk memanfaatkannya, caranya mudah. Kamu tinggal hancurkan buah sampai halus, lalu celupkan pasta gigi selema 2 menit. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa.

sikat gigi elektrik
Membersihkan gigi lebih praktis dengan sikat gigi elektrik termurah di sini!

Baca Juga: Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi dengan 10 Merk Suplemen Kalsium Terbaik

7. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Buah oranye ini merupakan buah dengan banyak vitamin.

Sebelum kamu menggunakan kulit jeruk pastikan kulitnya sudah benar-benar bersih. Kemudian gosokkan langsung pada gigi, gosok hingga rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman agar lebih efektif.

8. Biji Asam Kawak

Cara lain menghilangkan karang gigi menggunakan biji asam kawak mungkin belum banyak yang tahu. Biji asam kawak memiliki efektivitas yang tinggi dalam membantu membersihkan karang pada gigi.

Kunyah biji asam kawak sampai halus. Lalu, jangan ditelan melainkan gosok gigi kamu menggunakan biji asam kawak yang sudah hancur tadi.

9. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya memang sudah terkenal baik untuk kulit, rambut sampai kesehatan gigi kita. Termasuk untuk membersihkan karang gigi.

Untuk memanfaatkannya, pertama-tama, campurkan 1 sendok teh (sdt) gel lidah buaya dengan 4 sdt gliserin, 4 sdt baking soda, dan 8-10 tetes minyak esensial lemon. Aduk hingga menjadi pasta.

Setelah itu, gosokkan ke gigi menggunakan sikat gigi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap 3-4 hari sekali.

10. Biji Wijen

Selain untuk pelengkap atau topping makanan, biji wijen juga ampuh untuk menghilangkan karang gigi, lho. Cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan biji wijen sangat mudah.

Yaitu ambil satu sendok makan biji wijen kemudian dikunyah sampai hancur. Kemudian gosok gigi kamu menggunakan pasta dari biji wijen ini sampai bersih dan merata.

11. Flossing

Flossing adalah cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan benang. Benang khusus ini akan membuat proses pembersihan karang menjadi lebih mudah. Karena dapat menjangkau area-area yang tidak bisa dicapai dengan hanya menggosok gigi.

12. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang baik untuk kesehatan luar dan dalam tubuh,termasuk untuk mengatasi karang gigi dengan cara Kumur 1 sendok makan minyak kelapa murni selama lebih kurang 15-20 menit.

Setelah meludahkannya, gosok gigi seperti biasa, ulangi setiap hari saat pagi hari sebelum kamu makan.

Baca Juga: Sakit Gigi? Yuk Ikuti Tips dan Cara Mengobati Sakit Gigi Ini!

Itu dia toppers cara alami untuk menghilangkan karang gigi membandel yang bisa kamu coba langsung di rumah. Kalau kesulitan mencari bahan-bahan seperti baking soda, minyak kelapa hingga biji wijen. Tenang toppers semua bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa ribet hanya di Tokopedia!

jual produk perawatan tubuh
Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia