Mengapa Tokopedia Gratis?

195
9888
alasan mengapa tokopedia gratis

Pada tulisan kali ini saya ingin menjelaskan tentang pertanyaan yang paling sering saya dapatkan, tentang “Mengapa Tokopedia Gratis?”

Untuk menjawab hal tersebut, saya harus menceritakan bagaimana internet mengubah hidup saya, yang menjadi alasan mengapa Tokopedia harus gratis.

Bagaimana Internet Mengubah Hidup Saya

Saya lahir dan besar di kota Pematangsiantar. Saat lulus SMU, pertama kalinya saya keluar dari Sumatera Utara, diberikan kesempatan oleh ayah dan paman saya untuk melanjutkan kuliah ke kota Jakarta. Naik kapal 4 hari 3 malam, excited sekali melihat kota Jakarta dan bisa kuliah di Universitas Bina Nusantara. Saat kuliah saya mencari pekerjaan sampingan, dan mulai semester 2 saya bekerja di warnet, mulai jam 9 malam hingga 9 pagi, hari Senin sampai Minggu. Ini adalah awal kisah saya berkenalan dan jatuh cinta dengan internet. Ketika internet masih terhitung mahal, saya bisa menggunakannya dengan gratis, bahkan dibayar. Sebuah “Blessing in disguise”.

Saat lulus, saya selalu ingin bekerja di perusahaan internet, namun perusahaan yang saya kagumi seperti Google belum memiliki kantor di Jakarta. Saya pun bekerja kantoran di beberapa perusahaan di industri pengembangan software.

Sampai di tahun 2007, ketika terbersit ide untuk membangun Tokopedia, saya mulai memiliki mimpi untuk membangun perusahaan internet sendiri. Namun, saat itu ayah saya divonis kanker, dan saya tidak bisa meninggalkan pekerjaan saya, saya satu-satunya pencari nafkah di keluarga saya. Saya butuh modal besar untuk membangun Tokopedia, sepengetahuan saya banyak perusahaan teknologi besar bisa didirikan oleh anak-anak kuliah yang saya yakin tidak memiliki modal besar. Jadi pertanyaan utama saya saat itu adalah, “Mengapa Google dan Facebook yang saya pakai sehari-hari itu gratis? Dari mana uangnya?” Dari sana saya belajar tentang adanya pendanaan untuk startup company di negara-negara maju. Semua perusahaan besar yang saya kagumi tersebut mulai dari ide kecil, kerja keras yang didukung oleh pendanaan secara bertahap oleh pemodal ventura. Terinspirasi dari hal tersebut saya mulai mencari pemodalan.

Saya tidak kenal pemodal ventura manapun, jadi saya datang ke satu-satunya orang berduit yang saya kenal. Saya datang ke bos tempat saya bekerja, dan menceritakan ide Tokopedia, tentang Indonesia adalah negara kepulauan, dimana seringkali pembeli dan penjual yang tidak pernah bertemu satu-sama-lain. Di sinilah terjadi banyak celah penipuan online, sedangkan para penjual dan pembeli online butuh untuk bisa saling percaya. Saya juga menceritakan tentang banyaknya individu dan pemilik bisnis yang ingin berbisnis online namun punya keterbatasan dana, akses ke teknologi, mitra perbankan dan logistik, bahkan akses ke pasar, dan bagaimana marketplace mampu memecahkan masalah-masalah tersebut.

Bos saya berbaik hati memperkenalkan saya ke beberapa teman-temannya, pebisnis yang sudah banyak mengecap asam dan garam dalam dunia bisnis, para investor. Selama dua tahun, saya mencoba menyakinkan para investor untuk memberikan pemodalan awal, dan saya dapati bahwa membangun kepercayaan tersebut sangatlah sulit. Bombardir pertanyaan datang dari para investor, rata-rata hanya tentang masa lalu saya, “Dari keluarga mana?” “Kuliah dimana?”, “Pernah bisnis apa sebelumnya?”

Saya belajar bahwa sulit sekali untuk mendapatkan kepercayaan jika kita benar-benar mencoba memulai dari nol. Namun saya percaya sekali, walau masa lalu tidak lagi bisa kita ubah, masa depan ada di tangan kita sendiri.

Saya beruntung, pada akhirnya saya dan partner saya, Leon akhirnya diberikan sebuah tiket kepercayaan dan bisa mendirikan Tokopedia di tahun 2009. Belajar dari pengalaman tentang sulit nya mendapatkan kepercayaan, filosofi kami waktu itu adalah tidak perlu ada marketing jor-joran, seluruh dana investasi akan kami pakai untuk membangun tim, dan memastikan bahwa Tokopedia gratis, bisa dipakai oleh siapa saja di Indonesia baik untuk berjualan online maupun berbelanja online.

Model Bisnis Paling Indah di Dunia

Saya belajar banyak sekali di Tokopedia. Belajar percaya kepada diri sendiri ketika tidak ada yang percaya pada mimpi kita. Belajar berbahasa Inggris, dari yang awalnya tidak dimengerti sama-sekali oleh lawan bicara saya. Belajar berbicara di depan umum, dan menaklukkan jiwa introvert saya. Belajar untuk memimpin, dari yang awalnya ber-4 di saat launching, hingga 300-an Nakama saat tulisan ini dibuat. Setiap hari saya diberikan kesempatan untuk belajar dan terinspirasi dari orang-orang di sekitar hidup saya.

Setelah hampir 6 tahun menjalankan bisnis Tokopedia, saya semakin merasa beruntung sekaligus terinspirasi sekali ketika melihat dan menyaksikan bahwa Tokopedia tidak hanya mengubah hidup saya, namun mengubah hidup orang-orang di sekitar saya, terutama para pengguna situs Tokopedia. Saya terinspirasi sekali menyaksikan kisah-kisah dari para penjual Tokopedia. Mereka adalah ibu rumah tangga, pekerja kantoran, mahasiswa-mahasiswi, individu, hingga pemilik bisnis yang turut membangun lapangan pekerjaan di sekitar mereka.

Tokopedia berpotensi untuk membangun jutaan lapangan pekerjaan baru dengan banyaknya merchant yang bergabung, dan tumbuhnya bisnis kurir mengikuti derasnya paket-paket yang harus dikirim dari satu pulau ke pulau lainnya, dari satu kota ke kota lainnya, bahkan hingga ke desa-desa.

Bagi saya inilah bisnis model paling indah di dunia, karena Tokopedia hanya bisa sukses ketika kami berhasil membantu para pengguna kami menjadi lebih sukses. Itulah alasan mengapa kami terus mempertahankan konsep Tokopedia sebagai marketplace gratis, agar visi Tokopedia untuk “Membangun Indonesia lebih baik lewat internet” dapat lebih cepat tercapai. Dengan memberikan layanan dasar secara gratis, tidak ada barrier of entry untuk siapa saja yang ingin mencoba mengubah hidup mereka menjadi lebih baik lewat internet.

Q: Lantas dari mana uang-uang yang diperlukan untuk mendanai hal tersebut?

A: Kami beruntung setiap tahun kami berhasil mendapatkan modal pendanaan tambahan dari para pemodal ventura ternama dunia. Oktober 2014 kemarin, Tokopedia menjadi perusahaan internet pertama Indonesia yang mendapatkan pendanaan 100 juta dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. Pendanaan tersebut kami salurkan untuk memastikan Tokopedia tetap gratis, selain terus mengembangkan Tokopedia untuk menjadi perusahaan internet kelas dunia yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan kami.

Q: Apa benar Tokopedia gratis sepenuhnya?

A: Salah satu pendanaan yang harus kami lakukan untuk memastikan Tokopedia gratis adalah dalam melakukan subsidi untuk setiap transaksi di Tokopedia. Untuk para Toppers yang juga membangun situs sendiri pasti mengetahui bahwa sebenarnya ada biaya yang harus dibayarkan kepada pihak bank untuk setiap transaksi dengan menggunakan metode pembayaran tertentu. Tokopedia ingin mengedukasi bahwa internet bisa bermanfaat secara positif, dan kami melakukan subsidi untuk memastikan hampir semua metode pembayaran di Tokopedia sifatnya gratis, terkecuali kartu kredit.

Untuk kartu kredit, seluruh resiko harus ditanggung pemilik platform, dan biaya MDR yang menggunakan persentase yang nilainya cukup besar, tidak mampu kami subsidi sepenuhnya. Khusus metode pembayaran ini, kami tetap melakukan subsidi sebagian, dan sisanya kami berikan pilihan kepada pembeli. Jika ingin menggunakan kartu kredit, ada biaya administrasi untuk resiko yang harus kami tanggung tersebut. Namun di sisi penjual, tetap tanpa biaya tambahan untuk metode pembayaran apapun yang dilakukan.

Q: Darimana Tokopedia akan mendapatkan keuntungan?

Tokopedia telah menyediakan opsi Gold Merchant untuk merchant-merchant yang ingin menjadi sponsor Tokopedia, dengan biaya rendah per bulan, dan Tokopedia memberikan fitur-fitur yang sifatnya membantu para Gold Merchant menjadi lebih efisien. Selain itu kami juga telah memperkenalkan fitur TopAds untuk merchant-merchant yang ingin mendapatkan exposure tambahan.

Kami percaya pada sistem subsidi silang, yang mampu membantu yang belum mampu atau baru memulai. Sistem subsidi silang inilah yang akan kami terus pertahankan sebagai sumber penghasilan dan tetap memastikan ada bagian-bagian dari Tokopedia yang sifatnya gratis selamanya.

Q: Dari mana para pemodal ventura akan mendapatkan balik pemodalannya?

A: Ada pepatah, “Tidak ada makan siang yang gratis di dunia ini”. Dengan besarnya investasi yang terus digelontorkan para pemodal ventura dunia ke Tokopedia, “Apa sih harapan mereka?”, “Darimana mereka akan mendapatkan balik pemodalannya?”

SoftBank adalah pemodal di balik Alibaba. Mereka menaruh investasi 20 juta dollar dan memungkinkan Alibaba mengembangkan produk dan pasar. Saat ini investasi 20 juta dollar mereka bernilai lebih dari 50 milyar dollar, lebih dari 2.500 kali lipat dari modal awal mereka.

Sequoia Capital adalah pemodal di balik Apple, Google, Youtube, Instagram, WhatsApp. Sebanyak 20% dari bursa saham Nasdaq adalah portfolio mereka. Filosofi investasi mereka adalah ke perusahaan yang mampu membawa manfaat sebesar-besarnya ke orang banyak.

Satu hari nanti, jika Tokopedia mampu menjadi perusahaan internet kelas dunia, Tokopedia akan menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan secara terbuka. Para Toppers juga bisa memiliki Tokopedia. Saat itu pula nilai perusahaan Tokopedia diharapkan akan jauh diatas nilai ketika para investor memberikan pemodalan kepada Tokopedia. Dari sana lah keuntungan akan didapatkan oleh para pemodal ventura.

Q: Sampai kapan Tokopedia akan tetap gratis?

A: Belajar dari pengalaman saya bagaimana sulitnya membangun kepercayaan di awal, misi kami di Tokopedia adalah untuk terus berusaha memberikan kesempatan kepada setiap individu di Indonesia untuk memulai bisnis dengan mudah dan gratis di Tokopedia.

Kami sungguh percaya bahwa kami hanya bisa sukses jika kami membantu para pengguna Tokopedia menjadi lebih sukses, ketika kami dapat membantu banyak orang untuk membawa perubahan, baik bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun orang lain di lingkungan sekitar mereka. Bagi kami, tidak ada model bisnis yang lebih indah dari ini.

Dari Tokopedia,
William Tanuwijaya

Bagikan Artikel


195 COMMENTS

  1. Semoga kita semua [Tokopedia,Penjual,Pembeli,Masyarakat Umum],,,,,,,
    dengan Internet bisa tambah maju dan berkembang ke depannya.Amiin…….

    “Pertahankan terus Gratis di Tokopedia Selamanya”

  2. Semoga Tokopedia tambah maju sukses dan mensukseskan orang lain.. senang bergabung di tokopedia toko online sy jadi bertambah maju.. fitur promosi yang saya suka..

  3. Track yg bagus pak william bikin sya terinspirasi… sekarang tokopedia sdh terbilang gemilang pertahankan jangan sampai merasa sudah matang karna itu titik awal kemunduran,,, tingkatkan terus visinya… let’s fly together :)

  4. Sama seperti saya memulai toko baru, order pertama tak kunjung hadir, sekali ada, tidak memberi bintang atau review jadi, kalo diberi bintang atau review kan jadi bisa berbenah diri apa yang kurang.

  5. thanks tokopedia ya, memang banyak sekali manfaat nya :) untuk ecer / jualan grosir juga okey
    buat owner william tanuwijaya salut, muda tapi luar biasa

  6. Mantab ,, membaca kisah ini .. merupakan gambaran impian saya ..
    dari usaha nol sampai dengan perusahaan raksasa ,, dengan didukung investor ternama … mantabb ..

    Sukses selalu .. tokopedia ..

  7. Niat awal yang baik akan menghasilkan buah yang baik.
    Sukses selalu untuk tokopedia. Kami akan selalu mendukungmu.

  8. Tokopedia marketplace terbaik yang pernah saya praktek kan..menjadi Gold Merchant pun tidak ada ruginya,orderan terus mengalir setiap hari..sistem sudah sangat bagus,terus dikembangkan..sukses terus Toped..

  9. Kisah yg inspiratif (y)
    terima kasih juga buat tokopedia yg sudah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam jual beli online
    sukses selalu tokopedia

  10. Sangat salut dengan Tokopedia. Menumbuhkan kepercayaan antara penjual dan pembeli sangatlah tidak mudah, dan Tokopedia adalah wadahnya. Semoga semakin hari Tokopedia semakin sukses selalu, dan apa yang dicita-citakan owner/pendirinya dapat terwujud suatu hari nanti.

    Salam Sukses Selalu :)

  11. Orang-orang keren seperti Pak William ini memang harus terus disupport. hehe.
    Kita para pembeli, penjual dan bahkan dropshipper sangat berterima kasih kepada bapak William. Ide dan niat baik bapak sudah terasa bagi kami.

    Sekali lagi, Terima kasih pak William.

    Salam Sukses

  12. semoga pemerintah gak kedepan tidak membebankan pajak buat penjual online individu / kecil”an.
    justru kl perlu disubsidi ongkir nya. seperti negar china yg ongkir ke indonesia bisa murah bgt. sebaliknya ongkir indonesia ke luar negeri sangat mahal. pos aja mahal. apalagi UPS, DHL .

  13. Super sekali…
    Lewat Tokopedia akhirnya saya bisa mewujudkan sedikit demi sedikit cita2 saya tuk menjadi pebisnis.
    Disaat lingkungan sekitar saya meragukan bukan hanya tentang Toko Online namun juga tentang menjadi seorang pebisnis, Tokopedia hadir dengan membawa jawaban buat keraguan orang2 sekitar saya, saya pun secara tak sadar menjadii agen dari Tokopedia dengan memberikan informasi yang ada di Tokopedia, mulai dari beberapa fitur dan tingkat keamanannya.
    Buat saya Tokopedia adalah sarana Toko Online terbaik yg ada saat ini.
    Terima Kasih Tokopedia, saya berharap dapat terus ditingkatkan fitur2 nya.

    Salam,
    TomZShop

  14. Ada haru, ada kagum, ada segala macam rasa ketika membaca tulisan Bapak William Tanuwijaya, sepantasnya Bapak mendapat penghargaan yang lebih dari sekedar materi, Tokopedia adalah sebuah Perubahan, Sebuah solusi, dan Harapan yang Lebih baik.

    Salam Sukses..

  15. Apakah kode unik itu bukan merupakan keuntungan untuk tokopedia ? dan tidak dijelaskan untuk apa kode unik tersebut ? memang tidak sebesar pesaing tokopedia, yg memberikan kode unik sampai ratusan rupiah. Apakah tokopedia dan yang sejenisnya masih meng-claim ini adalah GRATIS ?

    Kami dukung Gold Mechant atau TOPAds untuk selalu membuat tokopedia berdiri. Donasi akan lebih baik dibandingkan kode unik yang ternyata ada biaya dibalik semua itu.

    #IndonesiaTransparant

  16. Saya ibu rumah tangga dengan pekerjaan suami sebagai karyawan yang bisa dipastikan pemasukan yang ada batasnya.
    Sungguh sangat berterima kasih, saya mengenal Tokopedia tahun lalu (2014), dan saya berkesempatan berjualan di tokopedia dengan tanpa pungutan biaya tertentu.
    Kehadiran Tokopedia apalagi dengan “GRATIS”nya sangat membantu kami yang bermodal pas2an dan ingin terjun berbisnis online, juga membangun kepercayaan antara penjual dan pembeli (sebab banyak pembeli yang mempertanyakan TRUSTEDnya penjual).
    Salam sukses selalu untuk Tokopedia dan terima kasih atas kesempatan kerjasamanya.

  17. Tokopedia memang marketplace paling oke di Indonesia, proses bisnisnya baik, user experiencenya baik. Jadi ya ga heran kalo pertumbuhan populasinya meledak. Tokopedia memang sangat-sangat membantu edukasi masyarakat Indonesia khususnya di bidang jual beli online.

    Terimakasih Tokopedia.

    PS : saya jadinya dapat undangan seminarnya ga min? hehehe

  18. Niat yang baik, dan tulus. Saya kira, benar adanya bisnis yg tak harus melulu mendapatkan laba dan diri sendiri yg menikmatinya. Dengan memberikan manfaat ke banyak orang, keberhasilan bisa lebih mudah dicapai…

    -inspiring-

    MANTAP.

  19. Bagaimana caranya meng iklankan product yg saya miliki di media ini? Mohon infonya ya…terimakasih sebelumnya

  20. Sukses ya Pak William.. kisahnya sungguh menispirasi.. perjuangan utk mndpt kprcyn org tak mudah.. mengawali segalanya dari nol sampai bisa berguna dan terpakai untuk masyarakat luas.. tokopedia sukses selalu.. bersama leader,officer nya juga.. thanks… GBU always..:)

  21. sangat mulia sekali cita-cita tokopedia.
    dan memang benar, saya merasakan kemudahan di Tokopedia, seperti, transaksi, kepercayaan, dan manajemen yang tak mungkin saya ciptakan sendiri.
    Luar biasa, semoga berkah, Lancar terus, dan terus memberi sisi manfaat untuk orang lain, dari segi lain.

    Thanks toped..

  22. Succes sllu pk..semoga akan menjdi inspirasi orang banyak trmasuk sya pribadi. ..nasib seseorang memang tidak ada yg tau tpi dgn kita yakin.kerja keras di bareng dgn doaa maka semua akn tr capai. ..slm kenal dri sya (intan)

  23. dan karena GRATIS inilah saya setia pada tokopedia. walaupun banyak merchant2 lain diluar sana
    Tokopedia selain gratis gak ribet, di merchant lain pake sistem presentase yang menyulitkannn. hadeeewww tambah pusing, mau jualan aja kok ribet banget. tapi di tokopedia bener2 simple dan selalu mendengar kan masukan2 dan kritik2 dari kami para buyer dan merchant

    Maju terus Tokopedia.

  24. semoga tokopedi makin maju bisa go internasional… jadi jualan online bisa lintas negara… walaupun sekarang masih lintas wilayah dalam satu negara… (dari iwan adi candra di lamongan)

  25. Saya doakan, Pak William ini akan sejajar dengan Jack Ma founder Alibaba, punya missi sama sama ingin membantu orang lain menjadi lebih baik dari internet.

  26. Awalnya saya agak kurang yakin dengan berjualan di Tokopedia, tapi ini membantu sekali bagi penjual modal pas-pasan seperti saya, jika harus berjualan online dengan fasilitas cart-checkout seperti tokopedia, minimal harus beli software + hosting provider, tentunya ini mengeluarkan uang lebih serta bagi orang awam tidaklah mudah untuk memulainya. Belum lagi calon pembeli meragukan situs kita yang baru. Dengan Tokopedia, saya gak perlu hosting dll. cuma butuh barang, gambar dan upaya untuk mengenalkan barang kita disana sini, sukses selalu tokopedia

  27. Mantap.
    Semoga Tokopedia tetap langgeng jaya, sehingga kita pelaku jualan rumahan (untuk menambah uang dapur) bisa membantu penghasilan rumah tangga.

  28. DIlengkapi dengan fitur-fitur yang tak ada tandingannya dibandingkan dengan marketplace yang lain, ditambah tanpa adanya biaya apapun, simple, aman, respons yang cepat dari Admin Tokopedia, menjadikan Tokopedia paling terdepan untuk saat ini dan mudah2an selalu menjadi terdepan…… ^_^

  29. Hi, terima kasih atas pertanyaan nya. Kode Unik kami perkenalkan saat menyadari banyak sekali pembayaran dengan nominal yang sama, dan terkadang berasal dari nama yang persis sama, sehingga kode unik membantu team kami melakukan proses verifikasi pembayaran. Kode Unik hanya muncul untuk pembayaran via transfer bank. Dengan angka random dari 1-99. Agar selaras dengan semangat kami, pada update Tokopedia berikutnya, kode unik walau tetap dibebankan untuk pemilihan pembayaran dengan transfer bank, akan dikembalikan lewat Saldo Tokopedia. Ditunggu saja yah tanggal main nya untuk update ini. Semoga menjawab, dan semoga cukup transparan.

  30. Salut banget sama tokopedia bisa berkembang sampe kaya sekarang. Inget betul dulu kakak saya kerja di tokopedia dari karyawannya hanya 14 orang, sampe bisa kaya sekarang. Dia ngenalin saya ke toped dan sekarang saya ketagihan belanja di toped. Sampai saya berniat kerja di toped setelah lulus kuliah sebentar lagi :)

  31. terimakasah buat pak william,moga ini bisa jadi inspirasi buat yg lain nya,agar inaonesia bisa lebih maju…BRAVOOO….

  32. Luar biasa,saya hampir 20 tahun main internet atau sibuk dengan media sosial, dan selama itu pula tidak menghasilkan apa-apa. Setelah Mengenal Tokopedia dan bukalapak, Alhamdulillah hapir tiap hari saya dapat uang dan dapat membahagiakan diri sendiri,teman-teman dan orang-orang yang memerlukan bantuan finansial. Terimakasih saudara William Tanuwijaya dan para Admin Tokopedia yang lain.

    Saran saya, Jiwa sosial dan nasionalisme saudara William Tanuwijaya Tidak tergoya oleh modal dan pemodal asing, yang berakibat tersulap segala prinsip dan Sistim Saudara dan Tokopedia, sebagaimana beberapa mall online yang tida-tiba berubah nama,orentasi dan sistim. Good LUCK TO MR.William Tanuwijaya and all TOPERS

  33. Perjuangan pak William Tanuwijaya tidak semudah yang dibayangkan, beruntung bagi kita semua (pembeli, penjual) diberikan fasilitas untuk bertransaksi jual beli ditokopedia dengan aman & nyaman, sukses selalu buat kita semua..!

  34. Maju terus, saya pengguna tokopedia sangat terbantu sekali dengan adanya tokopedia, :)

  35. salut buat owner tokopedia yg menginspirasi saya untuk berprinsip ” bila kita memberi sedikit maka kita akan menerima kembali banyak”

  36. Sungguh menginspirasi …
    Semoga membawa manfaat yang lebih besar untuk perubahan menuju kemajuan ekonomi Indonesia

  37. Kami selalu puas dengan layanan Tokopedia.
    Aplikasinya yang nyaman digunakan, interface sangat mudah sekali digunakan bahkan dalam genggaman tangan.
    Niat mulia dari Tokopedia sangat membantu sekali dalam kami berusaha untuk mendapatkan penghasilan yang tiada henti.
    Terimakasih Tokopedia, saya sangat terbantu sekali dengan situs ini dan penjelasan di atas sangatlah insfiratif sekali.

  38. ya allah,terimakasih semuanya terimakasih pembuat tokopedia. .
    sangat berkesan sekali
    somonga kita pengguna tokopedia selalu bersyukur,
    terimakasih tokopedia,semoga kita semua sukses terus

  39. sungguh perjalanan yang cukup bisa dijadikan inspirasi bahwa setiap orang berhak punya mimpi :) tokopedia memang toko yang bisa dipercaya dan sangat mudah :)

  40. Pak William Tanuwijaya emang mantap dia tahu betul karna memang memulai dari 0 juga pengetahuan akan software sangat menguasai , tokopedia itu website yang mudah di pahami , lengkap , juga server yang handal juga benar-benar gratis dan membantu semua orang dan tidak banyak aturan yang memberatkan

    Sukses trus Pak William Tanuwijaya mungkin kedepanya tokopedia akan menjadi situs besar dan dikunjungi oleh semua negara dan membuat harum putra bangsa indonesia ,bahwa ternyata indonesiapun bisa ..!!!

  41. Kok lama yo barangku datang dgn nomor faktur : INV/20150519/XV/V/12364979 tgl 19….tlg yo jgn lamaa2 sdh 1minggu lebih…ktnya sdh dikirim tgl 26 Mei 2015 tp di cr di jnenya dgn nomor Resi CGKAN02592721515 nggak ada. Tlg yo grosir bantal nyasar dimana tuh…

  42. Halo Yetti. Jika dalam waktu 5 hari barang belum sampai dan resi tidak bisa dilacak, kamu bisa mengklik tombol Komplain pada halaman status pemesanan. Nantinya kamu akan masuk ke halaman pusat resolusi. Di sini, kamu dapat memasukkan permasalahan yang terjadi dan solusi yang ingin kamu tawarkan ke penjual. Jika penjual tidak membalas dalam waktu 3 hari, kamu bisa meminta bantuan Tokopedia dengan mengklik tombol “Bantuan”.
    Terima kasih :)

  43. LUAR BIASA KEREN…..!!!!
    I BELIVE….dengan perbaikan yg terus dilakukan tanpa Henti oleh Para NAKAMA.
    TOKOPEDIA AKAN MENJADI PLATFORM MARKETPLACE TERBAIK DAN TERBESAR DI INDONESIA.

    Dengan berkembangya penjualan toko saya di tokopedia,saat ini toko saya telah memberikan kesempatan Lapangan kerja bagi mereka yg tadinya mengangur,dan Insallah akan terus menambah jumlah karyawan dalam bbrp bulan kedepan.
    Tokopedia akan Sukses bersama Para Seller yg memiliki Visi yg sama.

    Mas William,saya sangat bangga tokopedia di pimpin oleh orang se Vissioner dan se Low Profile Anda,saya melihat langsung cerita Anda di Event YOTNC.

    Salam.
    Fahrudin

    http://www.tokopedia.com/mainan-murah

  44. haru.. bangga.. termotivasi sekali! karena memang tidak ada yang instan! proses adalah sebuah ujian.. bangga sama tokopedia berarti anda cinta Indonesia!

  45. Sungguh sangat menyentuh hati dan menginfirasi.. semoga tokopedia terus sukses dan terus memberikan layanan gratis kepada para membernya.. amin amin

  46. Thx for All. I hope,,, i can better than you or like as you. not in this segment but the others. I am proud of you

  47. Semoga tetap gratis….ada keuntungan dan kelemahannya di tokopedia.
    Untung :
    1. gratis
    2. memberikan kepercayaan kpd pelanggan baru untuk transaksi online.

    Kelemahan :
    1. Pencairan lama, menunggu konfirm pelanggan. Biasanya malas ngonfirm.
    2. Makin banyak jenis produk semakin susah barang laku.

    Saran :
    1. Mempercepat pencairan dana.
    2. Segmentasi jenis barang lebih detil.
    3.Selalu memperbaiki tampilan lebih sederhana. Agar smakin mempermudah/mendapatkan onliner baru

  48. Terima kasih Tokopedia!
    Semenjak bergabung dengan tokopedia, pelanggan Pempek TnTin makin bertambah banyak. Juga reseller lempok bertambah, khususnya di daerah Jakarta dan Bandung.
    Sukses selalu yaa dan semakin berkembang ke depannya ^^

  49. Awalnya marketplace tumbuh di Indonesia dari forum sebelah, dimana pembeli berhadapan sendiri dengan penjual, forum hanya sebagai media yg mempertemukan. Ada resiko yg dihadapi pembeli, apakah seller ini genuine atau tidak, riset terhadap reputasi seller ini perlu dilakukan sebelumnya, walaupun tidak menjamin juga. Forum based marketplace cukup membantu tapi sekali lagi tidak menjamin juga, adanya rekening bersama bisa menjadi jalan keluar, tapi memang agak ribettt.
    Banyak kisah2 horor penipuan di dunia internet pada masa itu, terutama untuk nubie2 dan orang2 awam yg belum biasa bertransaksi di internet.
    Hadirnya Tokopedia sebagai perantara sangat melindungi pihak buyer. Saya kini dengan enteng saja melakukan transaksi, tanpa perlu capek2 melakukan riset terhadap reputasi seller terlebih dahulu. Ada guarantee dan perasaan aman ketika bertransaksi.
    Thanks Tokopedia.

  50. Wowww… keren banget….
    Jadi kagum sama pak william
    Bisa melampaui keinginan,yang awalnya ingin bekerja di perusahaan internet,tapi sekarang malah punya perusahaan sendiri
    Jadi pingin punya juga

  51. Suport. Semoga share dari semangat , Jiwa pantang menyerah, ide2 briliant dapat menjadi obor penyemangat yng dapat melahirkan para Usahawan yang memiliki konsep pemikirian bermanfaat bagi banyak orang dan menjadi peluang kerja.

  52. Wow.. Keren.. Saya juga memilki impian yang sama.. dan saya yakin bisa terwujud.. makasih pak william atas cerita pendek nya yang sangat menginspirasi.. i love u full

  53. Kisah yang sangat hebat, dan saya bangga bergabung didalamnya, Tokopedia memberi harapan besar bagi semua orang yang bergabung. Sukses Selalu

  54. Thanks lot of om william, berkat tokopedia nya saya bisa mencari sampingan uang jajan dan memutar tabungan agar lbh berkembang. Terima kasih om telah melahirkan tokopedia yang sangat membantu

  55. Cerita yang sangat menginspirasi sekali bagi saya. Semoga kedepannya masyarakat yang jual-beli di Tokopedia dan seluruh masyarakat di Indonesia bisa sukses semua dan bisa membangun startup masing-masing yang mana tidak hanya untuk mencari untung belaka namun juga untuk kebutuhan dan solusi bantuan masyarakat di Indonesia maupun di kancah Internasional. Amin.

  56. Trimakasih Toko pedia yg telah memberikan lapangan tambahan buat sy walaupun saya blom bisa membuka toko di toped, dengan menjadi reseller (DROPSHIP) di toped sy bisa mendapat tambahan penghasilan …..trim’s buat Bapak William somoga sukses TOPEDnya……

  57. Salut sama Bpk William, dari mimpi yg menjadi kenyataan. Internet mampu mengubah hidup saya menjadi lebih positif, terutama Tokopedia, sukses terus untuk Tokopedia…

  58. Situs jual beli terbagus selama yang pernah saya kenal.
    Tokopedia benar-benar brillian dalam hal ide dan inovasi.
    Salut…

  59. Tokopedia emang ajib,

    ditunggu fitur cahting antara seller dan buyer, buat aplikasi sendiri ya?
    seperti Trademanager di alib*b*

    Thanks
    tokopedia.com/taspedia

  60. Tokopedia emang ajib,

    ditunggu fitur chating antara seller dan buyer, buat aplikasi sendiri ya?
    seperti Trademanager di alib*b*

    Thanks
    tokopedia.com/taspedia

  61. Beruntung sekali saya baru bergabung di tokopedia membaca kisah @William yang dr nol bisa sukses,semoga semakin sukses tokopedia.

  62. Heran udah di kasih murah masih protes, transaksi di toped ribuan gmn bisa cek secara detail klo tidak ada kode unik.
    Giliran nanti klo konfirmasi dari toped telat pada protes.

  63. Berkali kali saya bkin web toko online.. hasilnya NOL..tdk ada pesanan 1 pun..sampai habis masa hostingnya..akhirnya ntah bgmn..bisa nyasar tak sengaja kenal tokopedia..butuh 1 thn an..krn sy memang tdk fokus mengurus toko online..
    Kmudian sy kenal dgn suplier seorang importir.. hingga tak lama kemudian..transaksi pertama terjadi..masih tdk percaya..ketika dapat penjualan pertama..
    Sayangnya bbrp pembeliku di awal lupa tdk bkin review..( kyknya system toped skrg tdk lgs mengarahkan ke review ketika klik sdh terima..seperti di awal2) di situ kdg aku merasa bingung..

    Btw, Pengalaman buruk membeli produk personal care palsu/ kw di toped sgt mengecewakan.
    Sy melihat begitu banyaknya produk personal care palsu dan kw di toped..dan sayangnya penjualnya tdk info ini kw..ini ori..sgt disayangkan..seolah2 belanja online beli brg palsu/kw adalah lumrah.. akhirnya jd sindiran
    ..mau barang kw? Ke tokopedia saja..

    Dari situ sy bertekad hanya jual produk original..agar pelanggan tdk kecewa dan komunitas toped punya image yang terpercaya

    Sambil terus belajar menjalankan bisnis online di toped dan memastikan sumber produk selalu dr suplier/importir terpercaya..sy yakin bisnisku, dan komunitas pembeli/penjual toped akan semakin besar dan tokopedia akan menjadi no 1 di di dunia.

  64. Sudah Berkali kali saya bkin web toko online.. hasilnya NOL..tdk ada pesanan 1 pun..sampai habis masa hostingnya.. :(

    akhirnya ntah bgmn..bisa nyasar tak sengaja kenal tokopedia..butuh 1 thn an..krn sy memang tdk fokus mengurus toko online..
    Kmudian sy kenal dgn suplier seorang importir.. hingga tak lama kemudian..transaksi pertama terjadi..masih tdk percaya..ketika dapat penjualan pertama..
    Sayangnya bbrp pembeliku di awal lupa tdk bkin review..( kyknya system toped skrg tdk lgs mengarahkan ke review ketika klik sdh terima..seperti di awal2) di situ kdg aku merasa bingung..

    Btw, Pengalaman buruk membeli produk personal care palsu/ kw di toped sgt mengecewakan.
    Sy melihat begitu banyaknya produk personal care palsu dan kw di toped..dan sayangnya penjualnya tdk info ini kw..ini ori..sgt disayangkan..seolah2 belanja online beli brg palsu/kw adalah lumrah.. akhirnya jd sindiran
    ..mau barang kw? Ke tokopedia saja..

    Dari situ sy bertekad hanya jual produk original..agar pelanggan tdk kecewa dan komunitas toped punya image yang terpercaya

    Sambil terus belajar menjalankan bisnis online di toped dan memastikan sumber produk selalu dr suplier/importir terpercaya..sy yakin bisnisku, dan komunitas pembeli/penjual toped akan semakin besar dan tokopedia akan menjadi no 1 di di dunia.

  65. Terima kasih buat pak william ..Terima kasih buat tim toped yang sgt supportif. Kami sgt terbantu..banyak yang bisa dpt nafkah dr sini.. . May Allah Bless All of You and Family. Ameen.

  66. bapak novan yang terhormat… menurut terawangan saya… bapak orangnya itung-itungan banget… anda hidup penuh dengan kecurigaan… jika anda tidak mengubah pola pikir dari sekarang,bapak bakal hidup tambah pusing seperti sekarang ini,tidak akan berubah…bapak bilang donasi.. padahal bapak sendiri jarang mendonasikan uang bapak… bapak menginginkan #IndonesiaTransparant.. tapi bapak telah memulai dari yang buruk… saran saya… berfikirlah yang logis…saya sangat salut dengan Tokopedia. Menumbuhkan kepercayaan antara penjual dan pembeli sangatlah tidak mudah….

  67. Setuju banget nih, Pemerintah harus mendorong export via online seperti itu. Aliexpress aja gratis ongkir kalo lewat China PostMail, jadi harga mereka bersaing banget, meski butuh waktu lama. Meski barang di sini kebanyakan dari China, tapi saya yakin kalau ada program subsidi ongkir, pasti di tokopedia tidak hanya ramai pedagang, tetapi juga industri kecil/menengah, dan siapa tahu, nantinya industri2 tersebut akhirnya berkembang dan menyerap semakin banyak lapangan kerja dan membuat negara ini semakin mandiri. Salam.

  68. Terima Kasih Bang William

    Tokopedia banyak banget merubah kehidupan ane, dulu ga kepikiran punya toko di rumah tapi berkat hasil penjualan di tokopedia ane bisa buka toko di rumah.

    tapi sekedar saran aja nih buat tokopedia. beberapa buyer ane kadang tidak begitu suka bertransaksi melalui tokopedia. alasan mereka ribet harus transfer dan verifikasi ulang lagi. semoga ke depan nya tokopedia mau memikirkan bagaimana supaya pembeli yang datang berbelanja di tokopedia mau dan tidak pusing dengan cara transaksi nya :)

    terima kasih

    Fahrivez

  69. Selamat & Sukses ya Pak William serta tetap terus semangat.
    ” BRAVO TOKOPEDIA “

  70. Terimakasih atas pengalamannya yang inspiratif!
    Saya tidak yakin ini akan dibaca oleh tim Tokopedia, namun ada saran yang mungkin perlu saya sampaikan:
    1. Mengenai kualitas barang, seperti yang telah disebut oleh agan di atas, saya juga mengalami pengalaman serupa. Alangkah baiknya jika produk-produk yang dijual di Tokopedia memiliki standar yang ‘sesuai’ dengan Tokopedia, memberikan informasi yang lengkap dan benar kepada konsumen. KW jika KW, Ori jika Ori. Mungkin tim Tokopedia mulai boleh membentuk Nakama dalam pengecekan kualitas barang di daerah yang mungkin untuk dicek.
    2. Mengenai Saldo Tokopedia. Menurut saya, ada baiknya jika disediakan metode untuk melakukan top-up dalam pengisian Saldo Tokopedia. Mengapa? Karena dengan hal ini (Pembayaran melalui Saldo Tokopedia) Proses verifikasinya akan lebih instan dan tentu saja lebih menyamankan pembeli, terutama yang menggunakan metode transfer bank, salah satunya saya… ^^

    sebenarnya masih banyak masukan dan saran yang ingin saya tuangkan, namun karena ada kemungkinan ini idak akan dibaca, maka saya hentikan dulu sampai di sini. Tingkatkan terus pelayanan dan sukses selalu! Terimakasih!

    saya ikut berbangga, karena saya juga lahir dan tinggal di Pematangsiantar. Hehe

  71. Tulisan ini seakan menjawab satu pertanyaan besar di benak saya, Diawali saat saya menarik dana atas transaksi pertama saya di tokopedia, awalnya saya sudah bersiap jika harga barang + ongkir yang dikirim buyer akan dikenakan komisi oleh tokopedia, tapi saya sangat kaget, ternyata seluruh harga yang dibayarkan buyer bisa saya tarik penuh, tanpa potongan satu sen-pun. Saya pun heran, lha terus tokopedia dapet duit dari mana? dengan iklan yang sedemikian masif, Chelsea Islan pula brand-ambassador-nya.

    Niat baik ditambah usaha keras untuk terus menjaga kepercayaan investor, insyaAllah akan membawa hasil yang baik pula, sangat inspiratif Mas William, sukses Tokopedia

  72. Saluuut banget sama Tokopedia
    Gratis tapi manfaatnya Booombazztizzzz!!!
    Apalagi yang berbayar….

    Untung bgt deh ada Tokopedia :)

  73. serius, barusan saya mau checkout pake saldo tokopedia sebagian dan saya kaget ternyata ada biaya admin 50rb..

    tolong jelasin apakah memang kena biaya admin kalo pake saldo tokopedia sebagian ?

  74. Sudah bertahun-tahun saya menggeluti dunia toko online, dan akhirnya saya bertemu dengan Tokopedia.

    Ini adalah Toko Online yang paling :
    – paling mbois
    – paling nyaman
    – paling gampang
    – paling bagus tampilan web-nya
    – paling cepat respon CS-nya
    – paling kece se-Indonesia

    Akhirnya tulisan bapak william menjawab pertanyaan saya darimana tokopedia dapat untung.

    Semoga tetap gratis dan makin maju :)

  75. semoga tokopedia selalu jadi rujukan jual beli online no.1 sejagat nusantara. terima kasih tokopedia telah memberikan kesempatan semua pedagang kelas kecil-menengah untuk menjual barang dagangannya dan memperkecil tindakan penipuan. Tokopedia memang TOP !!!

  76. Buat tokopedia… sy sdh transfer uangx kok ktx penjualx dana tdk d temukan… tlg d bntu scptx…

  77. Halo rathy. Dana yang kamu transfer tidak ditemukan kemungkinan karena adanya kesalahan pada saat kamu melakukan konfirmasi pembayaran. Mohon untuk kirimkan bukti transfer ke email: payment@tokopedia.com, agar kami dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Terima kasih :)

  78. Luar biasa, salut untuk perjuangannya. BTW, ingin sekali rasanya suatu saat nanti tokopedia bisa bekerja sama dengan penjual2 dr luar Indonesia. Saya banyak tertarik dengan barang dr luar tapi berhubung ga punya kartu kredit, jadi ga bisa beli, apa boleh buat, Kalau misalkan bisa, kan transfer ke tokopedia, nanti tinggal tokopedia yg melanjutkan ke pembeli. Jadi tokoped sbg money changer dan kartu kreditnya… Ya smoga bukan hanya impian..

  79. saya setuju,, mgkn harus ditambahkan tulisan KW/Original dibawah tulisan Baru/Bekas. Dan kalau bisa ada Toupup saldo ke Tokopedia supaya ga bolak-balik ATM. Kena biaya 50-1000 perak jg gpp daripada harus ke ATM bersama kena 5000 sekali transfer

  80. Wah kok bs udh sy konfrmsi uangx trs kt tokepdia tgl memunggu sertivikasi dr penjual.. eh pas penjual udh sertifiksi ktx danax g ad???? It gmna sih…. ap mungkin nih ad pegawai tokopedia yg ngambil tampa sepengetahuan yg lain… tlg d jwb… n tlg lacak uang sy yg 5rts lbh… tlg… ktx tko pedia aman.. tp mana tb2 uang hilang bgt aj…

  81. kerana di bangun dengan susah payah untuk sampai saat ini,, setelah jadi seperti saat ini janganlah lupa untuk:
    1. pegang niat awal, jangan jadi angkuh karena semua kan titipan tuhan
    2. jangan lupakan jasa dari orang disekitar, karena berkat mereka lahir lha tokopedia
    3. jangan lupa juga kepada tuhan yg udah ngasih jalan cerah buat kelahiran tokopedia, yg lebih di percaya ketimbang toko sebelah …

    semoga bukan cuma anda pak, tapi saya dan semua kawan2 yg bergabung di tokped penjual ato pembeli bisa jadi lebih baik lagi lagi dan lagi …

  82. Seneng tiap yang nge-blog babehnya langsung nih. Hehe. Herannya post2nya selalu hal2 yang menjawab pertanyaan2 saya seputar Tokopedia dari bertahun2 lalu. Dapet untung dari mana kalo berkembangnya terus2an, nambah fitur terus, nambah staff terus, bagi kalender, ngadain event2, dan ngiklan di berbagai media sedangkan tetep aja jadi mall gratisan? Kena karcis parkir juga engga.
    Kagum lho di jaman sekarang masih ada orang yang bisa merasa sukses ketika membuat orang lain jadi sukses juga. Ini terinspirasi yang menginspirasi namanya. Semoga makin banyak orang (termasuk saya) yang berani keluar dari zona nyaman dengan pemikiran seterbuka dan semaju Pak Will. Kedengerannya ga mudah banget apa yang harus dilalui ya. Heran dapet semangatnya yang ga pernah padam dari mana bisa sampe sejauh ini dengan latar belakang orang kuliahan biasa. Hehe..
    Ga lupa juga dengan ciri khas Pak Will yang selalu mengedepankan personal service. Ciri khas Anda ini menurun sampe ke staff2 Anda lho..baik cust service, dll. *Thumbs up* Boleh deh sekali2 ngeblog lagi tentang suasana kantor Tokopedia dan staff2nya supaya mereka makin semangat juga.

  83. Mohon konfirmasi dan infonya mengenai dana saya pada pembatalan transaksi yg dilakukan oleh Tokopedia,saya mendapatkan Email pembatalan tanggal 25 Mei 2015 dan hingga sampai saat ini dana belum masuk di Saldo saya. Mohon utk segera dilakukan pengembalian dana karna waktu dr pembatalan transaksi sudah terlalu lama. Trima kasih.

  84. Toolloooooooong d cek pux sy… gmn sih.. mw unggah bukti resi melalui hp g ad nih

  85. saya sudah konfirmasi tetapi saya blm bayar barang tersebut…. apa yg terjadi ?…

  86. Mantab… 6 bintang buat Mr. William dan Tokopedia
    diantara toko online yang ada di Indonesia, hanya Tokopedia yang saya Bookmark…
    yang lainnya dah saya hapus dari Bookmark saya…sekarang hanya Tokopedia satu-satunya buat blanja blanji :)

    Alhamdulilllah, semua Transaksi pembelian saya sukses, aman dan nyaman…
    Terima kasih…

  87. Gmna sih tokopediaaaa g bs ngecek uangx… dg alsn byk yg konfrmsi dg jmlah yg sm… g msk akal bnget… shrsx dgn uang yg sy krm dg kode d blkgx juga bs tw klo pux sy benar2 sdh d trnfrs.. ms bs tb2 hilang bgt aj…. tolong donk pertanggung jwbanx dan keamanan juga d jgaaa…. lalu kalo uangx dh g ad pihak dr tokopedia juga g mw tanggung jwb gt… ?????????????? Sy pix bukti resi yg sy krm… jdd tlg jngn merpersulit sy donk….bukti unggahn udh d krm ke email… ms g bs d lacak..
    Lgian juga sy ngirim ke tokopedia langsung.. ms tb2 uang hlg.
    . Tolong yaaa sy g mw tauuu… klo g sy lapor ke polisiiii… ktx online terbesar ap???? Uang aj tb2 g ad….

  88. Hadooooooo stlah d tlp tokopedia langsung akhrx uang sy udh ktmuuuu….. klo dr kmrn2 d tlp kan mlh lebih gampang… tolong dr pihak tokpedia mencantumkan no tlp yg bs d hub…spy klo ad kendala soal ginian lbh cepet… tp sblmx maaf n mksh tokopedia… pelayanan tlp lbh cepet dr pd via inbox..

  89. Halo Ilham. Sebelum melakukan konfirmasi pembayaran, kami sarankan agar kamu melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan pada data pembayaran. Jika kamu melakukan konfirmasi tapi belum membayar, bisa saja pesanan kamu dibatalkan oleh sistem kami karena pembayaran tidak ditemukan. Jadi sebaiknya kamu membayar dulu baru konfirmasi pembayaran yah. Semoga membantu, terima kasih. Have a nice day :D

  90. Halo Dewi. Mohon maaf atas ketidaknyamanan-nya. Bisa tolong infokan nomor invoice kamu? Nanti akan kami bantu lakukan pengecekan. Terima kasih untuk kerja samanya. Have a nice day :D

  91. saya cuma mau bilang 3 kata. “I LOVE TOKOPEDIA !!!!!!!!!!!!!”
    hahah.. saya seneng sekali ada tokopedia. dengan ada nya saran ini, usaha saya makin laku keras.. PUJI TUHAN bisa ketambah modal untuk biaya nikah. wkwkwk… saran saya.. di bantu di cantumkan nomor Custumer Servise, agar para penjual ada keluhan dan pertanyaan bisa langsung menghubungi tokopedia.com..dan kalau bisa di berika fasilitas saling add dan saling chat langsung bos.. agar lebih fast respon nya ..
    thanks tokopedia.

  92. cuma tiga kata “I LOVE TOKOPEDIA”
    saran :
    1. cantumin nomor custumer service agar ada keluhan dari warga tokopedia bisa langsung menanyakan ke tokopedia.
    2. di berika fasilitas seperti chat langsung, agar fast respon
    3. gratis terus ya tokopedia. hehehe.
    4. kalau bisa tokopedia di perluas, jangan cm di indonesia tapi seluruh negara..

    mhh. saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih. karna ada nya tokopedia. dagangan saya bisa terbang keseluruh pelosok indonesia. PUJI TUHAN jadi ada dana tambahan untuk biaya hidup sehari-hari.. THANK TOKOPEDIA..

  93. wuahhhh gilaaa keren banget ya perjuangan mimin tokoped :D
    jujur min saya merasa terbantu banget ini dengan adanya tokoped. saya gak perlu lg bikin website2 online shop segala, karna traffic di tokoped menurut saya sudah sangat baik :)
    .
    semangat terus ya min, saya dukung BUANGET kalo di masa depan kelak tokoped bisa melayani transaksi INTERNASIONAL dan menjadi Amazon + Ebay versi INDONESIA!!!
    SUKSES YAAAAAAAAA

  94. Mungkin tambahan buat Tokopedia, kalau kita transaksi menggunakan transfer bank selalu ada kode khusus yang masuk ke harga transfer kita, mungkin tidak seberapa, tapi dengan itu menurut saya tokopedia tidak gratis (CMIIW).
    Lalu dengan sistem verifikasi pembayaran yang memakan waktu, ada 1 toko online yang sering saya gunakan untuk belanja dan menerapkan kode khusus ini, verifikasi langsung setelah kita transfer, paling ama menunggu hitungan menit, bisa gak tokopedia melakukan itu? atau mendingan tidak usah menggunakan kode khusus juga kalau verifikasi masih manual.

    Terlepas dari itu, saya sangat suka dengan layanan Toped yang di isi toko2 yang menjual produk murah.
    Oh iya, tambahan lagi, kalau ada CS yang bisa di telpon atau live chat.

    thanks, maju terus, Sapangambei Manoktok Hitei

  95. Terimakasih pak William sudah berbagi kisah, sangat menginfirasi sekali….semoga Toped tambah maju dan mendunia

  96. terima kasih pak william, sukses untuk tokopedia yang sudah membantu banyak orang untuk sukses dan mudah-mudahan saya bisa terus sukses bersama tokopedia

  97. Wah….. sungguh Mulia cita2 mu William Tanujaya, saya sendiri masih sebagai pemakai Tokopedia yg tahun 2015 ini akan Pensiun dari salah satu BUMN, apabila memungkinkan saya akan buka toko juga di Tokopedia.

    Maju terus…….. pantang mundur…. Demi Merah Putih kami akan mendukung Mu…….. Semoga Tokopedia dan Masyarakat Dunia umumnya dan khususnya Indonesia semakin makmur, maju aman dan sentosa serta dilindungi dan diberkahi oleh Allah SWT, Amin3x YRA

  98. Terharu banget, tak terasa air mata menetes membaca paparan pak William Tanuwijaya, tak terasa kehidupan saya sangat terbantu dengan adanya tokopedia, dari hari pertama jualan di tokopedia, siang hari upload 4 item, malam hari sudah ada order yang masuk… hingga saat ini sudah lebih dari 6rb produk yang saya jual lewat tokopedia, tak tau gimana saya ungkapkan rasa terima kasih yang sangat besar ini. Semoga bapak William bersama segenap crew selalu diberi kesehatan dan kelayakan hidup yang tak terhingga, senantiasa gembira dan selalu semangat untuk membantu jutaan orang seperti saya. terima kasih.

  99. Sayang utk pembayaran.via kartu kredit dari.Bank bank lain sulit.atau bentuk format perlu dipmetbaiki agak dibuat sesimple mungkin,karena orderan saya blm bisa saya bayar via.kartu kredit Bank Mega saat ini masih dintroly tks atas perhatiannya

  100. mantap. smoga tetap pada niat awal baiknya.
    oia untuk sistem webnya koq sering down ya? saya harap hal ini diperbaiki kan udah dapat modal gede hehe

  101. saya sgt terkesan sekaligus berterimakasih banyak pada Tokopedia khususnya pak William

    Semoga tetap jaya, dan impian awal Tokopedia dapat terwujud
    God Bless

  102. Saya suka sekali bacanya menjadi inspirasi saya.. Ngomong-ngomong soal pendanaan dari luar kalau sekarang saya yakin Tokopedia juga bisa dapat pendanaan dari para member tokopedia yang udah diatas seratus penjualan mungkin bisa diajak kerjasama gan…
    Yah sekedar ide saja.. Dengan sistem bagi hasil atau apalah.. saya yakin banyak kok yang mau.. Kalau banyak yang gak mau,, Minimal ada yang nyantol kan hehehehe

  103. Hahahaha lucu, gimana kode unik yg ngga nyampe 100 perak mau dijadikan keuntungan, biaya operasional situs ngga bakalan tertutupi. Hargailah hasil kerja penyedia jasa bukan menanyai sesuatu yang tidak logis

  104. Terima kasih tokopedia yang telah mempertemukan saya dengan customers baru.
    Sukses terus dengan sistem nya. Berjualan grosir di tokopedia sangat membantu sekali.

  105. Bravoo..pak william, terima kasih untuk ide brilliant nya… Saya bangga menjadi penjual di tokopedia… semoga tokopedia dapat menjadi lebih besar lagi … GBU

  106. yang gratis blom tentu jelek…
    tokopedia… gratis tapi bagus walau kemarin2 sering maen tenis

    maju terus tokopedia
    situs jual beli yang pas buat saya
    terlebih saya suka burung hantu dan warna hijau…

  107. thx to tokopedia.. semoga menjadi market place online terbesar di indonesia.. sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masy indonesia..

    bravoooo

  108. Terimakasih tokopedia, saya baru mengenalmu tapi Sdh jatuh hati dgn toped bs mendapatkan brg bg dgn hrg yg terjangkau, senang rasanya mengenal toko pediatri, Terimakasih ok William. .

  109. ane terharu membaca cerita Bos, kagak bisa cerita da… , ane ngasih masukan aja, biar TOKOPEDIA tambah meningkat ratingnya..:
    1. Hargai semua pendapat/masukan/saran&kritik walau pahit sekalipun,
    2. Kalau bisa isi perhalaman diperbyk 90/100/200 biar nggak ribet klik halaman
    3. Band wide diperbesar
    4. Lain-lain smntara ok
    Sukseeesssssssssssssss boss jangan lupakan kulit ya boss.
    makasih.

    Oniel Imyou

  110. Super sekali, telah memberikan inspirasi dan manfaat untuk semua orang. Saya sangat salut, kagum dan terinfirasi dari cerita pengalaman hingga keberhasilan anda. Maju terus berjuang untuk makmurnya indonesia dan dunia.

  111. inilah mengapa tokopedia bisa menjadi lebih sukses. karena banyaknya do’a dari semua toppers yg terbantu atas adanya layanan jasa jualan gratis. niat baik akan menghasilkan sesuatu yg baik pula :)) thx tokopedia, telah membantu pedagang kecil seperti kami :)

  112. masih teringat sewaktu sy sangat bersemangat utk buka toko online…
    susah payah sekali… dimulai dari berbayar, ribet, hingga banyak sekali hal2 yg perlu dimengerti bagi pemula seperti saya… begitu ketemu tokopedia, terasa sangat berbeda, jiwa wirausaha saya tumbuh, dagangan laris manis, user friendly, dan GRATIS lagi!

    nyesel gak dari dulu kenal tokopedia… semoga sy jg bs berguna bagi orang lain seperti tokopedia…
    thx ya Tokopedia…

  113. >
    maaf, saia mau tanya ,
    (tolong dijawab yaa)
    saia ngga mengerti ,
    ulasan Tokopedia mengenai : “Apakah ongkir bisa digabung”

    saia order barang dari penjual yang sama,
    saia pengen ongkirnya digabung saja,
    tapi, saat saia baca ulasan di pusat bantuan berjudul : “Apakah ongkir bisa digabung?”

    kok, saia belum paham juga cara kerjanya…….

    mohon pencerahan,…..
    terimakasih

  114. Halo Musliha. Ongkir bisa digabung jika kamu memenuhi 3 syarat berikut:
    1. produk-produk yang kamu pesan berasal dari toko yang sama
    2. alamat tujuan pengiriman produk-produk tersebut sama
    3. menggunakan agen logistik dan layanan logistik yang sama. Misal kamu memakai agen Logistik JNE dengan paket layanan Reguler untuk produk-produk yang kamu beli.

    Semoga membantu ya, Terima kasih :)

  115. Salut tokopedia saya terharu, ikut bangga, dan merinding membaca filosofi nya, Saya doakan sukses tokopedia dalam berkarya dan membantu sesama.

  116. Terima Kasih untuk tokopedia,selama ini sy telah menjadi penjual di tokopedia, tokopedia beda dengan toko yg lain, kalo yg lain terlalu banyak Aturan, sehingga banyak produk yang ditolak, tapi di tokopedia lancar.

  117. Cerita diatas sungguh menginspirasi sy pak william, tujuan bpk membangun tokopedia agar indonesia menjadi lebih baik lewat internet sungguh mulia, dan sy yakin para pengusaha2 sukses lain pun tidak semata mengejar keuntungan melainkan ada nilai manfaat yg dia bagikan untuk org lain.

    terima kasih pak william dan tokopedia

  118. Smoga allah membalas smua kebaikan pak william lebih dn lebih lagi. Trimakasih tlh menjadi anak bangsa yg memperdulikan ol shop2 kecil yg kekurangan modal,memperdulikan nasib pembeli trhadap brg online,dan pastinya membuat indonesia bangga mempunyai sosok sperti bapak yg msih prduli pda para pngusaha2 kecill :) dn smoga sya bsa suatu saat bkerja d tokopedia :D i love tokopedia..rara mamora-kisaran,sumatera utara

  119. Wah bang William dari pematangsiantar toh. Saya dari Medan. Salam dari sumut. Sukses selalu.

  120. pengen undang pak william untuk mengisi acara seminar wirausaha di kampus
    kalo berkenan, boleh saya mnta kontak bapak?

  121. Ide atau pemikiran yang dulunya dianggap remeh, kini sekarang menjadi ide brilian yang terduga oleh siapapun, Toko Pedia bisa dibilang Mall online-nya dunia, semoga Toko Pedia maju terus.

  122. Dimana ada toko pedia,saya selalu ingin mengucapkan banyak terimakasih.tokopedia telah merubah hidup saya dan keluarga saya….saya mengalami jatuh bangun dalam berbisnis…ratusan juta melayang.salah satu teman memperknalkan saya dengan tokopedia.setelah saya melihat barang2 yg dijual ditokopedia,terbesit sebuah ide. Saya bisa menjual barang apapun tanpa modal dengan cara dropship. Saya ambil beberapa produk,saya tawarkan secara online dan wow…hasilnya dahsyat…dalam sebulan saya mendapatkan keuntungan bersih rata2 5 sd 10 juta.angka yg sangat fantastis untuk seorang yg pernah bangkrut sperti saya…hanya bermodalkan gadget dan facebook….saya bisa bangkit. Sebentar lagi tokopedia berulang tahun…terimakasih tokopedia. Kamu adalh bagian dari kehidupanku dan keluargaku……jaya selalu….buat big bos William,u r great bro….love u so much.

  123. Halo Hanif. Kami dari Tim Tokopedia senang bisa membantu kamu untuk bangkit dan membangun usaha kembali. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi orang-orang yang bisa berkembang bersama Tokopedia. Terima kasih :)

  124. Sungguh cerita yang sangat menginspirasi, luar biasa pak william memulai suatu bisnis dari bwh… dan sekarang pak wiiliam sudah sukses dan berusaha membantu orang lain jg untuk sukses.. salut buat pak william dan tokopedianya… smoga makin sukses dan bisa mendunia seperti alibaba…

  125. Thanks sebesar2nya utk tokopedia utk kesempatan membangun bisnis . Sy udh lama memiliki akun tokopedia sejak awal dibuka. Dan saya rasa tokopedia besar krn adanya transaksi supplier dan dropshipper kosmetik. Dan sy rasa pelaku bisnis kosmetik yg membuat tokped bs bertahan. Tp akhir2 ini dgn banyak nya iklan sgt mempengaruhi penjualan kami sbg reseller dropship yg semakin menurun, knp? Krn banyak org akhirnya mengambil langsung dr tokopedia.. kami sbg dropshipper jd agak putus asa krn cust lama kami rata2 langsung hilang dan mngaku ambil langsung di tokped.. kami bersaing dengan supplier kami sendiri.. apa pernah terpikir hal tsb ya? Slain itu jg mempengaruhi d tokopedia jd sering overload. Kalo boleh tau, sampai kapan iklan2 ditargetkan? Biar kami tau gambaran kedepan nya.. apakah berhenti menjadi reseller tokped dan cari peluang baru atau gmn.

  126. sukses untuk usha online indonesia,saya salut untuk semngatnya, semoga banyak orang indonesia yang bukan lulusan terbaik kampus di indonesia tapi bisa melahirkan bisnis online yang mendunia

    salam hangat

  127. kisahnya inspiratif, bisa gak saya mengundang pak william untuk acara seminar di kampus di jakarta? kalau bisa tolong beritahu cara menghubungi pak william untuk berbagi kisah inspiratif. terima kasih

  128. Sangat inspiratif kisah dari om William Tanuwijaya dan Tokopedia, Saat ini, Saya juga mempunyai mimpi untuk membangun sebuah Marketplace seperti Tokopedia. Semoga Saya juga bisa mengikuti jejak Tokopedia. Salam Sukses untuk Kita semua.

  129. maaaf saya mau komplain tentang masalah saya, saya pelanggan tokopedia juga, saya membeli barang dan sudah membayar, namun kenapa di status pemesanan masih saja tetap menunggu verifikasi? saya tanya pihak toko juga tidak tahu dan merasa tidak pernah menerima order dari saya. tolong diselesaikan masalah ini secepatnya.
    terimakasih

  130. gimana? apakah sudah dapat? saya harap tokopedia dapat menyelesaikan dan memproses pesanan saya. terimakasih

  131. saya mau minta tolong dong, kan dana saya sudah ditemukan oleh pihak tokopedia, tapi kenapa dana saya tidak di ke saldo tokopedikan saja

  132. Halo Rifda. Jika dana dalam status aktif atau ada di rekening Tokopedia maka dana tersebut tidak akan masuk ke saldo Tokopedia kamu. Saldo hanya akan terisi otomatis jika ada kelebihan pembayaran/transaksi dibatalkan penjual. Untuk dana yang ada di Tokopedia itu bisa digunakan untuk melakukan pemesanan lain/dikembalikan ke rekening asal pengirim. Jika ingin dikembalikan ke rekening asal pengirim, mohon infokan nomor rekening tujuan refund, nama pemilik, bank dan cabangnya ke email contact@tokopedia.com

    Semoga membantu, terima kasih :)

  133. Kalo misalnya udah bertransaksi sama toko terus toko nya belum ngirim tapi saya udah tranfer. tapi kata tokonya tutup sampai tanggal 22-desember-2015 nah saya mulai transaksi tanggal 14 desember nah nanya ke toko nya gak di jawab sekalipun . nah yang saya tanyakan apakah uang saya kembali ?

  134. Aamiin…

    Sukses terus tokopedia…

    Saya juga ingin membantu banyak orang dengan Bisnis saya…

    Baru 8.000-an yg sdh bs ambil manfaat, targetnya sebanyak2nya… :-)

  135. Setuju banget Pak William, untuk bisa maju kita harus membuat orang maju juga. Bukan memikirkan untung sendiri. Ini adalah cara berpikir yang inovatif dan jarang dimiliki oleh orang lain. Memang bukan cuma Pk William yang berpikir maju seperti ini di Indonesia, sdh ada pendahulunya tp dalam bisnis yg lain. Tapi jumlahnya di Indonesia sangat terbatas, jadi kita dukung terus. Maju terus …….demi kesejahteraan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here