Hal yang Perlu Diketahui Ibu Hamil saat Naik Pesawat

56
tips traveling - kesabaran
Sumber gambar: Pexels

Tidak ada salahnya bagi ibu hamil jika ingin berpergian menggunakan pesawat. Namun, ada beberapa hal yang harus Bunda ekstra perhatikan demi kelancaran dan keselamatan perjalanan.


Ibu Hamil saat Naik Pesawat – Bunda pasti sudah tahu kan istilah babymoon? Istilah tersebut merupakan perjalanan romantis bagi para calon orang tua sebelum melahrikan. Terkadang, para wanita pun menyebut babymoon sebagai sebagian dari ngidam. Ada yang melakukan babymoon ke tujuan yang dekat ada juga yang memerlukan perjalanan udara.

Nah, banyak yang beranggapan bahwa saat hamil sangat berbahaya untuk melakukan perjalanan udara. Sebenarnya tidak, semua tergantung pada kondisi Bunda dan juga janin pada kandungan.

Kini banyak maskapai yang menentukan peraturan keberangkatan bagi para ibu hamil. Usia kehamilan tertentu dikategorikan sebagai usia kehamilan yang berbahaya jika mengikuti perjalanan udara. Namun, ada baiknya sebelum berpergian Bunda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

BACA JUGA: 12 Cara Mudah dan Aman Atasi Bengkak di Kaki Saat Hamil

Usia Trimester Kehamilan yang Aman untuk Lakukan Perjalanan Udara

Sebenarnya, di usia trimester ke berapakah Bunda aman naik pesawat? Trimester kedua dikatakan sebagai usia kehamilan yang paling aman bagi Bunda untuk berpergian naik pesawat. Di trimester pertama, Bunda biasanya mengalami morning sickness. Saat melakukan perjalanan udara di trimester awal, Bunda bisa saja mengalami pusing, mual, bahkan muntah berada di pesawat. Selain itu, Bunda juga bisa bolak-balik ke toilet yang justru buat Bunda kelelahan dan buat perjalanan jadi tidak nyaman. Juga, risiko keguguran bisa saja terjadi di trimester awal karena kehamilan masih tergolong rentan.

Untuk usia kehamilan di trimester ketiga dikatakan tidak aman karena bisa saja mengalami proses melahirkan prematur. Maka, disarankan untuk Bunda berpergian naik pesawat di usia kehamilan trimester kedua.

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Penerbangan

Ada baiknya sebelum berpergian jauh Bunda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter dan mencari informasi mengenai aturan maskapai mengenai penumpang ibu hamil. Dengan berkonsultasi dengan dokter, Bunda mengetahui hal apa saja yang boleh dan dilarang untuk dilakukan. Selain itu, Bunda juga bisa mengetahui obat-obatan apa saja yang wajib dibawa selama penerbangan. Bunda bisa siapkan stoking dari apotik yang dapat menghindari kaki bengkak.

Saat memilih tempat duduk di pesawat, pastikan berdekatan dengan toilet. Hal ini dapat mempermudah Bunda ketika ingin ke toilet, sehingga tidak perlu jalan terlalu jauh. Pilihlah tempat duduk yang nyaman sehingga Bunda bisa merebahkan kaki. Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat, ada baiknya Bunda melakukan istirahat dan tidur yang cukup. Hal ini tergolong penting untuk ibu hamil. Nah, untuk menghindari jetlag, Bunda bisa mengatur jam tidur sesuai dengan tujuan berpergian.

Jika Bunda berpergian ke daerah yang rawan akan virus, sangat dianjurkan untuk Bunda melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Udara di pesawat memang tidak membuat Bunda terinfeksi virus, namun jika duduk berdekatan dengan orang yang terinfeksi bisa saja menular kepada Bunda.

Perlengkapan travelling bayi
Ajak si kecil traveling tak perlu bingung. Penuhi segala perlengkapannya di sini!

Hal yang Perlu Bunda Lakukan Selama Berada di Dalam Pesawat

Saat berada di dalam pesawat, Bunda harus selalu berpegangan pada kursi selama perjalanan ke toilet. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya guncangan di pesawat atau turbulance.

Selain itu, Bunda juga perlu mengkonsumsi air mineral yang cukup sehingga tidak merasakan dehidrasi berlebih. Disarankan, Bunda selalu bergerak setiap 30 menit untuk mengindari adanya pegal-pegal, kram, hingga kaki yang bengkak.

Disarankan juga untuk Bunda menggunakan pakaian yang nyaman saat melakukan perjalanan udara. Jangan gunakan pakaian yang ketat agar Bunda tetap nyaman untuk bernafas. Pastikan juga untuk selalu memakai sabuk pengaman secara benar dan nyaman, jika kesulitan Bunda bisa menanyakannya kepada kru kabin mengenai prosedur yang tepat dalam pemakaian sabuk pengaman untuk ibu hamil.

BACA JUGA: 9 Cara Mudah Atasi Gatal di Perut Saat Hamil

Setelah mengetahui hal yang perlu diketahui Ibu hamil saat naik pesawat, Bunda pastinya akan lebih merasa nyaman dan aman saat berpergian. Konsultasikan lah terlebih dahulu kepada dokter sebelum merencanakan babymoon, agar liburan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Terlebih jika Bunda memang memiliki riwayat penyakit tertentu saat berpergian jarak jauh.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Bagikan Artikel