RENNY SETIAWAN : Mengolah Hobby Menjadi Peluang Bisnis Yang Menjanjikan!

181

Apa kabarnya nih toppers, semoga sehat selalu ya. Wah tidak terasa sudah hari Jum’at. Cepat sekali ya waktu berlalu! Oh iya, kayaknya ga lengkap kalo perbincangan kita kali ini tidak ada subjeknya. Kali ini kami ingin berbagi cerita seputar aksesoris wanita! Toppers ladies pasti sudah pernah mendengar Latte House di Tokopedia. Siapa sih ladies yang tidak tau? Toko aksesoris ini sudah menjual sekitar 1200 produk dari tokonya lho. Yuk mengenal lebih dekat dengan mbak Renny Setiawan, owner dari Latte House!

Latte Shop

Mbak Renny yang memiliki hobi membaca dan mendengarkan musik di waktu senggang ini ternyata juga seorang pecinta dan penikmat kopi. Maka dari itu, tokonya di beri nama Latte House. Selain itu hobby berburu dan mengoleksi aksesoris wanita merupakan salah satu dasar untuk memulai usaha online dengan melihat adanya peluang yang bagus.

Yuk simak wawancara singkat kami dengan mbak Renny!

IMG_8734

Kapan mulai berjualan online dan bagaimana pengalaman awal Anda?

Mulai berjualan online sejak awal tahun 2011. Awal berjualan online saya merasa sedih, karena hampir 1 bulan memasarkan barang tapi belum ada yg memesan barang. Setelah itu, order pertama akhirnya datang meskipun hanya 1 item barang, tapi tetap saya kirim & layani. Setelah itu perlahan order berikutnya mulai berdatangan deh hehehe.

Hal yg paling saya tunggu setelah menyelesaikan pesanan customer adalah review mereka terhadap barang dan pelayanan saya. Ada kepuasan tersendiri loh, saat customer memberikan bintang 5 atas kualitas produk dan pelayanan toko saya. Dari adanya review, saya selalu termotivasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik setiap hari nya.

Tapi pernah suatu kali saya mengirim barang untuk customer di Jakarta. Padahal barang langsug dikirim dan diterima keesokan hari nya, tapi customer tersebut hanya memberikan bintang 2 untuk review ‘kecepatan pengiriman’ dan ‘pelayanan’. Padahal saya sudah memberikan pelayanan yang terbaik.

Produk apa yang Anda jual dan bagaimana Anda bisa tertarik untuk menjual produk tersebut?

Latte Shop menjual aksesoris wanita, seperti kalung, anting, cincin, gelang, kacamata, belt, bros, syal dan aksesoris rambut. Saya tertarik menjual aksesoris karena hampir sebagian besar wanita memang pada dasarnya menyukai pernak pernik aksesoris untuk mempercantik penampilan mereka. Aksesoris sudah menjadi kebutuhan pelengkap penampilan yg selalu diburu oleh kaum perempuan, baik anak muda maupun ibu2.

Klik foto di bawah ini untuk melihat koleksi Latte House:

Latte Shop

Asal produk tersebut?

Saya mengambil barang-barang tersebut dari China. Kadang saya ke China bersama dengan orangtua saya yang berwiraswasta mengimport pakaian anak-anak dari China. Semua barang yg saya jual ready stock tanpa harus ada pre-order / open PO.

Servis khusus dari toko Anda?

Semua barang di toko saya ready stock, sehingga customer tidak perlu menunggu. Selain itu pembelian diatas Rp. 125.000 biasanya saya sisipkan free bonus barang, misalnya anting atau cincin. Bonus tersebut berlaku kelipatan. Jika memesan Rp. 250.000 saya berikan free 2 barang. Setiap pertanyaan melalui diskusi produk akan selalu saya respon meskipun malam hari ataupun hari libur.

Ckckck, salut deh dengan pelayanan mbak Renny ini.

Tokopedia di mata Anda?

Wah, Tokopedia sangat membantu sekali dalam memasarkan produk dan memperkenalkan toko online saya ini. Sistem transaksi yang mudah dan aman menjadi keunggulan Tokopedia. Ditambah dengan tampilan atau interface yg menarik, serta fitur-fitur yang selalu up to date. Tak terasa sudah 1200 jenis barang yang sudah terjual dari toko saya melalui Tokopedia dan saya percaya akan terus bertambah kian hari nya.

Saran untuk penjual baru di Tokopedia?

Untuk memulai berjualan di Tokopedia, harus rajin mengupdate produk baru. Selain itu jg rajin menggunakan fitur ‘promote’ sehingga produk kita cepat dilihat dan dipasarkan ke customer. Jika ada customer bertanya di ‘diskusi produk’, juga segera dibalas dan dilayani sehingga customer merasa puas.

Bagikan Artikel