Bayi Tumbuh Gigi: 5 Hal yang Bunda Perlu Persiapkan

30
Bayi Tumbuh Gigi
Sumber gambar: Pixabay

Tumbuh gigi pada bayi sering ditandai dengan rewel dan juga demam. Bunda tidak perlu panik, karena bisa diatasi dengan cara yang mudah tanpa harus pergi ke dokter.


Hal yang Harus Dipersiapkan saat Bayi Tumbuh Gigi – Jika Bunda mengalami momen pertama tumbuh gigi pada anak, Bunda jangan khawatir berlebih karena ada solusinya. Tumbuh gigi pada anak bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti demam dan rewel berlebih.

Selain itu, bisa juga ditandai dengan si kecil yang suka mengigit-gigit dan memasukkan benda ke dalam mulutnya, air liurnya yang lebih banyak dari biasanya juga merupakan tanda ia mengalami tumbuh gigi. Untuk mengatasi tanda-tanda di atas, Bunda bisa lakukan beberapa hal.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Si Kecil dengan 10 Sikat Gigi Bayi Terbaik

Yang Perlu Diketahui saat Bayi Tumbuh Gigi

1. Berikan Mainan Teething/Teether

Memberikan teether pada si kecil bisa jadi salah satu hal utama bagi Bunda untuk persiapan tumbuh gigi pada bayi. Teether bisa dimasukkan ke mulut anak untuk ia gigit dan digenggam oleh dirinya sendiri.

Bunda bisa simpan teether di dalam kulkas untuk meredakan rasa gatal di gusi karena gigi yang baru tumbuh. Namun, jangan masukkan teething ke dalam freezer karena justru bisa berbahaya untuk gusi bayi. Pilihlah teether yang berlabel aman dan jangan lupa untuk selalu bersihkan dengan air bersih setiap hari dan sebelum Bunda berikan ke si kecil.

2. Camilan Sehat untuk Si Kecil

Karena tumbuh gigi, membuat si kecil lebih suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk Bunda berikan camilan sehat kepada si kecil. Bunda bisa berikan finger food seperti wortel atau apel jika bayi sudah berusia 6 bulan.

Tetapi Bunda harus ingat untuk hindari camilan dengan kandungan gula berlebih, seperti cokelat. Hal tersebut dapat merusak gigi si kecil.

3. Berikan Minuman Dingin

Sesuatu yang dingin, bisa meredakan nyeri dan gatal pada gusi si kecil. Jika usia si kecil sudah memasuki 6 bulan, Bunda bisa berikannya minuman dingin. Namun, bukan minuman dingin berasa dan ada kandungan gula yang tinggi. Cukup berikan air mineral dingin saja.

mainan block

4. Usap-usap Gusi

Bukan hanya area gusi yang baru tumbuh gigi saja. Seluruh permukaan gusi bayi bisa saja gatal karena baru pertama kali merasakan tumbuh gigi.

Bunda bisa membantu meredakannya dengan mengusap gusi si kecil dan sedikit menekan permukaan gusi dengan jari. Jangan lupa untuk selalu bersihkan tangan Bunda terlebih dahulu sebelum mengusap gusinya

5. Berikan Handuk Dingin

Si kecil yang baru saja tumbuh gigi sangat menyukai mengigit sesuatu yang dingin. Bunda bisa berikan handuk atau kain yang lembut dan lentur untuk ia gigit. Dinginkan terlebih dahulu handuk yang akan diberikan. Jangan lupa untuk pastikan bulu pada bahan handuk tersebut kuat dan pendek, sehingga aman untuk digigit si kecil.

6. Konsultasikan Pada Ahlinya

Jika rasa nyeri pada gusi bayi tidak juga mereda, Bunda bisa tanyakan dan konsultasikan langsung kepada ahlinya.

Jika hal ini terjadi, biasanya dokter akan memberikan obat dengan kandungan parasetamol untuk menurunkan demam si kecil atau ibuprofen dalam jumlah yang kecil. Namun, tidak disarankan untuk Bunda memberikan obat-obatan tanpa arahan dokter.

BACA JUGA: Dukung PerTumbuhan Gigi bayi dengan 10 Merk Teether Terbaik dan Aman

Demam yang disebabkan karena tumbuh gigi pada bayi memang termasuk hal yang umum terjadi. Namun, jika demam tidak juga reda Bunda bisa langsung konsultasikannya ke dokter.

Kini Bunda sudah tahu kan apa saja hal yang perlu dipersiapkan untuk menangani tumbuh gigi pada anak? Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dan ke-higienisan benda yang Bunda berikan untuk anak gigit. Selalu jaga kebersihan pada teether yang diberikan agar tidak ada kuman atau bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuhnya.

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel