8 Pilihan Bahan Kertas Poster Terbaik untuk Cetak Poster

0
162
Bahan Kertas Poster

Mau buat desain poster tapi bingung pakai kertas apa? Ini dia pilihan bahan kertas poster terbaik untuk cetak poster yang menarik dan tidak pudar!


Bahan Kertas Poster – Membuat desain poster pastinya bukan hanya memikirkan estetika desain, pesan yang disampaikan, dan juga warna tampilan pada poster. Peran kertas juga penting untuk diperhatikan dalam membuat sebuah poster.

Banyak yang masih bingung jenis kertas apa yang cocok untuk mencetak poster. Untuk itu, berikut adalah 8 pilihan bahan kertas poster terbaik untuk tampilan desain poster yang menarik dan tak pudar!

Jenis Kertas untuk Cetak Poster

Jenis kertas untuk poster
Sumber: Mello.co.id

1. Art Carton

Jenis kertas ini adalah yang paling umum digunakan untuk cetak poster. Memiliki tekstur yang glossy dan halus. Ketebalannya pun beragam, bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ketebalannya mulai dari 190 – 400 gram.

Permukaannya berkilau menambah kesan mewah pada cetakan. Kertas Art Carton adalah pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin buat poster dengan bahan kertas yang tebal dengan harga terjangkau.

2. Art Paper

Kertas untuk cetak poster
Sumber: Mello.id

Kertas art paper memiliki tekstur licin. Kertas ini tergolong sulit dalam menyerap kotoran dan memiliki ketahanan air. Tampilan poster akan tetap berkualitas menggunakan kertas ini. Cetak poster dengan kertas art paper memberikan tampilan warna yang lebih tajam. Hal ini dikarenakan tinta berada pada permukaan kertas dan tak menyerap.

Ketebalan kertas art paper juga beragam, mulai dari 85 gram, 100 gram, 120 gram, hingga 150 gram. Jika kamu ingin cetak gambar yang cukup kompleks, art paper cocok jadi pilihan. Namun, kamu perlu gunakan laminasi doff atau glossy untuk hasil yang lebih maksimal.

BACA JUGA: Macam-macam Ukuran Kertas yang Harus Dipahami Sesuai Kebutuhan

3. BW Carton

Kertas cetak poster
Sumber: kohaly

Mirip dengan tampilan jenis kertas art carton. Perbedaannya terletak pada permukaan kertas. Tampilannya tidak mengkilap, terlihat lebih redup dan tidak memantulkan sinar atau cahaya.

Kertas BW carton ini cocok dipajang di ruangan dengan beragam jenis penerangan tanpa tampilan yang mengkilap.

4. Ivory

Kertas ivory memiliki dua sisi. Sisi satu memiliki tampilan yang mengkilap seperti art carton. Pada bagian sisi lainnya, tampilannya lebih redup menyerupai BW carton. Cetak poster dengan kertas ivory memungkinkanmu untuk memilih tampilan mengkilap ataupun redup. Untuk ketebalannya, tersedia dalm 210 gram hingga 400 gram.

5. Albatros

Percetakan poster
Sumber: Japracool

Jenis kertas satu ini memiliki tekstur semi plastik. Jika kamu memilih kertas yang tahan lama, albatros cocok jadi pilihan kertas poster. Kertas albatros umumnya digunakan untuk cetak poster indoor. Bisa dilaminasi glossy jika kamu ingin tampilan yang lebih mengkilap.

6. PVC

Kini, kertas PVC sering jadi pilihan utama untuk cetak poster online yang berkualitas dan tahan lama. PVC memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan jenis kertas lainnya. Kertas ini juga tak mudah robek dan sangat disarankan untuk kamu mencetak poster dengan kertas PVC untuk keawetan poster.

7. Kanvas

Jarang digunakan, kertas kanvas memang tidak umum digunakan untuk cetak poster. Bahan kertas poster satu ini biasanya digunakan untuk peletakkan poster di dalam ruangan. Hasil dari cetakannya akan terlihat berbeda dan unik dari kertas lainnya. Kertas ini memiliki bahan yang bertekstur, sehingga memberikan kesan artistik pada sebuah desain poster.

Kamu juga bisa meletakkan kertas poster ini dimanapun, meskipun di tempat yang lembab sekalipun. Hal ini dikarenakan kertas kanvas tahan akan kelembaban, tidak mudah rusak dan robek saat basah.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Ide Desain Banner Cafe Minimalis dan Modern

8. Flexi

Bahan kertas poster ini, pilihan cocok untuk poster luar ruangan. Kertas flexi tahan akan segala cuaca dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Kertas flexi juga aman dari pudar dan perubahan warna akibat paparan sinar matahari langsung.

Jenis kertas flexi pun beragam, ada kertas flexi China 280 gram, flexi Korea 480 gram, dan flexi Jerman 510 gram.


Poster
Sumber: Freepik

Kini tak perlu bingung lagi pilih kertas poster mana yang cocok untuk postermu! Setelah membaca 8 jenis bahan kertas poster terbaik untuk cetak poster, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan desain dan penempatan poster.

Cetak poster online jadi lebih mudah di Tokopedia Print! Kamu juga bisa cetak kebutuhan lainnya di tempat percetakan online Tokopedia Print!

jasa printing online
Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!