• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!

17 July 2023

Share

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!

5 tahun yang lalu, tepat pada peralihan tanggal menuju 17 Agustus 2009, pukul 00:00 WIB, tokopedia.com resmi diluncurkan kepada publik. Saat itu tokopedia.com hanya mampu mempekerjakan 4 orang pegawai, sudah termasuk ke-dua pendirinya. Tokopedia hanya mampu menyakinkan sekitar 70 toko-online amatiran bergabung, dan mencatatkan tingkat kunjungan yang tidak berarti.

Hari ini, 17 Agustus 2014, Tokopedia sudah mempekerjakan lebih dari 100 putra-putri terbaik Indonesia, termasuk lulusan terbaik universitas dan mereka yang memilih pulang dari luar negeri untuk berkarya di Indonesia. Hari ini Tokopedia telah membantu puluhan ribu toko-online yang bergabung mengirimkan lebih dari 2 juta produk per bulan nya ke seluruh penjuru Indonesia. Tingkat kunjungan pun sudah lebih dari puluhan juta pengunjung per bulan nya. Hari ini, Tokopedia telah menjadi mal online terbesar di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, selaku pendiri dan CEO Tokopedia, mewakili segenap keluarga besar PT Tokopedia, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih.

Pertama kepada para merchant kami yang telah bergabung. Tanpa kalian, Tokopedia hanyalah mal tanpa tenant, yang tidak akan dikunjungi siapapun. Terima kasih juga telah menunjukkan kepada kami bahwa cita-cita yang kami sedang perjuangkan ini ada nilai manfaatnya. Kami menyaksikan sendiri para merchant kami yang berasal dari berbagai demografi yang berbeda, namun menunjukkan pola yang sama. Ketika bisnis mereka bertumbuh, mereka mulai membuka lapangan pekerjaan di sekitarannya.

Terima kasih kepada para pengunjung situs, calon pembeli, dan khusus nya pembeli setia di situs kami. Review-review yang kalian berikan telah membantu membuat ekosistem mal online Tokopedia menjadi lebih baik. Kritik dan saran yang selalu kalian layangkan telah mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru, sehingga kami mampu bersaing dengan para brand global, dan masih mampu menjadi yang terdepan.

Terima kasih kepada seluruh anggota team Tokopedia yang bergabung. Terima kasih atas kepercayaan kalian terhadap visi Tokopedia untuk “Membangun Indonesia lebih baik, lewat internet.” Terlepas dari minimnya kisah sukses tentang perusahaan internet di Indonesia, kalian memilih untuk percaya dan turut membangun kisah sukses tersebut.

Terima kasih kepada para investor yang telah percaya pada mimpi kami. Ucapan terima kasih ini tidak hanya untuk modal dana yang telah kalian berikan, tetapi juga know-how, transfer teknologi yang memungkinkan kami membangun kualitas SDM lokal yang mampu bersaing secara global.

Terima kasih kepada para partner kami, baik dari pihak perbankan maupun logistik. Terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada Tokopedia, melahirkan inovasi-inovasi baru, sehingga memungkinkan ekosistem ini terjadi.

Terima kasih kepada pihak media, khususnya para jurnalis. Terima kasih telah membantu proses edukasi kepada pasar, dan turut mengawal dan mengabadikan perjalanan Tokopedia.

Tokopedia akan tetap komitmen untuk tetap membangun ekosistem ini, melakukan program edukasi. Kami akan lebih fokus melakukan edukasi lewat iklan-iklan TV maupun online. Dan hari ini kami juga sampaikan, program bebas komisi transaksi di Tokopedia akan tetap berlaku sepanjang tahun 2015.

Tokopedia akan tetap gratis dan tanpa komisi atas transaksi penjualan! Sebagai mal online terbesar Indonesia, kami merasa punya tanggung jawab untuk terus melakukan program edukasi agar lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang dapat merasakan manfaatnya. Dengan tetap gratis, tanpa komisi transaksi, adalah wujud komitmen kami untuk program edukasi ini.

Saya sangat senang dengan bisnis model marketplace. Kesuksesan marketplace didapatkan dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Saya pikir ini adalah bisnis model paling indah di dunia.

17 Agustus 2014,
William Tanuwijaya,
mewakili segenap keluarga besar PT Tokopedia

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
Founder's Letter
CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
© 2009-2024, PT Tokopedia