• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Racikan Sukses Ala Christine

Share

Racikan Sukses Ala Christine

Di edisi ulang tahun kali ini, kami menghadirkan sosok yang mungkin tidak asing lagi di kalangan pencinta koleksi miniatur dan mainan Tomica, khususnya di Tokopedia.

Ya, dialah Christine, dengan tokonya, Tomica Shop yang selalu menghiasi jajaran atas halaman pertama daftar toko di Tokopedia.

Sebelumnya wanita dengan hobi memasak ini memiliki kios sendiri di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta. Namun pada akhirnya beliau mengalihkan bisnisnya tersebut secara online, dan di luar dugaan, kesuksesannya pun justru dimulai dari sini. Hal ini pun dibuktikannya dengan prestasinya menjual lebih dari 6 ribu produk semenjak bergabung dengan Tokopedia akhir tahun lalu, yang menjadikannya salah satu penjual terlaris. Tidak hanya itu, Christine bahkan berhasil membangun dan mengatur sebuah toko lagi di Tokopedia, yakni Tokohobi yang juga memiliki tanggapan yang cukup baik.

Mungkin tidak banyak yang dapat menyangka bahwa kesuksesannya ini hanya berawal-mula dari keisengan semata. Lalu bagaimana keberuntungan dapat menghampiri wanita kelahiran Lampung, 25 Maret ini? Simak penuturannya berikut.

Christine, pemilik Tomica Shop

Bagaimana perasaan dan tanggapan Anda sebagai salah satu penjual terlaris di Tokopedia?

Senang tentunya, sekaligus tidak menduga, oleh karena banyak penjual di tokopedia yang produk-produknya cukup menarik.

Bagaimana kiat Anda dalam menjalani bisnis ini hingga tetap digandrungi pelanggan, serta harapan untuk toko Anda pribadi di masa mendatang?

Kiat saya adalah dengan memiliki komitmen untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan melalui kelengkapan produk Tomica yang kami miliki, dengan kualitas kemasan dan isi yang baik dan harga yang kompetitif.

Harapan saya untuk Tomica Shop adalah menjadikannya sebagai media berjualan Tomica terlengkap di Indonesia. Tak lama lagi saya juga akan mencoba menambahkan beberapa produk Tomica yang hanya beredar di Jepang. Semoga hal ini dapat memuaskan pelanggan dan kolektor Tomica.

Bisa tolong diceritakan awal mula ketertarikan Anda pada produk Tomica?

Dari sekedar iseng karena modelnya yang lucu, kebetulan ada beberapa teman yang memiliki hobi yang sama. Lalu saya mulai mencoba mengoleksi beberapa buah, yang kemudian berkembang menjadi hobi, hingga pada akhirnya saya mengembangkannya lagi menjadi bisnis hingga sekarang.

Apakah Anda memiliki profesi lain, selain berkonsentrasi pada produk Tomica ini?

Saya membantu saudara saya di bidang tekstil, namun konsentrasi saya tetap Tomica Shop di Tokopedia.

Bagaimana Anda mengenal Tokopedia?

Diperkenalkan oleh seorang teman, dan hasilnya sungguh di luar dugaan.

Apakah Anda memiliki pengalaman berjualan secara online di tempat lain sebelumnya?

Saya memiliki lapak online di sebuah forum terkemuka hingga saat ini. Namun saya selalu menyarankan untuk bertransaksi di Tokopedia karena lebih sistematis dan dapat mencegah sejumlah error, seperti kesalahan pengiriman.

Apa Kelebihan Tokopedia di bandingkan dengan tempat berjualan online tersebut?

Lebih aman karena memiliki rekening bersama, lebih praktis dengan fasilitas tracking pengiriman, dan juga lebih fleksibel karena tidak membatasi jumlah produk dan dapat memuat foto lebih banyak.

Bisa dibagikan sejumlah tips untuk sesama penjual online?

Yang paling penting adalah komunikasi dan pelayanan yang baik dengan calon pembeli. Foto dan keterangan produk yang jelas dan menarik juga akan sangat membantu.

Sehubungan dengan ulang tahun Tokopedia yang pertama, apakah saran dan harapan Anda untuk kami di masa mendatang?

Saya berterima kasih kepada Tokopedia yang telah memberikan sarana berjualan online yang cukup sukses. Apabila di kemudian hari Tokopedia memberlakukan sistem berbayar, kami sarankan agar harga yang dikenakan cukup terjangkau.

Selain itu, untuk sistem pengiriman, seringkali terjadi kesalahpahaman antara pembeli dan penjual. Meskipun penjual telah berupaya mengirimkan pesanan tepat waktu, terkadang masalah keterlambatan dan timeout sistem tracking lebih disebabkan oleh JNE, dan pembeli tidak mengetahuinya, sehingga pada akhirnya penjual mendapatkan rating yang kurang baik. Semoga Tokopedia dapat menemukan solusi untuk hal ini.

Christine adalah pemilik dari Tomica Shop, salah satu toko online di Tokopedia yang khusus menjual Tomica.

Interview ini dilakukan oleh: David Harnadi.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
Founder's Letter
CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
© 2009-2024, PT Tokopedia