Resep Wajik Kletik Kacang Hijau dan Cara Membuatnya

0
482
resep wajik kletik kacang ijo
Sumber gambar: pexels

Kue tradisional yang tak pernah lekang oleh waktu ini memang paling cocok disajikan saat hari perayaan seperti lebaran. Temukan resep dan cara membuatnya di sini.


Siapa yang tidak kenal dengan camilan khas Jawa ini yang tidak pernah ketinggalan di hari perayaan. Memiliki cita rasa manis ditambah dengan aroma seperti pandan membuat makanan ini disukai oleh semua kalangan. Lalu, apa sih wajik itu?

Wajik adalah makanan yang dibuat dari campuran beras ketan, gula jawa atau pasir yang dicampur dengan kelapa dan dibungkus menggunakan kertas minyak berbentuk persegi. Arti dari kata wajik sendiri adalah kotak. 

Baca juga: Cara Membuat Opor Ayam Enak dengan Resep & Bumbu Sederhana

Kue Wajik Kletik sendiri berasa dari kota Blitar, Jawa Tengah. Namun, perbedaan yang mencolok antara wajik kletik dengan yang biasa adalah pada kue ini terdapat campuran beras ketan yang masih sedikit mentah. Sehingga, bila digigit akan ada sensasi kletik-kletik. Oleh karena itu, wajik ini bernama wajik kletik.

Sejarah Wajik

Wajik ternyata sudah ada pada zaman Majapahit. Hal ini tertulis dalam kitab Nawaruci. Kitab ini merupakan sebuah karya sastra berbahasa Jawa Tengah  yang ditulis pada tahun 1500-1619 Masehi oleh Mpu Siwamurti.

Kue Wajik memiliki beberapa penyebutan yang berbeda-beda di setiap tempat dan memiliki banyak jenis wajik. Kendati demikian, wajik ketan merupakan jenis wajik yang paling terkenal yang terbuat dari beras ketan. Misalnya, kue ini disebut pulut manis di Sumatera. Kue ini juga terkenal di negara jiran Malaysia.

Pembuatan wajik kletik ini sama dengan wajik lainnya, yang membedakan hanyalah bahan utamanya. Jika ingin membuat wajik ketan maka bahan utamanya adalah beras ketan, begitupun dengan wajik kletik kacang hijau. 

Wajik kletik, umumnya menggunakan parutan kelapa dan semua bahannya dimasak hingga matang dan lengket, lalu didinginkan. Kemudian dibungkus dengan klobot. Klobot adalah bungkus tongkol jagung yang sudah mengering. Sebelum digunakan, klobot harus disetrika terlebih dahulu atau bisa juga dibungkus dengan kertas minyak.

Cara Membuat Wajik yang Empuk dan Enak

resep wajik kletik kacang ijo
Sumber gambar: ig bolujadoel_blitar

Wajik kletik sendiri memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dengan wajik pada umumnya. Berikut cara pembuatan wajik yang bisa kamu ikuti di rumah.

Bahan

  • 1 1/2 gelas kacang hijau
  • 2 kg gula pasir. Bisa menggunakan gula pasir atau gula merah
  • 2 butir kelapa, jangan memakai kelapa tua
  • Garam sejumput

Bahan Pelengkap

  • Kertas minyak, yang dipotong kecil-kecil sekitar 7 cm x 7 cm atau sesuai selera

Cara Penyajian Wajik Kletik

  1. Cuci kacang hijau dan rendam semalaman. Pada keesokan harinya, cuci lagi dan rebus hingga masak dan hancurkan 
  2. Parut kelapa dan buang kulit arinya.
  3. Gula, garam dan kelapa dicampur di satu wajan dan berikan air 1/4 gelas, masak hingga mendidih
  4. Masukkan kacang hijau yang sudah dimasak tadi, sambil diaduk-aduk.
  5. Masak terus hingga air kering. Kemudian, angkat.
  6. Selagi panas bungkuslah dengan kertas minyak semoga supaya gampang untuk membentuknya, lakukan hingga selesai.
  7. Jika belum sempat membungkusnya, kamu bisa panaskan kembali dan bungkus
  8. Tunggu hingga kering dan tidak panas. Lalu hidangkan.

Kue ini tidak dihidangkan saat acara-acara penting dilaksanakan, seperti acara pernikahan, lamaran, syukuran dan bahkan untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke suatu tempat.

Sebagai warisan leluhur, ternyata wajik memiliki filosofi tersendiri. Wajik ketan yang diberikan sebagai hantaran pernikahan melambangkan sebuah harapan hubungan pernikahan yang langgeng dan terus lengket layaknya kue wajik. Selain itu, dalam acara adat atau selamatan, kue wajik melambangkan kerukunan antar warga/umat agar tetap bersatu.

Baca juga: 5 Resep Rendang Daging Sapi Empuk, Hidangan Lezat yang Diakui Dunia

Selesai deh! Gimana, Toppers? Ternyata mudah ya cara membuat wajik kletik kacang hijau? Meskipun wajik merupakan kue tradisional, tapi kue ini memiliki filosofi yang mendalam bagi kehidupan bermasyarakat dan jangan lupa agar selalu memperhatikan kebersihan peralatan masak.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan peralatan masak dan bumbu berkualitas, kamu bisa lengkapi semua alat masak dan bumbu masak dapur yang kamu butuhkan di Tokopedia.

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!