Manfaatkan THR untuk Pengalaman Ramadan Bermakna dengan Asuransi Mudik dan Zakat Fitrah di Tokopedia

77
Manfaatkan THR untuk Pengalaman Ramadan Bermakna dengan Asuransi Mudik dan Zakat Fitrah di Tokopedia
Dok. Tokopedia

Jakarta, 14 Mei 2019 – Menjelang Hari Lebaran, Tunjangan Hari Raya atau THR menjadi sangat dinantikan. Masyarakat biasanya menggunakan THR untuk persiapan mudik atau pembayaran zakat fitrah sebagai kewajiban selama bulan Ramadan. Demi mempermudah dalam memperoleh pengalaman Ramadan yang bermakna, masyarakat dapat memanfaatkan fitur Tokopedia Asuransi Mudik dan Tokopedia Zakat Fitrah.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan, “Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, kami selalu berkomitmen untuk mempermudah masyarakat dalam mempersiapkan rencana mudik serta memenuhi kewajiban membayar zakat fitrah selama bulan Ramadan. Kini melalui fitur Tokopedia Asuransi Mudik, kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman agar momen Hari Lebaran bersama keluarga menjadi bermakna. Selain itu, kami juga berharap pembayaran zakat fitrah dapat terpenuhi secara mudah, resmi dan amanah melalui fitur Tokopedia Zakat Fitrah yang mengikuti prinsip-prinsip syariah sehingga dapat disampaikan pada waktu yang sudah ditentukan.”

Hal pertama yang dapat dipertimbangkan ketika menerima THR yaitu persiapan perjalanan mudik yang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Saat mudik ke kota asal, masyarakat seringkali diimbau untuk mengamankan aset dan rencana mereka termasuk kesehatan, keselamatan tengah bermudik, serta segala peristiwa tak terduga. Menurut data Kepolisian Negara Republik Indonesia, jumlah rata-rata kecelakaan lalu lintas selama musim mudik dalam 2 tahun terakhir (2017 dan 2018) adalah sekitar 1.794 kasus, sedangkan jumlah korban adalah 574 per tahun.

Bertujuan untuk menciptakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman, fitur Tokopedia Asuransi Mudik memudahkan masyarakat dalam perencanaan perjalanan mudik yang lebih baik. Jaminan dan proteksi yang disediakan oleh Tokopedia Asuransi Mudik dengan masa berlaku selama 20 hari, termasuk perawatan medis pasca kecelakaan, pencurian dan kebakaran, kecelakaan diri, pembatalan perjalanan, dan layanan bantuan darurat di jalan.

Saat ini Tokopedia Asuransi Mudik memiliki berbagai jenis asuransi termasuk Asuransi Individu dan Asuransi Keluarga Pinjaman Tanpa Jaminan, Asuransi Individu dan Asuransi Keluarga Pinjaman dengan Jaminan, Pribadi, Pinjaman Agunan BPKB, Pinjaman Karyawan, Dana Instan, dan lainnya. Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp 600.000 hingga 3 miliar. Selain itu, pengguna Tokopedia dapat mengajukan klaim perlindungan hingga Rp 25 juta yang akan diproses paling lambat empat hari kerja.

Hal kedua yang dapat dipertimbangkan oleh masyarakat ketika menerima THR yaitu menyiapkan dana khusus untuk membayar zakat fitrah yang menjadi kewajiban umat Islam menjelang Hari Lebaran. Menurut data internal Tokopedia, tercatat adanya peningkatan transaksi zakat di Tokopedia sebesar lebih dari 500 persen sejak diluncurkan pada tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2018. Selain itu, total transaksi zakat hingga pertengahan kuartal kedua pada tahun 2019 telah mencapai lebih dari 50 persen dari total transaksi zakat pada tahun 2018.

Fitur Tokopedia Zakat Fitrah merupakan inisiatif Tokopedia untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar zakat fitrah secara resmi, aman, dan amanah melalui kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa. Setiap pembayaran Zakat Fitrah disalurkan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan disampaikan pada waktu yang sudah ditentukan berdasarkan agama Islam.

Berbeda dengan zakat reguler yang dapat dibayar setiap bulan, zakat fitrah hanya dapat dibayarkan sekali per orang selama bulan Ramadan, khususnya antara hari pertama puasa hingga pagi hari sebelum sholat Idul Fitri pada Hari Lebaran. Zakat fitrah dapat dibayarkan dengan nilai Rp 45.000, atau setara dengan sekitar 2kg tepung, gandum, gandum atau beras dari setiap orang di rumah tangga.

Kedua fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia melalui Tokopedia. Saat ini, pengguna dapat menikmati kemudahan ketika mendapatkan Tokopedia Asuransi Mudik berupa cashback sebesar 20% melalui OVO Points yang berlaku hingga 8 Juni 2019.

Bulan Ramadan ini juga akan diramaikan dengan rangkaian Ramadan Ekstra yang digelar dari tanggal 6 Mei 2019 sampai dengan puncak perayaan Ramadan Ekstra pada tanggal 17 Mei 2019. Selama Ramadan Ekstra, pengguna Tokopedia dapat menikmati berbagai kemudahan yaitu Gratis Ongkos Kirim, Kupon THR (Tokopedia Hadiah Ramadan), dan Paket Umrah Gratis, serta beragam promo dari Official Store di Tokopedia. Selain itu, masyarakat dan pengguna Tokopedia dapat berbagi kebaikan lebih di bulan Ramadan melalui Top Donasi 500, yang memungkinkan masyarakat berdonasi setiap bertransaksi dan dana yang terkumpul akan disalurkan kepada anak-anak putus sekolah di Yayasan Nara Kreatif.

Tentang Tokopedia
Tokopedia memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace, logistik, pembayaran dan teknologi finansial.

Kontak Media

Shania Safira Haroen  | shania.haroen@tokopedia.com


Bagikan Artikel