• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Penjelasan Mengapa Sebagian Gambar Tidak Muncul di Situs Tokopedia? Update: Masalah Teratasi

Share

Penjelasan Mengapa Sebagian Gambar Tidak Muncul di Situs Tokopedia? Update: Masalah Teratasi

Dear Toppers,

Kami sangat menyesalkan situs Tokopedia dalam beberapa hari terakhir ini tidak maksimal melayani para Toppers sehubungan dengan banyaknya gambar di situs kami yang tidak muncul.

Team teknis kami masih terus bekerja siang-malam untuk memastikan masalah ini teratasi dengan maksimal. Dan kami akan terus memberikan informasi terbaru sehubungan dengan masalah ini dengan mengupdate postingan ini.

Apa yang sedang terjadi, kenapa gambar produk banyak yang tidak muncul?

Tokopedia saat ini memiliki lebih dari 200 juta gambar yang tersimpan dalam belasan server (akan dianalogikan sebagai gudang untuk mempermudah pemahaman), dimana sebelum masuk/keluar gudang, gambar-gambar tersebut harus melewati sistem penjaga pintu. Penjaga pintu inilah yang menentukan gambar baru harus masuk ke gudang mana. Penjaga pintu ini juga yang memberitahukan ketika gambar yang sudah ada di gudang ingin ditampilkan di website, gambar tersebut ada di gudang yang mana.

Beberapa minggu terakhir ini jumlah gambar yang masuk setiap hari nya meledak gila-gilaan, dan ketika mencapai lebih dari 200 juta gambar, beban sistem penjaga pintu tersebut menjadi terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan kondisi gudang gambar turut bermasalah sehingga sistem penjaga pintu kebingungan ketika harus mengambil gambar yang ingin ditampilkan.

Nasib gambar saya bagaimana?

Sejauh pengamatan kami, gambar Anda aman berada di gudang gambar Tokopedia. Namun kami perlu kembali memastikan kondisi gambar-gambar yang berada di gudang yang bermasalah. Kami akan memberikan update kepada Anda jika Anda harus mengupload ulang beberapa gambar Anda.

Bagaimana penanganan dari Tokopedia untuk kejadian ini?

Kami dari Tokopedia sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang paling ahli di dunia dalam penanganan kasus ini. Belajar dari pengalaman ini kami sudah membangun sistem gudang gambar baru yang lebih besar, lebih cepat, lebih stabil, dan bisa menerima kunjungan yang jauh lebih tinggi lagi serta menampung dan menangani jumlah gambar yang jauh lebih besar. Kami berterima-kasih sekali kepada pengertian dan kesabaran dari Toppers sekalian dalam proses migrasi kami dari sistem lama ke sistem baru yang jauh lebih baik ini.

Mengapa penanganan ini memakan waktu sangat lama?

Hal ini disebabkan oleh pemulihan arsip gambar sejumlah lebih dari 200 juta gambar, yang sangat disesalkan memang harus melalui proses antrian dan memakan waktu.

Kapan hal ini akan selesai?

Saat ini status gambar yang bisa diakses kembali sudah sekitar 70% dari keseluruhan gambar di Tokopedia, kami harapkan dalam seminggu ini sudah selesai semua. Namun, jika ada update selanjutnya akan kami kabari lagi.

Sebagai penjual, bagaimana jika saya ingin segera memunculkan gambar-gambar produk saya sekarang juga?

Apabila masih memiliki gambar produk yang ingin segera ditampilkan, bisa melakukan edit produk, dan melakukan upload ulang gambar pada produk yang bersangkutan (cukup upload ulang gambar-gambar nya saja, sehingga review & diskusi produk tetap ada).

Jika produk sudah memiliki 5 gambar, maka Anda harus menghapus gambar terlebih dahulu sebelum melakukan proses upload ulang. Dengan melakukan upload ulang ini, gambar produk akan langsung muncul.

Bagaimana dengan TopAds dan urutan produk berdasarkan promosi?

Kami akan mengembalikan fungsi TopAds dan urutan produk berdasarkan promosi setelah masalah ini berhasil kami tangani.

Mengapa urutan produk berdasarkan terbaru?

Karena untuk produk baru yang di-upload sekarang sudah menggunakan sistem gudang gambar yang baru. Jadi selama proses recovery berjalan, urutan produk kami ganti sementara ke filter “Terbaru”.

..

[Update]:

20:28 WIB: Masalah ini sudah berhasil teratasi. Seharusnya semua gambar yang masih tersedia pada storage server kami yang masih berfungsi dengan baik sudah tampil kembali.

23:56 WIB: Fitur TopAds, Urutan berdasarkan Promosi sudah dikembalikan ke settingan semula.

Kami menyadari bahwa ada kemungkinan file gambar yang secara permanen hilang dalam proses recovery ini, jika semisal menemukan gambar yang hilang, cobalah melakukan refresh beberapa kali. Jika sudah melakukan refresh dan gambar tidak muncul juga, sebagai penjual mohon bisa melakukan reupload khusus untuk gambar yang hilang tersebut.

Kejadian ini menjadi pembelajaran yang tidak ternilai buat kami, dan kami akan memastikan seluruh inisiatif agar sistem Tokopedia menjadi lebih baik dan handal.

Terima kasih atas dukungan dan kesetiaan jutaan Toppers kepada kami dalam masalah ini, dan kami akan bangkit, berbenah lebih baik dari sebelumnya.

Salam,
William Tanuwijaya

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Lulusan SMP Ini Gapai Mimpi Setinggi Langit Lewat Internet
Press Release
Lulusan SMP Ini Gapai Mimpi Setinggi Langit Lewat Internet
© 2009-2024, PT Tokopedia