• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Persiapan Penting Sebelum Umroh yang Wajib Kamu Tahu!

Share

6 Persiapan Penting Sebelum Umroh yang Wajib Kamu Tahu!

Persiapan Sebelum Umroh – Ibadah Umroh yang juga kerap disebut sebagai “Ibadah Haji Kecil” merupakan salah satu alternatif ibadah yang bisa Toppers lakukan di tanah suci selain Ibadah Haji jika memang Toppers masih menunggu antrean kuota Haji ataupun karena alasan lainnya.

Meskipun dari segi posesi dan tata cara, Ibadah Umroh lebih singkat dari Ibadah Haji, bukan berarti persiapan ibadah Umroh bisa Toppers sepelekan. Agar ibadah di tanah suci bisa lebih maksimal, berikut tips persiapan sebelum ibadah Umroh yang penting dan tak boleh sampai dilewatkan!

Persiapan Sebelum Ibadah Umroh

1. Bekali Diri dengan Informasi seputar Ibadah Umroh

Persiapan paling awal sebelum memutuskan untuk menunaikan Ibadah Umroh adalah dengan mempelajari serta memperdalam pengetahuanmu dan informasi seputar Ibadah Umroh itu sendiri.

Saat menjalankan Ibadah Umroh, akan ada persyaratan-persyaratan Umroh yang harus dipenuhi serta larangan-larangan yang perlu dipatuhi sehingga penting untuk membekali dirimu dengan segala informasi mengenai tata cara Ibadah Umroh.

2. Persiapkan Semua Dokumen Penting

Dokumen merupakan salah satu persyaratan penting untuk bisa mendaftarkan dirimu agar bisa menunaikan Ibadah Umroh. Jadi, dokumen-dokumen adalah persiapan sebelum Umroh selanjutnya yang perlu Toppers persiapkan.

Selain kartu identitas dan paspor, Visa Umroh merupakan dokumen wajib lainnya yang harus Toppers persiapkan. Memiliki fungsi sebagai izin untuk mengunjungi negara Arab Saudi dan menunaikan Ibadah Umroh. Umumnya, pembuatan Visa Umroh di Kedutaan Besar Arab Saudi akan dibantu oleh agen dan travel yang menyediakan jasa paket Ibadah Umroh.

Namun, tetap ada beberapa dokumen yang perlu Toppers persiapkan agar bisa mengajukan Visa Umroh, antara lain:

  • Paspor yang masih berlaku (Asli dan fotokopi pada bagian depan dan belakang pada satu lembah halaman)
  • Fotokopi KTP satu lembar di kertas A4.
  • Fotokopi kartu keluarga terbaru.
  • Surat rekomendasi dari travel penyedia paket Umroh, yang menyatakan memang benar Toppers merupakan jemaah yang akan berangkat untuk menunaikan Ibadah Umroh sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan.
  • Formulir surat permohonan penambahan nama dengan materai
  • Buku nikah dan Kartu Keluarga asli
  • Akta lahir asli (untuk calon jamaah berusia di bawah 17 tahun).
  • Surat keterangan Mahram (khusus untuk jamaah wanita berusia di bawah 40 tahun yang diwajibkan didampingi oleh suami atau mahramnya).
  • Sertifikat vaksin meningitis meningokokus.
  • Tiket pesawat asli Jakarta-Jeddah PP.
  • Bukti booking hotel dan transportasi selama di Arab Saudi.
  • Pas foto terbaru ( 4×6 dengan latar belakang putih dan komposisi wajah 80% sebanyak 6 lembar).
Persiapan Sebelum Umroh
Sumber gambar: Pixabay

3. Persiapan Kondisi Fisik: Stamina & Kesehatan

Menempuh perjalanan panjang ke Arab Saudi dan menunaikan ibadah di negara yang memiliki perbedaan cuaca dan iklim cukup ekstrem dibandingkan dengan Indonesia, tentu mewajibkanmu memiliki kondisi fisik yang sangat prima.

Untuk itu, persiapan sebelum Umroh selanjutnya adalah mempersiapkan stamina dan juga kondisi kesehatan tubuh jauh sebelum hai keberangkatan agar kondisi fisik menjadi maksimal dan fit saat menjalankan ibadah Umroh.

Persiapan sebelum Umroh untuk bantu fisik jadi lebih prima bisa Toppers mulai dengan rutin olahraga, mengatur pola makan sehat, hingga melakukan pengecekan kesehatan dan istirahat yang cukup.

Baca juga: 7 Persiapan Kesehatan sebelum Ibadah Umroh dan Haji

4. Manasik Umroh

Agar tata cara Ibadah Umroh tepat dan benar, sebelum berangkat menunaikan Ibadah Umroh, agen travel ataupun rombongan ibadah kerap melaksanakan Manasik Umroh dimana semua calon jamaah akan mencoba untuk melakukan setiap tata cara dan urutan Ibadah Umroh sesuai Sunnah Rasul mulai dari melakukan Ihram hingga Tahallul.

Persiapan sebelum Ibadah Umroh satu ini akan membantu Toppers sebagai jamaah Umroh untuk terhindar dari kesalahan-kesalahan tata cara saat menunaikan Ibadah Umroh di tanah suci kelak.

Persiapan Sebelum Ibadah Haji dan Umroh
Sumber gambar: Liputan 6

5. Persiapan Perlengkapan dan Kebutuhan selama Ibadah Umroh

Satu lagi persiapan sebelum Umroh yang tak boleh sampai terlewatkan, yakni berbagai perlengkapan ibadah dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan selama Toppers berada di tanah suci untuk menunaikan Ibadah Umroh.

Tak hanya kebutuhan wajib sehari-hari seperti pakaian dan obat-obatan pribadi, perlengkapan Umroh seperti baju Ihram, Sarung, Mukena, dan lain-lainnya.

Baca juga: Daftar Perlengkapan Umroh untuk Wanita & Laki-Laki

6. Persiapan Ibadah: Niat, Taubat, Tawakal

Persiapan rohani merupakan persiapan sebelum Umroh selanjutnya yang tak kalah penting dari berbagai persiapan sebelum Umroh lainnya. Diantaranya adalah meluruskan niat Ibadah Umroh yang Toppers miliki dan juga taubat.

Bertaubat sendiri tak hanya dengan menunaikan Shalat Taubat, namun juga meminta maaf dengan orang-orang disekitarmu mulai dari keluarga, saudara, teman-teman, hingga tetangga dan orang lainnya. Lalu, jangan lupa juga untuk Tawakal dengan taat menjalani semua perintah dan kewajiban agama.

Baca juga: Sambut Idul Adha, 10 Tradisi Idul Adha di Indonesia & Dunia!

Dengan melakukan persiapan sebelum Umroh dengan matang dan maksimal, tentunya Toppers bisa menunaikan Ibadah Umroh dengan lebih baik dan meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Agar persiapan sebelum Umroh jadi lebih praktis, Toppers juga bisa temukan berbagai perlengkapan Ibadah dan berbagai kebutuhan untuk Umroh lainnya dengan mudah melalui aplikasi Tokopedia.

Selamat menunaikan Ibadah Umroh, Toppers!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Menu Tom Sushi Indonesia, Lengkap dengan Harga!
Travel dan Kuliner
Menu Tom Sushi Indonesia, Lengkap dengan Harga!
© 2009-2024, PT Tokopedia