Pengertian Penyakit Diabetes dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

334
Pengertian, Jenis dan Gejala Penyakit Diabetes

Gejala Penyakit Diabetes – Diabetes adalah penyakit yang muncul ketika kadar gula darah atau glukosa darah terlalu tinggi, dan ini terjadi dalam waktu lama. Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit gula ini. Jika orang tua kamu menderita penyakit ini, kamu harus selalu waspada, jika gejala penyakit diabetes bisa kapan saja kamu alami apabila tidak menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit diabetes erat kaitannya dengan organ tubuh pankreas. Hormon yang dihasilkan pankreas bernama insulin bekerja membantu mengubah glukosa dari makanan masuk ke dalam sel, sehingga dapat digunakan menjadi energi. Akan tetapi, tubuh tidak selalu menghasilkan cukup insulin atau tidak memanfaatkan insulin dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Penyebab Asam Urat yang Bisa Dialami Anak Muda

Penyakit diabetes sendiri disebabkan karenak kadar gula darah yang meningkat akibat endapan gula tidak mencapai sel. Meski belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara 100 persen, setiap penyakit diabetes dapat diatasi dengan mengontrol kadar gula darah dan menjalani kehidupan yang sehat, Toppers.

Agar lebih hati-hati, yuk simak berbagai jenis dan gejala penyakit diabetes yang perlu kamu ketahui berikut ini.

Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit Diabetes Tipe 1

Gejala Penyakit Diabetes
Sumber Gambar: Pexels

Jika kamu menderita diabetes tipe 1, maka dapat dipastikan tubuh tidak menghasilkan insulin. Sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel di pankreas yang menghasilkan insulin. Penyakit diabetes tipe 1 cenderung menyerang anak-anak dan dewasa muda, namun tidak menutup kemungkinan menyerang manusia di usia lain.

Orang-orang yang menderita diabetes tipe 1 harus mengonsumsi insulin setiap hari untuk bertahan hidup. Gejala penyakit diabetes tipe 1 adalah sebagai berikut:

  • Penurunan berat badan secara mendadak dan signifikan.
  • Selalu merasa haus.
  • Buang air kecil dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Tetap Lezat

Penyakit Dabetes Tipe 2

Gejala Penyakit Diabetes
Sumber Gambar: Pexels

Penyakit diabetes tipe 2 adalah kondisi dimana tubuh tidak memanfaatkan insulin dengan baik. Seseorang dapat menderita diabetes tipe ini kapan saja, bahkan saat masih masa kanak-kanak. Penyakit diabetes tipe 2 cenderung timbul di usia pertengahan dan usia lanjut.

Penyebab penyakit diabetes tipe 2 timbul karena gaya hidup seseorang yang tidak mementingkan kesehatan, serta malas beraktivitas fisik. Mengonsumsi gula pasir rendah kalori sebagai pengganti pemanis dapat membantu menurunkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2.

Penyakit Dabetes Gestasional

Penyakit diabetes gestasional berkembang saat seorang perempuan tengah mengandung. Penyakit diabetes ini hilang seiring dengan lahirnya bayi. Namun, jika seseorang pernah menderita penyakit diabetes gestasional, orang tersebut beresiko terserang diabetes tipe 2 di kemudian hari. Diabetes di masa mengandung cenderung terdiagnosa sebagai penyakit diabetes gestasional padahal penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Tips Puasa untuk Penderita Diabetes

Toppers, selalu waspada lah akan setiap gejala penyakit diabetes yang mungkin timbul. Ketahui penyakit gula ini sedini mungkin, agar kemungkinan terburuknya bisa diminimalisasi. Untuk itu, temukan alat pengukur kadar gula darah terbaik dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

Gejala Penyakit Diabetes

Bagikan Artikel