• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Perbedaan Pembalut dan Panty Liner yang Perlu Diketahui

Share

Perbedaan Pembalut dan Panty Liner yang Perlu Diketahui

Banyak dari kita belum tahu betul perbedaan pembalut dan panty liner secara tepat. Mulai dari fungsi, jenis, dan bahan yang aman untuk digunakan. Untuk ketahui secara detail, simak artikel berikut.


Perbedaan Pembalut dan Pantyliner – Sebagai wanita, merawat area kewanitaan memang wajib hukumnya. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kesehatan area kewanitaan dan menjaga kenyamanan saat beraktivitas.

Penggunaan pembalut dan panty liner memang sudah lumrah bagi kalangan wanita. Namun, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dalam segi fungsi, jenis, dan juga bahan aman yang digunakan untuk pembalut dan panty liner.

Untuk ketahu lebih lanjut, berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan pembalut dan panty liner yang perlu kamu ketahui!

Perbedaan Fungsi Pembalut dengan Panty Liner

Fungsi Pembalut

Daya serap dari pembalut lebih tinggi dibandingkan pantyliner, sehingga memang dianjurkan saat datang bulan menggunakan pembalut bukan pantyliner. Dengan pembalut, cairan yang tertampung akan lebih banyak dibandingkan dengan pantyliner, sehingga meminimalisir tembus atau bocor pada celana.

Pilih pembalut yang memilki daya serap tinggi agar memungkinkan udara dapat masuk. Karena kondisi vagina selalu lembap, dianjurkan memilih pembalut dengan daya serap tinggi.

Fungsi Panty Liner

kupon thr tokopedia
Bagikan kupon THR dan dapatkan cashback hingga Rp 1 juta!

Pantyliner sebenarnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, pantyliner juga tidak baik kalau digunakan sepanjang hari disetiap harinya. Menggunakan pantyliner yang terlalu sering justru bisa membuat iritasi pada kulit, serta infeksi jamur dan jerawat pada area kewanitaan.

BACA JUGA: 8 Pilihan Pantyliner Yang Bagus dan Aman: Manfaat dan Harga

Perbedaan Jenis dan Ukuran Pembalut dan Panty Liner

Sumber: irishtimes
Sumber: irishtimes

Jenis dan Ukuran Pembalut

Pembalut memiliki berbagai ukuran, mulai dari 22cm, 29cm, 30cm, hingga 40cm. Mengapa ukuran pembalut lebih beragam dari pantyliner? Dikarenakan fungsi penggunaan pembalut sendiri ditujukan bagi para wanita yang sedang datang bulan, terutama yang sedang banyak-banyaknya.

Banyaknya cairan mensturasi pada wanita berbeda-beda dan ukuran tubuh pun berbeda-beda, itulah mengapa ukuran pembalut bervariasi sehingga bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Jenis dan Ukuran Panty Liner

Untuk ukuran pantyliner memang jauh lebih kecil dibandingkan pembalut. Hal ini dikarenakan, pantyliner tidak memiliki fungsi untuk menampung cairan mensturasi, melainkan mencegah keputihan yang langsung mengenai pakaian dalam.

Bahan Pembalut dan Panty Liner yang Aman Digunakan

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash

Memilih pembalut dan pantyliner memang tidak boleh sembarangan. Melihat area kewanitaan merupakan area yang sensitif, kamu harus lebih cermat dalam memilihnya. Pilihlah pembalut dan pantyliner yang tidak meiliki kandungan kimia berbahaya, salah satunya adalah parfum.

Hindari pemilihan kedua produk tersebut yang memiliki kandungan aroma atau esensi mint saat pemakaian. Pilihlah bahan pembalut yang aman untuk mencegah ruam dan iritasi, seperti daya serap yang tinggi.


Setelah membaca penjelasan di atas, kamu sudah lebih paham betul kan perbedaan pembalut dan panty liner yang sebenarnya. Gunakan dan pilihlah keduanya dengan seksama, pilih bahan yang aman untuk kulit dan kesehatan area kewanitaan.

BACA JUGA: 5 Merk Pembalut Wanita Terbaik paling Favorit

Cegah iritasi dan lembab berlebih pada area kewanitaan dengan cara memilih pembalut dan panty liner yang tepat. Untuk permudahmu, kini bisa beli pembalut dan pantyliner secara online di Tokopedia! Kamu juga bisa beli dari beberapa Official Store Tokopedia, seperti di KAO Indonesia, Watson, Century, atau supermarket online seperti LotteMart, GrandLucky dan lain sebagainya!

jual produk perawatan tubuh
Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia