Pop Up Market 2018 x Tokopedia, Ajang bagi Brand Lokal untuk Perluas Pasar

1076
Pop Up Market X Tokopedia

Jakarta – 24 Februari 2018. Pop Up Market akan kembali diselenggarakan untuk yang ketujuh kalinya. Pop Up Market yang dikenal sebagai pelopor thematic local brand bazaar di Indonesia ini selalu mengangkat nama dari fashion district di kota-kota besar di dunia sebagai tema. Namun pada tahun ini, Pop Up Market 2018 x Tokopedia melakukan perubahan konsep acara di mana pemilihan tema dengan unsur art akan lebih diperkuat guna mengangkat industri kreatif di Indonesia dalam cakupan yang lebih luas, yaitu melalui tema The Factory, sebuah art studio terkenal yang dimulai oleh Andy Warhol pada tahun 1962 hingga 1984, yang terletak di kota Manhattan, New York. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 – 11 Maret 2018 di Lantai 2 – 4, Gourmet Area, Kuningan City.

“Tokopedia selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak yang mendukung kemajuan industri kreatif Indonesia, karena kami percaya bahwa kreator lokal adalah penggerak ekonomi yang penting untuk Indonesia. Inisiatif seperti Indonesia Pop Up Market 2018 menjadi wadah penting bagi brand lokal Indonesia untuk dapat memperkenalkan karyanya kepada masyarakat luas,” Garri Juanda, Co-head Marketplace Tokopedia menjelaskan.

Meneruskan tradisi dari tahun ke tahun, Pop Up Market kembali mengadakan pre event eksklusif untuk para undangan yang terdiri dari sponsor, tenant, media partner, associates, dan komunitas yang tergabung di dalamnya. Adapun tahun ini Pop Up Market melakukan kolaborasi dengan Tokopedia sebagai official e-commerce partner dari Pop Up Market 2018 x Tokopedia.

Tahun ini, pre event Pop Up Market yang bertajuk “Pop Up Soiree” diadakan pada tanggal 24 Februari 2018 di Plaza Indonesia. Acara ini berlangsung mulai dari pukul 17.00 sampai dengan 22.00 WIB dengan empat agenda utama yaitu Konferensi Pers, Pop Up Talk, Fashion Show, dan Pop Up Gathering.

Acara dibuka dengan pelaksanaan Press Conference dengan mengundang media partner Pop Up Market 2018 x Tokopedia untuk memberikan pertanyaan dan liputan acara. Terdapat 5 pembicara pada saat Press Conference yaitu Dr. Rudy Handoko selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya yang membawakan materi mengenai latar belakang berdirinya Pop Up Market sebagai bagian dari Universitas Prasetiya Mulya, Muhammad Abdan Syakur Noor selaku President Student Board Universitas Prasetiya Mulya yang menjelaskan mengenai sejarah Pop Up Market dari tahun ke tahun yang dinaungi oleh Student Board Universitas Prasetiya Mulya, Livia Zahra Zhafirah selaku Chairman Pop Up Market 2018 x Tokopedia yang memberikan pengenalan mengenai Pop Up Market tahun ini dengan seluruh konsep acara dan kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak, Garri Juanda selaku Co-head Marketplace Tokopedia yang menjelaskan mengenai kolaborasi Tokopedia dengan Pop Up Market tahun ini sebagai official e-commerce partner, dan Aradea Respati selaku Co-founder Voyej sebagai perwakilan tenant Pop Up Market 2018 x Tokopedia yang menceritakan pengalaman, perjalanan, dan kesuksesan Voyej dalam mengikuti Pop Up Market dari tahun ke tahun.

Pop Up Talk tahun ini dibagi dalam dua sesi menarik. Sesi pertama mengangkat tema “Perlindungan Merek Dalam Industri Kreatif” yang dibawakan oleh Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi dari Badan Ekonomi Kreatif yaitu Ari Juliano Gema dan Pengacara Am Badar & Partners yaitu Agus Candra Suratmaja dan Partner yaitu Hardi Nurcahyo yang membahas mengenai keterkaitan, keuntungan, dan urgensi dari penggunaan hak paten dalam pengembangan bisnis para tenant di industri kreatif ini. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan Pop Up Talk dari Business Acquisition – Seller Experience Tokopedia yaitu Tamara Kezia,  yang membawakan tema “Grow Your Business Through Better Product Marketing” yang menjelaskan mengenai pengaplikasian pemasaran dalam konteks product marketing dalam mengembangkan potensi sebuah usaha.

Pop Up Soiree dilanjutkan dengan Fashion Show yang menghadirkan tampilan merek-merek lokal eksklusif yang menjadi tenant di Pop Up Market 2018 seperti Bluesville, Jackhammer, dan Miroir. Acara ini diselingi dengan music performance dari Mantra Vutura dan kehadiran 14 finalis Pop Up Snap Competition yang berkompetisi dalam mendapatkan foto terbaik pada saat Fashion Show berlangsung guna diloloskan ke tahap final di mana tiga pemenang akan diumumkan pada tanggal 8 Maret 2018. Pop Up Soiree ditutup dengan Pop Up Gathering di mana tamu undangan dapat menikmati hidangan santapan yang disediakan dan berbincang dengan tamu lainnya.


 

Tentang Pop Up Market

Pop Up Market merupakan thematic dan not-for-profit local brand bazaar yang diselenggarakan oleh mahasiswa/i S1 Universitas Prasetiya Mulya di bawah naungan Student Board S1 Universitas Prasetiya Mulya. Acara ini bertujuan untuk mendukung dan memfasilitasi local brand dan start-up bisnis di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya.

Tentang Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital. Platform marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia, memberdayakan jutaan merchant dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perdagangan. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.