Syarat dan Aturan Terbaru Bepergian Naik Pesawat dan Kereta Januari 2021

0
12787

Berikut ini protokol kesehatan terbaru untuk kamu yang ingin bepergian dengan transportasi umum. Wajib diketahui penumpang pesawat dan kereta.


Bepergian di masa pandemi dapat sangat berisiko, selain berpotensi tertular virus, kamu juga bisa tanpa sadar menularkannya kepada orang lain.

Namun, jika sangat diperlukan sekali dan harus berpergian menggunakan moda transportasi umum maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

Sebab, pemerintah telah mengeluarkan aturan baru untuk kamu yang ingin berpergian dengan angkutan umum yang berlaku sejak 9 Januari hingga 25 januari 2021 nanti, apa saja syarat dan ketentuan yang diberlakukan yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Syarat Naik Pesawat Terbaru 2021

Sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Perhubungan nomor 3 tahun 2021 yang mengatur protokol untuk bepergian menggunakan pesawat, berikut isi selengkapnya:

  • Setiap individu yang peregian wajib menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan yang berlaku yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik, serta menjaga jarak minimal 1,8 meter.
  • Penumpang tidak diperkenankan berbicara langsung ataupun menggunakan alat komunikasi apapun sepanjang perjalanan di pesawat
  • Jika bepergian kurang dari 2 jam lamanya tidak diperkenankan untuk makan dan minum selama perjalanan. Kecuali bagi penumpang yang perlu minum obat dalam jangka waktu tertentu jika tidak dapat membahayakan keselamatan
  • Setiap penumpang wajib melakukan tes kesehatan RT-PCR yang dilakukan maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen yang dilakukan maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan
  • Menunjukan surat keterangan negatif COVID-19 pada hasil uji RT-PCR  maksimal 3×24 jam atau Rapid Antigen yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Surat ini berlaku untuk penumpang penerbang angkatan perintis, angkutan udara antar daerah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal), anak-anak dibawah usia 12 tahun.
  • Sebelum keberangkatan penumpang pesawat diwajibkan mengisi E-HAC (Electronic Health Alert Card) dan menunjukkannya pada petugas kesehatan di bandara tujuan kamu.

Syarat Naik Kereta Terbaru 2021

Selain pesawat ada juga surat Edaran Kementrian Perhubungan nomor 4 tahun 2021 yang mengatur protokol wajib yang harus dilakukan setiap penumpang kereta api antar kota atau daerah, berikut selengkapnya:

  • Setiap penumpang kereta api antar kota atau daerah wajib menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan yang berlaku yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik, serta menjaga jarak minimal 1,8 meter.
  • Penumpang kereta wajib menggunakan masker dan pelindung wajah dengan benar (menutupi hidung dan mulut).
  • Penumpang kereta hanya boleh menggunakan masker medis yang sudah disetujui oleh BPOM atau minimal masker kain tiga lapis.
  • Penumpang tidak diperkenankan berbicara langsung ataupun menggunakan alat komunikasi apapun sepanjang perjalanan.
  • Jika bepergian kurang dari 2 jam lamanya tidak diperkenankan untuk makan dan minum selama perjalanan. Kecuali bagi penumpang yang perlu minum obat dalam jangka waktu tertentu jika tidak dapat membahayakan keselamatan
  • Menunjukan surat keterangan negatif COVID-19 pada hasil uji RT-PCR dan Rapid Antigen yang sampelnya diambil maksimal 3×24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Protokol ini berlaku di Jawa dan Sumatera
  • Penumpang dibawah 12 tahun dan penumpang commuter line (KRL) tidak diwajibkan untuk melakukan tes RT-PCR atau Rapid Antigen.
  • Apabila hasil RT-PCR atau Rapid Antigen non-reaktif tetapi menunjukan gejala maka dilarang melanjutkan perjalanan.

Nah, Toppers, itulah protokol terbaru yang ditetapkan pemerintah untuk setiap penumpang transportasi umum seperti pesawat dan kereta. Pastikan untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku agar perjalanan kamu aman dan nyaman.

Penulis: Andina Apriliani