• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Penyebab Utama Sakit Gigi Berkepanjangan

19 May 2022

Share

10 Penyebab Utama Sakit Gigi Berkepanjangan

Sedang mengalami sakit gigi yang tak kunjung sembuh? Simak penyebab sakit gigi berkepanjangan berikut ini.


Sakit gigi adalah suatu kondisi yang sangat tidak nyaman. Kondisi ini terjadi ketika ada rasa nyeri pada atau sekitar gigi kamu. Hal ini menandakan ada suatu masalah pada gigi atau gusi kamu.

Karena seringkali dianggap sepele, orang terkadang menunda pengobatan sakit gigi. Mengalami sakit gigi dalam waktu singkat saja sudah sangat mengganggu, apalagi jika rasa sakit gigi tersebut tak kunjung sembuh.

Intensitas dan frekuensi munculnya sakit gigi itu berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Jika kamu mengalami sakit gigi berkepanjangan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 13 Obat Sakit Gigi Alami: Ramuan Tradisional, Bahan Herbal

Penyebab Sakit Gigi Berkepanjangan

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan sakit gigi. Namun, sakit gigi yang tak kunjung sembuh bisa jadi disebabkan oleh sesuatu yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan sakit gigi berkepanjangan.

1. Makanan dan Minuman Asam

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam dapat menyebabkan sakit gigi yang berkepanjangan. Contohnya adalah makanan seperti yogurt, jus jeruk, tomat atau jus buah lainnya.

Jika gigi sering terpapar makanan atau minuman asam, enamel pada gigi dapat mulai terkikis. Hal tersebut akan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

2. Soda

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Soda juga merupakan sebuah zat yang dapat menimbulkan erosi pada lapisan gigi paling luar. Sama seperti asam, hal ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Jika dibiarkan, erosi ini dapat menyebabkan pengikisan dan membuat gigi berlubang.

Mengkonsumsi minuman bersoda tidak dilarang, namun sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Berkumur setelah minum soda juga dapat mencegah sakit gigi berkepanjangan.

3. Mengunyah Es Batu

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Salah satu penyebab sakit gigi berkepanjangan yang jarang diketahui adalah mengunyah es batu. Beberapa orang gemar mengunyah es batu setelah makan makanan pedas dan jika dilakukan terlalu sering dapat berdampak buruk pada gigi.

Mengunyah es batu juga dapat mengikis enamel gigi. Saat enamel terkikis, gigi menjadi lebih sensitif terhadap zat dingin maupun panas.

4. Makanan dan Minuman Bersuhu Ekstrim

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gigi bisa menjadi lebih sensitif jika enamel gigi terkikis. Hal ini juga bisa terjadi jika ada saraf yang terbuka di gigi.

Selain kedua faktor tersebut, suhu panas atau dingin yang ekstrim pada gigi juga bisa membuat gigi kamu lebih sensitif. Rasa ngilu bisa muncul tiba-tiba dan membuat gigi kamu berisiko mengalami sakit gigi berkepanjangan.

5. Menggertakkan Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Williamsburg Dental

Sakit gigi berkepanjangan juga dapat disebabkan oleh kebiasaan menggertakkan gigi yang buruk. Kebiasaan buruk ini biasanya disebabkan oleh stres tinggi atau kekurangan tidur.

Menggertakkan gigi dapat mengganggu dentin dan merusak enamel. Dentin merupakan lapisan tengah gigi yang berisi tabung berlubang dan tabung ini mengarah ke saraf.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman & Manjur

6. Menyikat Gigi Terlalu Kencang

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Menyikat gigi tentunya merupakan hal yang baik. Namun jika dilakukan terlalu kencang, lapisan pelindung gigi dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan dentin gigi terekspos.

Jika dentin terkena makanan yang asam, lengket, atau bersuhu ekstrim, gigi kamu dapat mengalami ngilu. Hal ini karena gigi menjadi lebih sensitif.

7. Plak yang Menumpuk

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Wesley Blakeslee

Plak adalah sebuah lapisan lengket pada gigi yang mengandung bakteri. Jika menumpuk secara berlebihan, enamel gigi dapat terkikis dan menyebabkan sakit gigi berkepanjangan.

Selain menggerogoti gigi, plak juga dapat berdampak buruk pada gusi dan membuat keduanya lebih sensitif. Untuk mencegah penumpukan plak, kamu perlu menyikat dan flossing gigi secara rutin.

8. Asam Lambung

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Pexels

Penyakit GERD atau maag merupakan penyakit pencernaan. Meskipun kelihatannya tidak berhubungan dengan kesehatan gigi, penyakit ini juga bisa menjadi penyebab sakit gigi berkepanjangan.

Kedua penyakit ini dapat menyebabkan asam lambung mengalir ke mulut. Zat asam tersebut dapat mengikis enamel dan membuat gigi kamu ngilu.

9. Jenis Sikat Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Dalam merawat gigi, kamu juga perlu memilih jenis sikat gigi yang baik. Jenis sikat gigi salah dapat berdampak buruk pada gigi dan menimbulkan sakit gigi berkepanjangan.

Sikat gigi dengan bulu yang kasar dapat merusak lapisan pelindung gigi. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan sikat dengan bulu yang lebih halus dan lembut. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan, ya.

10. Pemutih Gigi

Penyebab Sakit Gigi

Sumber Gambar: Unsplash

Untuk memutihkan gigi, biasanya produsen menambahkan bahan kimia pemutih pada produk pasta giginya. Namun, beberapa orang bisa jadi lebih sensitif terhadap bahan tersebut.

Bahan tersebut juga bisa ditemukan pada produk pemutih gigi lainnya seperti strip pemutih. Produk-produk tersebut dapat membuat gigi lebih sensitif. Tapi biasanya sakit gigi karena pemutih gigi hanya bersifat sementara dan mereda saat kamu berhenti menggunakannya.

BACA JUGA: 12 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotik

Itulah beberapa penyebab sakit gigi berkepanjangan, Toppers. Jika kamu mengalami sakit gigi berkepanjangan, sebaiknya kamu segera memeriksanya ke dokter gigi.

Untuk merawat gigi kamu dengan baik, kamu bisa menemukan berbagai produk kesehatan gigi dan mulut seperti sikat gigi dan pasta gigi di Tokopedia. Beli di Tokopedia untuk mendapatkannya dengan harga terbaik!

Penulis: Keefe Adrian

© 2009-2024, PT Tokopedia