PSBB Diperpanjang, Transaksi Kategori Produk Ibu dan Anak di Tokopedia Meningkat

0
547

Jakarta, 28 September 2020 – Keadaan pandemi mendorong masyarakat untuk lebih banyak melakukan aktivitas bersama keluarga di rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan ibu dan anak. Hal ini terlihat dari peningkatan transaksi kategori Ibu dan Anak di Tokopedia selama pandemi.

Strategic Initiatives Senior Lead (Mom Baby & Home Living Category) Tokopedia, Rizki Widyastuti mengungkapkan, “Selama Agustus 2020, kategori Ibu dan Anak di Tokopedia terus mengalami peningkatan signifikan, yaitu hampir 2 kali lipat selama pandemi, jika dibandingkan dengan transaksi bulanan sebelum pandemi.”

Rizki melanjutkan, “Produk perawatan bayi seperti tisu basah, susu formula, popok dan sabun mandi menjadi beberapa produk di kategori Ibu dan Anak yang paling populer belakangan ini.”

Demi mempermudah masyarakat mendapatkan kebutuhan ibu dan anak, Tokopedia selalu berkolaborasi dengan mitra strategis.

Misalnya, kali ini dengan Popmama.com, menghadirkan Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020, yang di dalamnya mencakup edukasi, hiburan, serta pengalaman belanja kebutuhan ibu dan anak secara menyenangkan. 

“Dengan berkolaborasi, Tokopedia juga terus berupaya menyediakan panggung bagi pegiat usaha lokal dalam menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi sekaligus berkontribusi memulihkan perekonomian Indonesia,” tambah Rizki.

Mooi Official, salah satu contohnya. Pegiat usaha lokal di kategori Ibu dan Anak di Tokopedia ini mengalami peningkatan penjualan sebesar lebih dari 9 kali lipat selama pandemi.

Penyelenggara POPAC 2020 sekaligus Editor in Chief Popmama.com, Sandra Ratnasari, menuturkan, “Kolaborasi bersama Tokopedia kali ini menjadi sebuah sinergi kuat dan bertujuan memberikan inspirasi bagi keluarga milenial. Melalui platform digital, orang tua dapat berbagi informasi dan pengalaman, khususnya dalam menjawab berbagai tantangan mengasuh anak dalam masa PSBB.”

POPAC 2020 turut menghadirkan sejumlah talk show, webinar hingga kuliah daring bersama pembicara inspiratif, seperti psikolog anak, perencana keuangan, bidan dan dokter, hingga para ibu inspiratif. 

Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd yang menjadi salah satu pembicara pada POPAC 2020 mengungkapkan, “Pandemi ini memperkenalkan berbagai tantangan baru bagi para orang tua, seperti perubahan rutinitas yang drastis, kesulitan interaksi psikososial dan ekonomi, manajemen emosi dan energi hingga adaptasi terhadap teknologi.” 

“Melihat keadaan tersebut, orang tua perlu memperhatikan dan membangun lingkungan positif di rumah demi membantu membangun kepribadian anak unggul dengan cara hidup bijaksana dan baik di era PSBB ini,” jelas Rosdiana.

Aktris, Fanny Fabriana, juga turut membagikan pengalaman dalam mengasuh anak di tengah pandemi. “Keadaan seperti ini pastinya ada penyesuaian yang harus dilakukan, salah satunya ketika menjalankan aktivitas bersama anak. Sebagai seorang ibu dari tiga orang anak, saya harus semakin kreatif dalam memikirkan cara menarik agar anak-anak tidak bosan dan dapat terus tumbuh optimal, walau tetap di rumah saja.”

Di sisi lain, masyarakat kini bisa mendapatkan berbagai kurasi produk dan penjual dari kategori Ibu dan Anak melalui Tokopedia x POPAC 2020 yang akan berlangsung mulai dari 28 September-3 Oktober 2020, dengan sederet penawaran menarik.

***

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Kontak Media

Shania Haroen |  shania.haroen@tokopedia.com