• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Hamil Bayi Laki-Laki atau Perempuan, Ini 10 Perbedaannya

Share

Hamil Bayi Laki-Laki atau Perempuan, Ini 10 Perbedaannya

Mau tau perbedaan hamil laki-laki dan perempuan? Temukan sejumlah pertanda dan perkiraan yang banyak diyakini ibu hamil untuk memprediksi kelamin si kecil.


Saat tengah hamil, seorang ibu dan pasangannya tentu tidak sabar untuk mengetahui jenis kelamin si kecil. Sementara, hasil USG yang paling akurat untuk menunjukkan jenis kelamin bayi baru bisa didapatkan setelah 20 minggu.

Nah, Toppers, ada lho berbagai prediksi dan teori yang diklaim dapat menjadi penanda untuk membedakan hamil bayi perempuan dan bayi laki-laki.

Namun, tanda-tanda di bawah ini tidak didukung oleh bukti ilmiah, ya!. Jika ingin tahu dengan pasti dan akurat, tentu Toppers harus menunggu hasil USG. Selain USG, ada pula Amniosentesis dan CVS.

Nah, sekadar untuk seru-seruan, berikut adalah sejumlah hal yang membedakan hamil laki-laki dan perempuan:

Perbedaan Hamil Bayi Laki-Laki dan Perempuan

1. Morning Sickness

Jika kamu mengalami morning sickness yang parah, katanya ini berarti kamu mengandung bayi perempuan. Konon, ini disebabkan oleh hormon estrogen yang bertambah.

Baca Juga: 10 Obat Biang Keringat Bayi Terbaik: Ampuh Mengatasi Gatal pada Bayi

2. Bentuk Perut

Bentuk perut ibu hamil konon katanya berbeda, saat hamil bayi laki-laki dan perempuan. Jika bentuk perut menonjol ke depan, ini menunjukkan bahwa bayinya laki-laki. Lalu, bayi tersebut diduga perempuan jika bentuk perlu menonjol ke atas. 

Selain itu, jika letak bayi lebih di bawah, katanya bayi tersebut laki-laki. Jika letak bayi lebih ke atas, bayi tersebut adalah perempuan.

3. Garis Di Perut

Garis gelap di bagian perut (linea nigra) yang panjangnya sampai ke pusar menandakan kamu akan memiliki anak perempuan. Bila garis tersebut panjangnya sampai melewati pusar, bayinya adalah laki-laki.

4. Ukuran Payudara

Ukuran payudara pun katanya bisa memberi tanda tentang jenis kelamin si bayi dalam kandungan, Toppers.

Jika saat hamil payudara yang kiri lebih besar dari yang sebelah kanan, itu tandanya kamu akan memiliki bayi perempuan. Sebaliknya, payudara kanan yang lebih besar menandakan anak laki-laki di dalam kandungan.

5. Posisi Berbaring

Konon ada tanda yang lebih sederhana lagi, lho. Se-simpel melihat posisi berbaring kamu. Miring ke kanan atau ke kiri? 

Jika kamu bertumpu pada sisi kiri tubuh kamu, atau miring ke kiri, itu berarti anak yang dikandung adalah laki-laki. Jika kamu berbaring dengan posisi miring ke kanan, katanya, anak yang dikandung adalah seorang perempuan.

6. Mimpi

perbedaan hamil bayi laki laki dan perempuan
Sumber Gambar: Pexels

Mimpi bukan cuma bunga tidur? Konon, mimpi kamu bisa memberitahu kamu, lho, tentang jenis kelamin si bayi. 

Kalau Toppers mimpinya soal cowok-cowok, nih, berarti anaknya adalah perempuan! Sebaliknya, jika yang dimimpikan adalah perempuan-perempuan, katanya, anaknya adalah laki-laki.

7. Mengidam Makanan Tertentu

Selama hamil, ngidam makanan apa? Mengidam makanan asin disebut-sebut menandakan bahwa kamu mengandung anak laki-laki, lho. Begitu juga dengan makanan asam.

Jika Toppers mengidam makanan manis, bisa jadi bayi yang ada di dalam perut adalah seorang perempuan!

Baca Juga: 15 Nama Malaikat dalam Islam untuk Inspirasi Nama si Kecil

Toppers, itu tadi adalah sejumlah pertanda yang dipercaya oleh beberapa orang dapat membedakan hamil bayi laki-laki dan perempuan.

Meski demikian, metode USG merupakan yang paling ilmiah dan dapat diyakini kebenarannya untuk melihat kelamin bayi sebelum dilahirkan.

Apapun pilihannya, yang penting adalah terus menjaga kesehatan si ibu dan bayinya. Toppers bisa pula berbelanja rangkaian perawatan untuk ibu hamil di Tokopedia.

celana ibu hamil

Penulis: Talitha

© 2009-2024, PT Tokopedia