Tokopedia Mendapatkan Investasi 100 Juta USD dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia

9
2109

Jakarta, Indonesia, Tokyo, Japan, dan Menlo Park, CA, 22 Oktober 2014 – PT Tokopedia (“Tokopedia”), SoftBank Internet and Media, Inc. (“SIMI”) dan Sequoia Capital hari ini mengumumkan perjanjian kerjasama diantara SoftBank Corp (“SoftBank”) dengan Tokopedia bersama pihak lainnya, dimana SIMI akan memimpin babak investasi baru dengan partisipasi dari Sequoia Capital dan pemegang saham sebelumnya SB Pan Asia Fund untuk menanamkan investasi sebesar 100 juta USD (sekitar 1.2 Trilyun Rupiah) ke Tokopedia. Melalui investasi ini, perwakilan SIMI dan Sequoia Capital akan bergabung dalam jajaran Board Of Director di Tokopedia.

Didirikan pada tahun 2009, Tokopedia tumbuh sangat pesat dan menjadi marketplace online terbesar di Indonesia. Dengan adanya pendanaan baru ini, Tokopedia akan semakin fokus dalam visinya membangun Indonesia lebih baik lewat internet, melakukan akuisisi pelanggan, mengembangkan team, dan inisiatif lainnya dalam rangka semakin mengukuhkan posisi Tokopedia sebagai perusahaan internet asal Indonesia yang mampu bersaing secara global.

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia berkata, “Saya sangat bersemangat dan menyambut baik kehadiran SIMI & Sequoia Capital sebagai partner baru Tokopedia. Melalui investasi ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para merchant Tokopedia serta memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna setia kami. Pengguna kami adalah prioritas utama kami. Kami akan fokus agar para merchant kami semakin sukses. Ini adalah prinsip terpenting dari bisnis model kami.”

Nikesh Arora, Vice Chairman dari SoftBank dan CEO dari SIMI mengatakan, “Kami sangat senang dapat bekerja lebih dekat dengan Tokopedia. Di Asia, khususnya Indonesia potensi pertumbuhan untuk online marketplace sangat luar biasa, dan sejak Tokopedia berdiri, mereka telah menunjukan pertumbuhan yang signifikan dengan bisnis model mereka yang inovatif. Mengandalkan sinergi dengan jaringan bisnis internet kami, kami percaya kami dapat membantu kemajuan Tokopedia di pasar Indonesia.”

Shailendra Singh, Managing Director, Sequoia Capital India Advisors menambahkan, “Kami sangat terkesan dengan visi William untuk Tokopedia, perusahaan ini menghubungkan penjual dan pembeli di dalam sebuah marketplace, dengan proses transaksi yang terpercaya. Kami senang menjadi bagian dari tim Tokopedia dan juga investor, dan tidak sabar untuk bekerjasama dengan Tokopedia membangun perusahaan internet ternama di masa yang akan datang.”

Teruhide Sato, CEO dari Beenos, salah satu investor awal di Tokopedia menutup, “Kami menyambut baik SIMI dan Sequoia Capital sebagai partner baru kami di Tokopedia. Bersama-sama dengan partner yang luar biasa ini, saya percaya Tokopedia akan bertumbuh menjadi salah-satu platform terpenting di Indonesia yang akan terus membantu penggunanya dan mengedepankan user experience terbaik. Saya percaya kerjasama strategis ini akan membuka era baru untuk semua perusahaan internet di Indonesia.”

Babak investasi ini diharapkan akan berhasil ditutup pada pertengahan Desember 2014.

Tentang Tokopedia
Tokopedia merupakan online marketplace yang memungkinan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online aman dan nyaman. Tokopedia berdiri pada 17 Agustus 2009, dengan visi Membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet. Sejak berdiri, Tokopedia telah mendapatkan investasi dari PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), BEENOS (2012), and SB Pan Asia Fund (2013).
Silakan kunjungi https://www.tokopedia.com untuk informasi lebih lanjut.

Tentang SoftBank Group
SoftBank Group terdiri dari SoftBank Corp. (TYO:9984) dan beberapa anak perusahaan serta rekanannya, menawarkan berbagai komunikasi mobile yang komprehensif, fixed-line communications dan servis internet di seluruh dunia. Dengan bergabungnya Sprint pada Juli 2013, SoftBank Group menjadi perusahaan terkemuka dengan lebih dari 100 juta pelanggan. Memaksimalkan kerjasama sinergis bersama grupnya di seluruh dunia, SoftBank bercita-cita menciptakan inovasi gaya hidup melalui IT. SoftBank Group juga mengadopsi penggunaan energi yang bersih dan aman melalui aktivitas bisnisnya.
Silakan kunjungi http://www.softbank.jp/en/corp/ untuk informasi lebih lanjut.

Tentang Sequoia Capital
Sequoia Capital membantu para founders mengubah ide imajinatif menjadi perusahaan legendaris. Sebagai “Entrepreneurs dibalik Entrepreneurs”, tim Sequoia telah bekerja dengan para pendiri perusahaan yang legendaris seperti Steve Jobs dari Apple, Larry Ellison dari Oracle, Len Bosack dan Sandy Lerner dari Cisco, David Filo dan Jerry Yang dari Yahoo!, Max Levchin, Elon Musk dan Peter Thiel dari PayPal, Sergey Brin dan Larry Page dari Google, Steven Chen dan Chad Hurley dari YouTube, serta Reid Hoffman dan Jeff Weiner dari LinkedIn. Sequoia saat ini membantu para pendiri perusahaan dari generasi berikutnya untuk membangun perusahaan yang bertahan selamanya.
Silakan kunjungi http://www.sequoiacap.com untuk informasi lebih lanjut.

Media Kit / Brand Assets:
https://www.tokopedia.com/brand-asset

Tokopedia Contact:
Siti Fauziah / Clarissa Ånugrah (Indonesia)
press@tokopedia.com

SoftBank Contact:
SoftBank Corporate Communications (Japan)
+81.3.6889.2300
sbpr@softbank.co.jp

Jim Barron / Megan Bouchier (U.S.)
+1.212.687.8080

Sequoia Contact:
Akshay Joshi
akshay@the-practice.net

9 COMMENTS

  1. Sorry mau nanya, jika semua transaksi di tokopedia gratis, bagaimana tokopedia mendapatkan untung?
    bisa dijelaskan? kemungkinan dari iklan ya? penjual yg ingin mengiklankan produknya di halaman depan tokopedia?

  2. Yang saya masih bertanya-tanya tuh, tokopedia dpt untng dri mn y? kan harga yang diberikan net dari penjual. Kalau ada administrasipun paling hanya 1000,-/transaksi. Kalau sehari bisa 1jt transaksi y shri mang bs dpt 1M tp apa iy smpe segitu?

  3. Ingin menjual bahan baku giok! Tp tidak ada waktu buka/tutup toko di TokoPedia.
    Apakah TokoPedia bersedia memasarkannya?

  4. bila di lihat pernyataan Nikesh Arora, “Kami sangat senang dapat bekerja lebih dekat dengan Tokopedia. Di Asia, khususnya Indonesia potensi pertumbuhan untuk online marketplace sangat luar biasa” dia bisa melihat masa depan indonesia yang nantinya bakal dipenuhi pedagang2 online, tokopedia menjadi penjembatan dalam masa transisi ini. Sukses Tokopedia, terimakasih sudah turut andil dalam perkembangan indonesia yang lebih baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here