Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar, Kelebihan & Kekurangannya

0
323
perbedaan prabayar dan pascabayar
Sumber gambar: freepik

Berikut ini perbedaan kartu prabayar dan pascabayar, serta kelebihan dan kekurangannya untuk membantumu memilih kartu seluler sesuai kebutuhan!


Saat ini, telepon seluler atau handphone merupakan hal yang penting untuk menunjang kebutuhan komunikasi sehari-hari. 

Untuk bisa melakukan panggilan telepon, berkirim SMS, ataupun mengakses internet di handphone, tentunya kamu membutuhkan kartu SIM dari provider pilihan yang resmi dan terdaftar.

Di Indonesia, terdapat dua pilihan kartu SIM yang dihadirkan oleh operator, yaitu kartu prabayar dan kartu pascabayar. Kedua jenis kartu tersebut tentunya tidaklah sama dan memiliki perbedaan serta keunggulan dan kekurangannya tersendiri. 

Nah, bagi Toppers yang masih bingung tentang perbedaannya, berikut ini ulasan tentang perbedaan kartu prabayar dan pascabayar beserta kelebihan dan kekurangan keduanya agar kamu bisa lebih mudah untuk menentukan pilihanmu.

BACA JUGA: Cara Bayar PBB Lewat ATM BCA, BRI, Mandiri dan Tokopedia

banner bpjs

Perbedaan Kartu Prabayar dan Kartu Pascabayar

Sesuai namanya, perbedaan yang paling signifikan dari kartu prabayar dan pascabayar ada pada proses pembayarannya. Kata “pra” memiliki arti “sebelum” dan kata “pasca” punya arti “sesudah”. 

Jadi, dari istilah tersebut dapat diartikan bahwa dengan kartu prabayar kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu di awal agar dapat menggunakan layanan yang ada.

Sedangkan untuk kartu pascabayar, kamu dapat memakai layanan terlebih dulu kemudian baru membayarnya di tanggal yang sudah ditentukan.

Perbedaan lainnya antara kartu prabayar dan pascabayar ada pada penawaran layanannya. Kartu pascabayar akan lebih cocok untuk kamu yang menyukai layanan prioritas.

Kartu pascabayar juga sangat cocok bagi kamu yang tidak masalah dengan proses administrasi, sebab seluruh data informasi tentang kamu akan tercatat pada sistem database provider seluler yang kamu pilih.

Namun, jika kamu mudah tergiur dengan promosi paket murah yang biasanya ditawarkan oleh provider untuk kurun waktu tertentu dan tidak merasa repot untuk bolak-balik mengisi pulsa, maka kartu prabayar akan lebih cocok untuk kamu. 

Selain dari perbedaan di atas, kartu prabayar dan pascabayar juga memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari kedua kartu tersebut:

BACA JUGA: Syarat & Biaya Pemasangan Baru Pelanggan PLN 2021

Kelebihan Kartu Prabayar

  • Pengguna dapat mengisi pulsa kapan saja dengan nominal sesuka kamu.
  • Kartu prabayar lebih simpel dan praktis. Layanan prabayar sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin repot membayar tagihan.
  • Pendaftarannya cukup mudah. Pendaftaran dilakukan dengan menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Hanya dengan cara ini, pengguna prabayar dapat langsung menggunakan layanan telepon seluler tersebut.

Kekurangan Kartu Prabayar

  • Harga paket lebih mahal apabila dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif dibandingkan dengan pascabayar.
  • Pengguna prabayar tidak memiliki kesempatan untuk memilih nomor handphone nya. 
  • Tidak ada informasi atau pemberitahuan mengenai jumlah pemakaian pulsa.

Kelebihan Kartu Pascabayar

  • Pengguna dapat mengatur limit penggunaan. Jika seandainya penggunaan melewati batas limit, kamu bisa menghentikan penggunaan.
  • Penggunaan pemakaian dinilai lebih transparan serta bisa dicek kapan saja.
  • Pengguna dapat memilih sendiri nomor yang sesuai dengan keinginan. Selain dapat membuat nomor lebih mudah dihafal atau nomor cantik, penggunaan pascabayar dapat memilih jumlah nomor yang lebih sedikit, sekitar 10 sampai 11 nomor.
  • Banyak pihak yang menyatakan bahwa jaringan yang digunakan pada layanan pascabayar dinilai lebih baik daripada layanan prabayar.
  • Harga paket lebih murah jika dihitung secara akumulatif ketimbang yang ditawarkan oleh layanan prabayar.
  • Cocok untuk kamu yang tidak suka bolak-balik mengisi pulsa karena pembayaran hanya satu kali, diawal atau diakhir bulan.

Kekurangan Kartu Pascabayar

  • Dalam banyak kasus, pengguna baru dari layanan kartu pascabayar mengeluhkan adanya telepon atau SMS masuk yang berasal dari berbagai instansi, seperti asuransi, bank, dan sebagainya yang tentu saja sangat mengganggu.
  • Proses pendaftaran kartu pascabayar jauh lebih rumit daripada prabayar dan harus memenuhi beberapa syarat tertentu.

BACA JUGA: Cara Menabung Emas di Pegadaian Melalui Aplikasi Tokopedia

Jadi, Gimana Toppers? Setelah membaca tentang perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari kartu prabayar dan pascabayar, apakah kamu sudah lebih mudah dalam menentukan pilihanmu?

Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dengan kondisi keuangan, pertimbangan untung rugi, dan kemudahannya dalam memilih kartu yang kamu inginkan. 

Agar lebih mudah dan praktis, kamu bisa membeli pulsa, paket data, dan roaming melalui Tokopedia. Pastinya lebih hemat dengan berbagai diskon dan promo menarik lainnya!

bayar tagihan listrik pln
Bayar tagihan listrik kini lebih praktis dan banyak untungnya!

Penulis: Naura Az-Zahra