Ketahui Berbagai Penyebab Diare dan Cara Mengatasi Diare

730
cara mengobati diare

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare – Meskipun tak tergolong serius, diare bukanlah penyakit yang boleh Toppers sepelekan, lho! Diare sendiri merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus memanjang hingga berminggu-minggu.

Gejala diare sendiri bisa dimulai dengan munculnya rasa sakit perut dan diikuti dengan frekuensi buang air besar yang jadi lebih sering dibandingkan biasanya. Tekstur tinja juga lebih encer. Pada kasus yang parah, Toppers bahkan bisa deman dan juga mengalami kram perut parah, lho!

Nggak cuma bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, diare bisa berakibat pada dehidrasi hingga malnutrisi karena asupan nutrisi yang jadinya tak terserap sempurna oleh tubuh. Tapi, Toppers nggak perlu khawatir karena diare bisa diatasi dengan mudah, kok. Sebelum mengetahui cara mengatasi diare, mari kita simak kebiasaan-kebiasaan dan berbagai hal yang bisa jadi penyebab Diare yang harus Toppers hindari.

Baca juga: 9 Obat Asam Urat dari Bahan Alami

Penyebab Diare

  1. Mengonsumsi makanan dan minuman kotor atau basi. Makanan kotor dan basi umumnya Infeksi usus yang diakibatkan kontaminasi dari bakteri, parasit, dan virus seperti norovirus dan rotavirus.
  2. Mengonsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab diare.
  3. Selain asupan nutrisi, faktor psikologi bisa mempengaruhi sistem pencernaan termasuk menyebabkan diare.
  4. Beberapa obat-obatan tertentu juga memiliki efek samping diare.

suplemen Omega 3

Cara Mengobati Diare

  1. Oralit sebagai pertolongan pertama mengobati diare
    Larutan oralit bisa dengan mudah Toppers temukan di apotik, toko obat-obatan, dan juga Tokopedia. Namun, oralit juga bisa dengan mudah dibuat sendiri dirumah, lho! Cukup larutkan satu sendok teh garam dan delapan sendok gula dengan satu liter air hangat. Minum larutan ini tiga hingga empat kali dalam sehari.
  2. Perbanyak minum air putih
    Hindari mengonsumsi minuman yang memiliki rasa. Utamakan konsumsi air putih. Pada saat diare, tubuh membutuhkan cairan lebih karena tubuh rentan terkena dehidrasi. Minum air putih dengan frekuensi lebih namun dengan volum yang sedikit-sedikit.
  3. Mengobati diare dengan Probiotik
    Bakteri jahat bisa dilawan menggunakan bakteri baik. Bakteri baik ini berupa probiotik yang banyak bisa ditemukan dari yoghurt dan juga keju.
  4. Manfaatkan air rebusan daun jambu
    Kandungan flavanoid yang dimiliki daun jambu bermanfaat mengurangi cairang yang ada dalam feses secara progresif sehingga baik untuk mengurangi dampak dari diare. Cara menggunakan daun jambu untuk obat diare-pun sangat mudah. Cukup rebus 15 lembar daun jambu dengan 1 liter air. Tambahkan satu sedok teh garam hingga air berkurang kurang lebih setengahnya. Minum air rebusan daun jambu ini tiga kali sehari.
  5. Teh Chamomile
    Sama halnya seperti daun jambu, teh Chamomile mengandung zar flavanoid yang bisa membantu mengobati diare. Namun, konsumsi teh ini secukupnya saja mengingat kandungan kafein yang terdapat pada teh juga tak baik untuk penderita diare.
  6. Hindari makanan-makanan tertentu
    Saat terkena diare, perhatikan asupan makanan  yang masuk ke dalam tubuh. Berikut makanan-makanan yang perlu Toppers hindari saat menderita diare:

    • Makanan olahan susu, kecuali yoghurt
    • Minuman-minuman berkafein dan beralkohol
    • Makanan dengan kandungan asam tinggi
    • Makanan dengan kandungan gula tinggi
    • Makanan-makanan berminyak

Baca juga: Cara Simpel Membuat Yogurt Sendiri di Rumah serta Manfaatnya

Ternyata tak sulit bukan mencegah dan juga mengobati Diare? Yuk, daripada Toppers kerepotan karena Diare, selalu jaga kesehatan tubuh dan perhatikan kebersihan lingkungan dan makanan yang kamu makan, ya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, nggak ada salahnya juga bekali tubuh dengan berbagai vitamin dan suplemen yang bisa Toppers beli secara online di Tokopedia.

teh oolong

Bagikan Artikel